Sering Dikira Sama, Ini Bedanya Virus dan Bakteri

Sering Dikira Sama, Ini Bedanya Virus dan Bakteri

Ketika mendengar kata virus dan bakteri, kebanyakan pikiran orang langsung mengarah ke penyebab penyakit. Tidak salah memang. Karena alasan inilah, banyak orang melupakan perbedaan bakteri dan virus, kemudian menganggap kedua mikroorganisme ini adalah sama.

Padahal, banyak sekali perbedaan antara virus dan bateri. Dari sisi biologi saja, kedua mikroorganisme ini memiliki hakikat masing-masing. Bakteri merupakan mikroorganisme bersel satu yang dapat hidup di berbagai tempat dan keadaan, tidak terkecuali di tubuh manusia, Beberapa jenis bakteri pun bisa hidup di suhu yang sangat ekstrem, baik panas maupun dingin. Walaupun kerap dikaitkan dengan penyebab penyakit, nyatanya kebanyakan bakteri justru tidak berbahaya bagi kesehatan.

Sementara itu, virus jelas merupakan mikroorganisme parasit yang menimbulkan kerugian pada inang tempat ia bertahan hidup. Berkebalikan dengan bakteri yang mampu bertahan hidup lama di mana saja, virus tidak bisa bereproduksi dan akan lekas mati jika tidak menumpang dan menjadi parasit pada inangnya.

 

Perbedaan Virus dan Bakteri

Perbedaan virus dan bakteri yang mengarah pada sifat hidupnyalah yang akhirnya membawa perbedaan pada jenis-jenis penyakit yang dibawanya. Penyakit yang disebabkan oleh virus kerap lebih menular dengan cepat dan lebih sulit diatasi sebab bisa menimbulkan mutasi dalam waktu singkat. Sementara itu, penyakit yang disebabkan oleh bakteri cenderung memiliki daya tular yang lebih rendah daripada penyakit karena virus. Penyakit dari bakteri pun cenderung lamban bermutasi sehingga jarang sampai menimbulkan wabah.

Kemampuan virus berkembang dengan cepat, menyebar, sampai bermutasi pun tidak jarang akhirnya menelurkan penyakit-penyakit yang berbahaya dan mematikan dunia. Berbagai wabah penyakit global pun tidak jarang dipicu oleh infeksi yang disebabkan virus.

Beberapa penyakit yang menular dari virus penyebarannya masih terus berlangsung dan mesti diwaspadai, antara lain HIV, Ebola, flu burung, rabies, herpes, cacar, juga saat ini Covid 19. Beberapa jenis kanker bahkan diketahui merupakan dampak dari infeksi virus pada awalnya. Contohnya saja virus hepatitis.

Sementara itu, penyakit dari bakteri cenderung tidak separah penyakit dari virus. Walaupun memang tidak bisa ditampik, ada beberapa penyakit dari bakteri yang juga dapat berakibat fatal. Namun rata-rata, semua penyakit dari bakteri bisa disembuhkan dengan maksimal dan baik. Beberapa penyakit fatal akibat bakteri sendiri, diantaranya tuberkulosis, sepsis, dan meningitis.

 

Penanganan Penyakit Akibat Virus dan Bakteri

Dengan cara penyebaran dan tingkat keparahan yang tidak sama, perbedaan bakteri dan virus dari sisi penanganan penyakit yang ditimbulkan pun tidak bisa dipukul rata. Obat untuk memulihkan penderita penyakit dari virus tentu tidak bisa dipakai sebagai obat untuk penyakit yang berasal dari bakteri. Demikian juga sebaliknya.

Khusus untuk penanganan penyakit karena bakteri, antibiotik adalah cara paling efektif. Antibiotik memiliki fungsi menekan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit dalam tubuh. Tidak hanya itu, bakteri-bakteri yang sudah ada pun bisa dibabat dan dimatikan dengan mengonsumsi antibiotik. Kondisi inilah yang membuat penderita penyakit yang bersumber dari bakteri bisa benar-benar sembuh dari penyakitnya setelah mengonsumsi antibiotik sesuai dosis yang dianjurkan.

Namun, jangan sembarangan mengonsumsi antibiotik. Pasalnya jika kamu terlalu sering meminumnya tanpa dosis yang jelas, beberapa bakteri justru bisa menjadi kebal terhadap obat tersebut. Jika sudah demikian, dosis antibiotik harus ditingkatkan untuk bisa menambah kemampuannya membunuh bakteri-bakteri penyebab penyakit yang ada di tubuhmu.

Sementara itu, obat untuk penyakit yang disebabkan virus sebenarnya sampai saat ini belum ditemukan. Obat antivirus yang ada saat ini tidak bisa menumpas tuntas virus penyebab penyakit di dalam tubuhmu. Obat-obat tersebut hanya berfungsi menurunkan atau menghilangkan gejala penyakit akibat virus tersebut. Cara paling ampuh hingga saat ini adalah dengan mencegah terjangkitnya virus melalui vaksin.

 

Walaupun terdapat perbedaan antara penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, cara pencegahannya bisa sama. Menjaga kebersihan tangan sesering mungkin adalah kunci terhindar dari infeksi virus dan bakteri yang mengganggu kesehatanmu. Tentu saja, kamu perlu memakai produk yang andal untuk efektif membunuh virus dan bakteri dari tangan dan tubuh.

Gunakan Lifebuoy Sabun Mandi Cair Total 10 dan lengkapi juga dengan Lifebuoy Sabun Cuci Tangan serta Hand Sanitizer Total 10 untuk menjaga kebersihan tanganmu secara efektif. . Dengan kandungan Activ Silver+ Formula dan timol aktifnya, Lifebuoy Total 10 memiliki kekuatan antiseptik alami yang membantu melindungi tubuh dari virus dan bakteri.