sakit tenggorokan

Membedakan Sakit Tenggorokan Biasa dan Gejala Penyakit Lainnya

AddTHis is disabled because of cookie content

Sakit tenggorokan sering menjadi gejala awal masalah kesehatan pada tubuh. Pada beberapa kasus, sakit tenggorokan bisa jadi perkara biasa yang bisa sembuh tanpa pengobatan serius dalam kurun beberapa hari.

Ada pula sakit tenggorokan yang cepat berkembang menjadi kondisi kesehatan yang lebih serius. Yuk, ketahui dulu cara membedakan antara sakit tenggorokan biasa dengan gejala penyakit lainnya.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan virus atau bakteria. Namun, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan faktor eksternal seperti asap rokok, polusi atau iritan, serta alergi dan faktor cuaca. Sakit tenggorokan sering menjadi pertanda awal atau salah satu gejala sebelum akhirnya disusul gejala penyakit lain yang semakin memperjelas kondisi kesehatan seseorang.

Cara Membedakan Sakit Tenggorokan Biasa dengan Penyakit Lainnya

-        Sakit Tenggorokan Biasa

Sakit tenggorokan biasa sering dikaitkan dengan gejala flu atau batuk pilek. Penyebab sakit tenggorokan ini adalah virus influenza. Sakit tenggorokan biasa umumnya diikuti hidung meler atau tersumbat, bersin, dan ngilu tubuh. Sakit tenggorokan biasanya akan berangsur sembuh dalam 1-2 hari dan tidak lebih dari 2 minggu, baik dengan obat ataupun perawatan sendiri.

-        Sakit Tenggorokan Alergi

Sakit tenggorokan juga bisa menyerang karena seseorang terpapar alergen misalnya debu atau cuaca kering. Jika sakit tenggorokan diikuti gejala seperti  mata gatal atau berair, sakit tenggorokan cenderung gatal, atau mulut bengkak, ini bisa jadi penanda gejala alergi. Sakit tenggorokan akibat alergi juga tetap akan terasa apabila penderita tetap terpapar penyebab alergi.

-        Sakit Tenggorokan Akibat Radang (Tonsillitis)

Tonsilitis atau radang amandel adalah kondisi dimana amandel mengalami radang atau inflamasi. Sakit tenggorokan/radang ini bisa disebabkan virus maupun infeksi bakteri/kuman.

Sakit tenggorokan yang terasa antara lain kondisi bagian leher yang membengkak karena kelenjar getah bening membesar. Bagian amandel juga terlihat lebih bengkak dan merah daripada biasanya yang diikuti dengan kesulitan menelan. Pada beberapa kasus, sakit tenggorokan ini juga akan diikuti dengan demam dan leher terasa kaku.

-        Sakit Tenggorokan Akibat Bakteri (Infeksi Strep)

Sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri disebut juga infeksi Streptococcus. Rasa sakit tenggorokan jika terserang bakteri ini adalah terjadi secara cepat dan mendadak, serta lebih sering menyerang anak-anak daripada orang dewasa.

Sakit tenggorokan akibat infeksi strep juga terasa lebih parah dari infeksi akibat virus dan bisa berlangsung lebih lama. Beberapa gejala lain yang mungkin dirasakan adalah amandel membengkak disertai bintik-bintik merah pada bagian dalam mulut, demam, menggigil, dan susah bernapas/menelan. Untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk berobat ke dokter.

-        Sakit Tenggorokan Akibat Coronavirus

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala Covid-19. Perlu diketahui bahwa gejala paling umum yang menyerang akibat coronavirus adalah demam, batuk kering, dan rasa capek.

Gejala yang termasuk tidak umum antara lain ngilu tubuh, sakit tenggorokan, diare, sakit mata, sakit kepala, anosmia (kehilangan kemampuan mengecap dan mencium bau), serta gatal-gatal pada tubuh.

Cara termudah untuk mengetahui apakah sakit tenggorokan terjadi akibat coronavirus adalah mengamati gejala lainnya, apakah cocok dengan gejala umum Covid-19.

Pada kasus sakit tenggorokan apa pun, Anda dianjurkan memperbanyak minum air putih dan beristirahat cukup, sambil terus memperhatikan perkembangan gejala untuk mengetahui penyebabnya. Sakit tenggorokan butuh diobati sesuai dengan penyebabnya. Karena itu, jika sakit tenggorokan terus berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter.

 

Sumber:

halodoc.com/kesehatan/sakit-tenggorokan

alodokter.com/sakit-tenggorokan

hellosehat.com/kesehatan/penyakit/strep-throat/

alodokter.com/usir-radang-tenggorokan-akut-lebih-cepat-dengan-cara-berikut

health.kompas.com/read/2020/06/16/154500368/radang-tenggorokan-dan-gejala-virus-corona?page=all

kesehatan.kontan.co.id/news/ini-cara-bedakan-radang-tenggorokan-biasa-dengan-gejala-corona?page=all

medicalnewstoday.com/articles/325115#finding-the-cause

webmd.com/cold-and-flu/sore-throat-cold-strep-throat-tonsillitis#

mayoclinic.org/diseases-conditions/tonsillitis/symptoms-causes/syc-20378479#:~:text=Tonsillitis%20is%20most%20often%20caused,bacteria%20also%20may%20cause%20tonsillitis.

healthline.com/health/tonsillitis-vs-strep-throat#symptoms

health.com/condition/infectious-diseases/coronavirus/sore-throat-coronavirus-symptom