Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Tatap Muka

Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Tatap Muka

Seiringan dengan tingkat vaksinasi yang sudah mulai meningkat di sejumlah daerah, kondisi pandemi di Indonesia lambat laun pun mulai mereda. Keadaan tersebut tentunya tidak hanya berpengaruh pada sektor ekonomi, tapi juga pendidikan. Saat ini sejumlah sekolah sudah ada yang mulai mencoba mengadakan pembelajaran tatap muka secara terbatas dalam beberapa kali dalam seminggu. Jika sekolah si kecil termasuk di antaranya, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan para orangtua untuk mempersiapkan anak masuk sekolah tatap muka.

Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Tatap Muka agar Tetap Aman

Orange Lifebuoy

Sudah hampir dua tahun sekolah dan lembaga pendidikan di Indonesia menerapkan kebijakan belajar dari rumah, alias pembelajaran daring. Kabar baiknya, seiring dengan rendahnya penyebaran dan meningkatnya tingkat vaksinasi, pemerintah secara perlahan mulai mencoba menerapkan kembali sekolah tatap muka secara terbatas di sejumlah daerah.

Bagi anak-anak, kebijakan satu ini mungkin sangat dinanti, karena mereka dapat segera bertemu dan bermain dengan teman-teman sekelasnya. Sayangnya, beberapa orangtua justru merasakan hal sebaliknya, mereka begitu khawatir dan cemas karena virus covid-19 belum benar-benar hilang dari Indonesia.

Rasa khawatir yang dialami orangtua tentunya sangat wajar. Namun, bagaimana pun, orangtua tetap harus mulai beradaptasi dengan gaya hidup baru selama pandemi ini. Berikut beberapa tips aman mempersiapkan anak masuk sekolah tatap muka yang bisa dicoba oleh para orangtua.

1. Pastikan anak sudah divaksin

Hal paling pertama yang perlu dilakukan saat mempersiapkan anak masuk sekolah tatap muka adalah memastikan bahwa anak telah mendapatkan vaksin covid-19. Seperti yang diketahui, hingga saat ini pemberian vaksin adalah cara efektif untuk menekan penyebaran virus covid-19. Dengan vaksin, sistem imunitas anak akan meningkat, sehingga diharapkan risiko anak untuk terinfeksi atau tertular virus covid-19 menjadi lebih rendah.

Pemerintah pun telah menyatakan kepada masyarakat bahwa vaksin covid-19 dapat diberikan kepada anak mulai dari usia 12 tahun. Saat ini setra vaksin covid-19 sudah banyak tersebar di mana-mana, mulai dari tempat pelayanan kesehatan, pusat perbelanjaan (mall, pertokoan, pasar), tempat rekreasi, instansi pendidikan, bandara, dan masih banyak lainnya. Orangtua dapat mencari tahu lokasi vaksin terdekat dengan mengakses aplikasi PeduliLindungi.

2. Bawa bekal dari rumah

Daripada jajan di luar yang belum tentu terjamin kesehatan dan kebersihannya,sebaiknya anak membawa bekal dari rumah. Selain lebih hemat, orangtua dapat memberikan makanan dengan kualitas terbaik dan memang benar-benar anak suka.

Jangan lupa, pastikan orangtua juga membawakan alat makan dan tempat minum sendiri dari rumah sehingga anak tidak perlu meminjam temannya atau membeli dari luar.

Sampaikan pula pada anak bahwa mereka tidak dianjurkan untuk meminta atau berbagi makanan dengan teman-temannya. Hal ini semata-mata dilakukan agar anak-anak tetap saling menjaga kesehatan di sekolah.

3. Siapkan masker tambahan dan hand sanitizer

Sejak pandemi melanda, masker dan hand sanitizer jadi dua barang yang wajib dibawa ke mana-mana. Inilah sebabnya, tips mempersiapkan anak masuk sekolah tatap muka selanjutnya adalah pastikan orangtua membawakan 1-2 masker tambahan dan hand sanitizer di tas anak.

Sebelumnya, pastikan masker yang digunakan anak sudah sesuai dengan standar kesehatan. Kemudian beri tahu anak bahwa ia perlu mengganti maskernya yang baru dan bersih setidaknya tiap empat jam sekali. Selain itu, orangtua juga perlu mengajari anak kapan saja mereka harus menggunakan hand sanitizernya, sehingga ia tetap beraktivitas dengan aman dan nyaman selama di sekolah.

Untuk perlindungan yang optimal, gunakan hand sanitizer Lifebuoy Total 10. Hand sanitizer Lifebuoy Total 10 adalah pembersih tangan yang terbukti efektif membunuh bakteri dan menyingkirkan virus dari tangan hingga 99.9% dengan cepat tanpa harus menggunakan air. Enaknya lagi, hand sanitizer Lifebuoy Total 10 cepat kering, tidak lengket, dan mengandung pelembab alami & vitamin E yang bisa membuat tangan tetap lembut dan halus.

Selebihnya dari Lifebuoy:

Wajib Tahu, Ini 7 Fakta Pandemi Covid-19

Apa sih pandemi Covid-19 itu? Yuk, cara tahu selengkapnya lewat 7 fakta dan asal mula virus corona ini!

3 min read

Bau Badan

Untuk anda yang sering beraktifitas diluar rumah, tentunya ingin terhindar dari bau badan. Yuk, simak informasi menarik seputar bau badan disini!

Infeksi Kulit

Skin infection

Musim Banjir, Jaga Kesehatan dan Waspada 7 Penyakit Berikut

Jangan sepelekan! Perhatikan 7 penyakit yang kerap terjadi akibat banjir dan tips terbaik untuk mencegah terjangkit berikut di musim banjir.