Segudang Manfaat Matcha bagi Kulitmu

Segudang Manfaat Matcha bagi Kulitmu

Popularitas produk berbahan dasar ataupun beraroma matcha masih terus bergaung sampai sekarang. Rasanya yang lezat dan unik membuat banyak orang jatuh hati pada jenis teh yang satu ini. Lebih daripada itu, sejumlah manfaat matcha yang luar biasa pun turut membuat sebagian orang terus memburu makanan maupun minuman dari matcha. Mulai dari meningkatkan imunitas tubuh sampai mencegah kanker disebut-sebut sebagai khasiat matcha yang menakjubkan.

Namun, tahukah kamu kalau matcha juga sangat berguna bagi kulit? Karena alasan inilah, banyak produk kecantikan yang ikut memasukkan unsur matcha untuk pembuatan produknya.

 

Manfaat Matcha dan Sejarahnya

Dengan khasiatnya yang luar biasa, menjadi sangat penting untuk mengenali dan memahami apa sebenarnya matcha itu. Banyak orang menyamakan matcha dengan teh hijau. Padahal, keduanya berbeda.

Teh hijau adalah jenis teh yang diambil dari daun teh jenis tertentu kemudian mengalami proses pemanasan hingga akhirnya siap dikonsumsi dengan cara diseduh kembali. Sementara itu, matcha merupakan daun tanaman Camellia sinensis yang sama sekali tidak mengalami proses pemanasan untuk penyajiannya. Bentuk matcha sendiri tercipta dari pengeringan dan penghancuran alami dari daun tersebut.

Budaya mengonsumsi matcha sendiri pertama kali disiarkan oleh Jepang. Sejak abad ke-12, Negeri Matahari Terbit tersebut sudah menggunakan matcha untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan kesehatan karena mempertimbangkan khasiatnya.

 

Khasiat Matcha untuk Kulit

Beragam manfaat matcha yang luar biasa tidak lain berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Tidak hanya bagi organ tubuh dalam, khasiatnya pun juga sangat berguna bagi kulit, seperti di bawah ini.

1.  Melindungi Kulit dari Photoaging

Photoaging merupakan masalah penuaan pada kulit yang kentara terlihat. Ciri-cirinya bisa berupa garis halus sampai kerutan yang jelas. Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, matcha bisa membantu melindungi kulit dari photoaging yang kerap disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari. Produk-produk yang memiliki kandungan matcha pun dianggap mampu meningkatkan microrelief dan kelembapan kulit sehingga khasiat matcha pun tampak jelas menghindari kamu dari photoaging.

2.  Eksfoliasi Alami

Fungsi dari eksfoliasi adalah mengangkat kotoran dan sisa sel kulit mati sehingga tidak menimbulkan penyumbatan di pori-pori wajah. Kalau kamu sering melakukan eksfoliasi, dijamin kulitmu akan terlihat lebih segar dan kenyal. Banyak produk eksfoliasi yang bisa kamu pilih. Namun, kamu juga bisa memilih bubuk matcha guna menjadi eksfoliasi alami dengan hasil yang memuaskan.

3.  Mengatasi Masalah Jerawat

Matcha memiliki sifat antibakteri alami. Ini sangat berguna untuk melindungi kulitmu dari kuman dan bakteri penyebab jerawat. Manfaat matcha sebagai eksfoliasi alami pun ikut mendukung khasiat bahan alami ini untuk menghindarkan kulitmu dari serangan jerawat akibat penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

4.  Menyamarkan Mata Panda

Coba lihat bagian bawah matamu, apakah ada kantongnya alias mata panda? Kamu bisa menyamarkannya dengan rajin memakai masker dari matcha. Soalnya, serbuk teh dari Camellia sinensis ini tinggi akan vitamin C yang salah satu khasiatnya adalah menyamarkan bahkan menghilangkan kantong mata.

 

Banyak produk berbahan dasar matcha yang bisa kamu pilih untuk melindungi kulit. Dari beragamnya produk-produk perawatan kulit, tentunya sabun mandi menjadi sangat krusial. Untuk pilihan sabun mandi berbahan dasar matcha, kamu bisa memilih Lifebuoy Sabun Cair Matcha. Varian terbaru dari Lifebuoy ini memiliki sifat antibakteri yang memberikan perlindungan 10 kali lipat dari kuman dan mampu mengatasi beragam masalah kesehatan kulit, seperti gatal-gatal dan kemerahan karena kuman.