Tips Memilih Sabun Mandi yang Tepat Untuk Kulit Sensitif

Tips Memilih Sabun Mandi yang Tepat Untuk Kulit Sensitif

AddTHis is disabled because of cookie content

Bukan hanya kosmetik, kamu juga harus selektif dalam memilih produk sabun mandi yang tepat untuk kulitmu. Memakai produk kebersihan seperti sabun mandi yang tidak cocok dengan kondisi kulit malah akan membuat kulitmu menjadi kering, gatal, dan bersisik. Terutama bagi pemilik kulit sensitif yang sangat rentan terhadap zat-zat kimia. Maka perlu pertimbangan khusus mana sabun mandi yang tepat untuk digunakan.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan kulit menjadi sensitif, diantaranya penyakit kulit seperti eksim, rosacea, dermatitis kontak ataupun karena polusi udara, debu, paparan sinar matahari, sering bergonta-ganti produk kosmetik, perubahan hormon, efek samping obat-obatan tertentu, atau bahkan karena stress dan cemas berlebihan.

Kulit yang sensitif memang membutuhkan perawatan ekstra. Hal ini karena kulit sensitif adalah jenis kulit yang mudah mengalami iritasi dan alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Maka dari itu, kamu yang memiliki kulit sensitif tidak boleh sembarangan dalam menggunakan produk untuk perawatan kulitmu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak tips memilih sabun mandi untuk kulit sensitif berikut.

 

1. Mengandung bahan alami

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kulit sensitif sangat rentan mengalami iritasi terutama ketika kontak langsung dengan zat dan bahan-bahan tertentu. Untuk mengatasinya, gunakan sabun mandi dengan bahan alami yang tidak mengandung pewangi dan dengan pH yang netral. Contohnya  sabun mandi yang komposisinya mengandung lidah buaya, cocoa butter, vitamin E, atau chamomile. Bahan-bahan alami tersebut diketahui dapat memberikan efek menenangkan bagi kulit.

Selain itu, pemilik kulit sensitif juga harus menghindari pemakaian produk sabun mandi dengan bahan yang iritatif seperti antibakteri, benzoil peroksida, sulfur, alkohol, dan retinoid. Gunakan selalu bahan-bahan alami yang akan nyaman di kulit.

 

2. Bebas alkohol/pewarna sintetis

Selain memakai sabun mandi berbahan alami, kamu juga harus pastikan kalau sabun tersebut bebas dari kandungan alkohol dan tanpa pewarna sintetis. Alkohol memiliki sifat hygroscopic yang bekerja mengekstrak air dari  kulitmu sehingga membuatnya terasa kering.

Kandungan alkohol pada sabun juga terlalu keras bagi kulit sensitif  sehingga bisa mengiritasi kulit. Kamu bisa menggantinya dengan bahan-bahan yang ringan di kulit seperti sabun mandi yang mengandung amino acid (na cocoyl glutamate, cocoyl glycine K atau lauroyl methyl alanine na). Serta sabun mandi dengan kandungan detergen seperti amphoteric surfactant (na cocoamphoacetate dan cocamidopropyl betaine).

 

3. Hypoallergenic

Tips lainnya dalam memilih sabun mandi untuk kulit sensitif yaitu gunakanlah  sabun mandi yang mengandung hypoallergenic. Hypoallergenic adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam suatu produk tidak menimbulkan reaksi alergi seperti gatal dan kemerahan. Selain itu kandungan hypoallergenic juga tidak memiliki wewangian sehingga membuat kulit sensitif minim reaksi dibandingkan dengan produk sabun mandi yang memiliki wewangian tertentu.

Kalau kamu ragu dengan produk sabun mandi hypoallergenic yang ada di pasaran, kamu bisa mengkonsultasikan nya terlebih dahulu ke dokter dan klinik perawatan kulit terdekat.

 

4. Mengandung pelembab

Sebagai pemilik kulit sensitif, kamu harus menghindari faktor-faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering. Misalnya kebiasaan mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat membuat kulit lama-kelamaan menjadi kering dan seperti tertarik. Oleh karena itu, mandilah dengan air dingin dan gunakan sabun yang mengandung pelembab.

Pakailah sabun mandi yang mengandung moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit dan menghidrasi kulit yang sensitif.

 

5. Tekstur lembut

Untuk mengatasi kulit sensitif yang cenderung kering dan sering mengalami iritasi, pakailah sabun mandi yang bertekstur lembut di kulit. Selain melembabkan, produk sabun yang juga melembutkan kulit. Misalnya Lifebuoy Sabun Cair Mild Care yang mengandung susu dan oat untuk menjaga kelembaban dan kelembutan bagi kulit yang sensitif.

packshot lifebouy mild care