Kulit Kering dan Kusam  Kenali Tanda Kulit Kekurangan Vitamin E

Kulit Kering dan Kusam? Kenali Tanda Kulit Kekurangan Vitamin E

AddTHis is disabled because of cookie content

Ingin punya kulit sehat alami? Vitamin E adalah jawaban tepat untuk menjaga penampilan dan kesehatan kulit. Mengandung zat antioksidan yang larut dalam air, vitamin E punya fungsi vital dalam menjaga kesehatan kulit sebagai bagian dari imunitas tubuh. Yuk, pahami dulu fakta seputar pentingnya vitamin E untuk kulit berikut ini:

Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Tahukah Anda? Vitamin E adalah jenis nutrisi yang punya efek anti radang bagi tubuh. Beberapa manfaat vitamin E untuk kulit antara lain:

1.    Melindungi Lapisan Lipid

Lapisan lipid berfungsi mempertahankan kadar air dalam kulit serta menjaga kesehatan dan tingkat hidrasi kulit. Vitamin E bisa melindungi lapisan lipid dengan cara menambal keretakan atau kebocoran sehingga tetap utuh dan terjaga.

2.    Melembabkan & Melembutkan Kulit

Dikarenakan fungsinya terhadap lapisan lipid, vitamin E bisa menjaga kelembaban kulit antarsel hingga 16 jam pada kulit yang menggunakan produk vitamin E. Kulit juga otomatis menjadi lembut walaupun terjadi iritasi karena polusi atau kerusakan dari sinar matahari.

3.    Menyembuhkan Kulit

Salah satu manfaat vitamin E yang terbaik adalah mempercepat kesembuhan kulit seperti luka bakar hingga 50%. Kandungan antioksidannya bisa mengatasi iritasi dan luka sekaligus meningkatkan kelembaban kulit dan memperlambat penuaan.

4.    Manfaat Antioksidan

Dengan kandungan antioksidannya, vitamin E bisa menetralkan efek radikal bebas dan meminimalkan proses oksidasi. Contohnya adalah memperlambat pembentukan komedo atau noda pada kulit dari oksidasi pori-pori kulit.

5.    Melindungi dari Sinar Matahari

Menurut penelitian dari University Medical Center, vitamin E juga memiliki manfaat proteksi sinar ultraviolet. Jika vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C, manfaat tabir surya bisa meningkat hingga empat kali lipat.

Ciri-ciri Kekurangan Vitamin E pada Kulit

Paparan sinar matahari dan pertambahan usia bisa merusak kondisi kulit dan mengurangi kadar vitamin E alami di kulit. Ciri-ciri defisiensi atau kekurangan vitamin E adalah:

1.    Kulit kering & kusam

Kulit kering sering menjadi pertanda kondisi suhu yang tidak ideal. Namun, seringkali kulit kering dan kusam juga jadi indikator defisiensi vitamin E yang wajib diperhatikan.

2.    Sensasi tidak nyaman

Kulit yang sehat akan terasa sangat nyaman sepanjang hari. Sebaliknya, kekurangan vitamin E pada kulit bisa menyebabkan perasaan seperti kulit tertarik, gatal, atau panas. Ini bisa jadi pertanda kulit butuh asupan vitamin E ekstra.

3.    Tekstur tidak rata

Tekstur kulit yang berbeda, misalnya kering pada bagian tertentu, merah, atau kasar, bisa disebabkan karena akumulasi sel kulit mati dan kekurangan vitamin E untuk kulit.

Percantik Kulit dengan Vitamin E

Banyak cara untuk mendapatkan manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit. Salah satu cara yang dianjurkan adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dan suplemen vitamin E. Namun, para ahli juga sangat menyarankan pemakaian topikal atau mengoleskan produk vitamin E langsung ke kulit.

Vitamin E bersifat mudah menyerap ke dalam kulit sehingga pemakaian krim atau sabun mandi akan punya manfaat memperkaya kadar vitamin E secara mudah dan efektif. Produk vitamin E topikal bisa meningkatkan kandungan vitamin E yang disimpan di kelenjar minyak. Karena itu, kulit bisa tampil lembap berseri dan cantik alami.

Salah satu cara mendapatkan seluruh manfaat vitamin E untuk kulit tubuh adalah dengan sabun cair Lifebuoy Honey Habbatussauda Lifebuoy Honey Habbatussauda. Varian spesial ini memadukan antara madu sebagai antibakteri alami dan habbatussauda (jintan hitam) yang kaya akan asam amino, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Pastikan Anda dan keluarga juga mengikuti anjuran kebersihan dengan tepat. Salah satunya adalah rajin mencuci tangan secara seksama selama minimal 20 detik di bawah air mengalir. Pastikan Anda menggunakan sabun antibakteri seperti Lifebuoy Hand Wash Lifebuoy Hand Wash. Jika tidak memiliki fasilitas cuci tangan, gunakanlah Lifebuoy Hand Sanitizer Lifebuoy Hand Sanitizer untuk menjaga higienitas.

 

Sumber:

ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK519051/

lpi.oregonstate.edu/mic/health-disease/skin-health/vitamin-E

food.ndtv.com/health/4-hidden-signs-and-symptoms-of-vitamin-e-deficiency-1656901

healthline.com/health/vitamin-e-for-skin#usage

cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191121105735-255-450242/manfaat-habbatussauda-jintan-hitam-penyembuh-segala-penyakit

cantik.tempo.co/read/1285084/manfaat-habbatussauda-untuk-kulit-bisa-mencegah-penuaan-dini

lifestyle.okezone.com/read/2017/12/14/481/1830183/jangan-disepelekan-ini-tanda-tanda-kekurangan-vitamin-e

hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/akibat-kekurangan-vitamin-e/

otc-fahrenheit.co.id/ciri-kulit-kekurangan-vitamin/

 

Diakses pada:

15 April 2020