Cara Menjaga Kesehatan Kulit agar Tampak Sehat dan Terawat

Cara Menjaga Kesehatan Kulit agar Tampak Sehat dan Terawat

Menjaga kesehatan kulit menjadi kunci agar penampilanmu senantiasa terlihat terawat dan menawan. Untuk memastikan kulit sehat, sejumlah cara menjaga kesehatan kulit pun sebaiknya kamu lakukan secara konsisten.

Kulit sehat bisa dijaga dari luar dan dari dalam. Tidak hanya dengan memakai produk perawatan yang ideal, secara alami kulit bisa menjadi lebih sehat jika kamu menjalankan sejumlah kebiasaan yang baik untuk kulit.

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan kulit yang dapat kamu lakukan setiap hari. Selain kulit lebih sehat dan terawat, kebiasaan-kebiasaan baik di bawah ini juga berpengaruh positif untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

 

1.  Mengubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat

Apa yang kamu makan bisa berpengaruh langsung untuk kesehatan kulitmu. Mengonsumsi makanan kaya vitamin dapat membuat kulit lebih terawat dan awet muda. Sementara itu, terbiasa mengonsumsi makanan yang terlalu banyak lemak dan terlalu tinggi karbohidrat juga dapat berpengaruh buruk pada kulit sebab bisa memicu peradangan dan jerawat.

 

2.  Istirahat yang Cukup

Cara menjaga kesehatan kulit sesimpel kamu mendapatkan istirahat yang cukup tiap hari. Pastikan kamu tidur 7—8 jam per hari untuk tampilan kulit yang muda, cerah, dan terawat. Sebaliknya ketika kamu kurang tidur, kulit akan mudah terlihat kusam dan tua. Belum lagi ada risiko munculnya kantung mata yang menghitam akibat tidak memadainya waktu istirahatmu.

 

3.  Hindari Rokok dan Alkohol

Punya kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol? Mulai sekarang, hentikan kebiasaan tersebut jika ingin memperoleh kulit sehat. Merokok dan mengonsumsi alkohol akan membuat kolagen berkurang. Padahal, kolagen sangat penting untuk kesehatan kulit karena menjaga kekencangannya. Berkurangnya produksi kolagen pada tubuh akan membuat regenerasi kulit menjadi tidak optimal dan merangsang munculnya kerutan halus ataupun tanda penuaan lainnya.

 

4.  Kelola Stres dengan Baik

Stres tidak baik untuk kesehatan kulit. Stres yang tidak terkelola dengan baik rentan menstimulasi kelenjar adrenal untuk memproduksi hormon kortisol. Ini merupakan hormon yang berperan besar dalam produksi lemak dari kelenjar sebasea. Jumlah lemak berminyak yang terlalu banyak ini bisa menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri di kulitmu.

 

5.  Lindungi dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari langsung bisa menyebarkan sinar ultraviolet dan radikal bebas yang berpengaruh buruk untuk kesehatan kulit. Kulitmu bisa mudah mengalami iritasi dan kekeringan jika terlalu sering terpapar sinar matahari. Kamu bisa melindungi kulit dari matahari dengan menggunakan tabir surya serta membatasi kegiatan di luar ruangan ketika pukul 10.00—16.00 di mana sinar matahari memancar kuat pada waktu-waktu tersebut. 

 

6.  Olahraga secara Rutin

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa olahraga rutin merupakan cara menjaga kesehatan kulit yang efektif. Ketika kamu rutin berolahraga, penuaan sel dapat diperlambat, peredaran darah lebih lancar, dan produksi hormon di tubuh lebih optimal. Kulit pun tentu lebih sehat dan menawan!

 

7.  Mandi 2 Kali Sehari

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh sebagai salah satu cara menjaga kesehatan kulit. Biasakan mandi dua kali sehari menggunakan sabun antibakteri untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel di tubuh. Jangan sampai kotoran-kotoran tersebut membuat kulit kusam dan menimbulkan iritasi serta infeksi yang tidak diinginkan. Berbagai masalah kulit juga dapat mengancam kulit tubuhmu jika kuman dan bakteri masih menempel di kulitmu.

 

Lifebuoy sabun cair Charcoal dapat menjadi senjata tambahan untuk menjaga kesehatan kulitmu. Sabun cair ini mampu memberikan perlindungan 10 kali lebih efektif dalam melawan berbagai masalah kesehatan kulit, seperti gatal-gatal dan kemerahan karena kuman. Jadi, kulit lebih bersih dan senantiasa terawat!