Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

Cara Mencegah

Menjelang puasa biasanya akan ada banyak hal yang perlu disiapkan. Salah satunya mengenai kesehatan keluarga. Tubuh yang sehat menjadi modal penting bagi Anda dan keluarga untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Agar tubuh Anda sekeluarga tetap sehat selama puasa, biasakanlah cuci tangan pakai sabun, terutama di 3 waktu penting ini dimana biasanya orang melewatkan cuci tangan. 

1. Sebelum Berbuka

Menjelang berbuka biasanya akan ada banyak hal yang dilakukan mulai dari memasak sampai menyajikan hidangan berbuka. Aktivitas-aktivitas tersebut bisa jadi membuat Anda melewatkan cuci tangan pakai sabun saat akan menyantap hidangan buka puasa. Hal yang sama mungkin juga dialami oleh orang-orang yang kebetulan masih berada dalam perjalanan saat waktu berbuka tiba. Akibat terbatasnya akses ke toilet dan antusiasme yang terlalu tinggi untuk segera menyantap menu berbuka yang disajikan, mereka jadi lupa untuk cuci tangan pakai sabun. Kebiaasaan buruk inilah yang nantinya justru membuat seseorang rentan terkena penyakit saat puasa.

2. Sebelum Sahur

Pernah merasa malas cuci tangan saat akan makan sahur? Semua orang pasti pernah mengalaminya mengingat saat sahur kondisi kita baru saja bangun dari tidur. Kendati demikian, hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak cuci tangan pakai sabun. Ingatlah kembali bahwa kuman berevolusi semakin cepat dan kuat. Dengan kondisi tubuh yang lebih lemah saat puasa, kuman akan lebih mudah menyerang. Cuci tangan pakai sabun bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi tersebut. Jadi, pastikan anggota keluarga yang lain juga sudah memahami hal ini agar tak lagi melewatkan cuci tangan sebelum sahur. 

3. Setelah Tarawih 

Tentu Anda ingat bahwa kuman berevolusi kini ada di mana-mana, terutama di tempat-tempat fasilitas umum seperti masjid. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda dan keluarga segera cuci kaki dan cuci tangan pakai sabun saat tiba di rumah usai menunaikan salat tarawih di masjid. Dengan membersihkan diri, kuman yang terbawa dari luar rumah dapat segera disingkirkan dan tidak akan menyebar di rumah Anda. Menjaga kesehatan sejatinya wajib dilakukan tanpa memandang waktu dan tempat, terutama saat puasa dimana ada lebih banyak peluang bagi kuman untuk menginfeksi tubuh. Cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan diri dan keluarga untuk cuci tangan pakai sabun, setidaknya di 3 waktu penting di atas. Untuk mendukung kebiasaan baik tersebut, sediakan selalu sabun cuci tangan Lifebuoy Handwash yang ampuh melawan 99% kuman berbahaya yang menempel di tangan. Jika kebiasaan baik cuci tangan pakai sabun sudah tertanam di keluarga Anda sedini mungkin, risiko infeksi kuman dapat berkurang dan puasa pun bisa tetap berjalan dengan lancar. Yuk, ajak keluarga Anda untuk lebih rajin lagi cuci tangan pakai sabun.

Selebihnya dari Lifebuoy:

Seberapa Akurat Swab Antigen Mendeteksi Virus COVID-19?

Selama pandemi, muncul berbagai pilihan tes untuk mendeteksi virus Covid-19, salah satunya swab antige. Tapi, apakah swab antigen akurat? Yuk, cek di sini!

5 Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab kulit kering itu beragam, bisa karena faktor cuaca hingga pertambahan usia. Selengkapnya mengenai penyebab dan cara mengatasi kulit kering di sini.

Tips Isolasi Mandiri untuk Anak yang Positif COVID-19

Virus COVID-19 dapat menginfeksi siapa pun, termasuk anak-anak. Makanya, penting bagi setiap orangtua untuk tahu panduan isolasi mandiri (isoman) untuk anak.

Apa yang Dimaksud dengan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Kita pasti sudah tak asing dengan anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna (4S5S), apalagi bagi yang lahir di tahun 90-an. Yuk, cari tahu tentang 4S5S di sini.