Jangan Meremehkan Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun

AddTHis is disabled because of cookie content

Jangan meremehkan manfaat cuci tangan pakai sabun! Sebaiknya, Anda membiasakan diri sendiri dan anggota keluarga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, khususnya anak-anak. Kebiasaan cuci tangan pakai sabun penting diajarkan, agar ia selalu terhindar dari berbagai macam kuman penyakit. Bermain-main di lapangan luas yang penuh tanah dan debu, bermain dengan binatang peliharaan, hingga merangkak dan bermain di lantai memang adalah beberapa kegiatan yang akrab dilakukan anak. Anda tidak perlu melarang mereka untuk melakukan berbagai aktivitas tersebut. Biarkan saja mereka bergerak secara aktif dan berkreasi dengan kreativitas mereka. Namun, pastikan bahwa setiap habis melakukannya, anak-anak terbiasa untuk segera mencuci tangan. Dengan begitu, ia bisa mendapatkan manfaat cuci tangan secara maksimal. 

Dari Mana Kuman Penyebab Penyakit Berasal?

Sebelum mengajarkan pada si Kecil tentang pentingnya menerapkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun, Anda perlu terlebih dahulu memahami mengapa cuci tangan itu penting. Perlu diketahui, salah satu manfaat utama cuci tangan adalah untuk menghindari adanya risiko kontaminasi kuman penyebab penyakit. Sebagai salah satu alat gerak aktif, tangan memang selalu digunakan untuk menyentuh berbagai hal. Itu sebabnya, ada ribuan hingga jutaan bakteri menempel di tangan setiap harinya. Padahal, di sisi lain, tangan juga digunakan untuk makan dan menyentuh makanan. Agar kuman yang menempel di tangan tak sampai mengontaminasi makanan dan masuk ke sistem pencernaan, di manfaat cuci tangan menjadi sangat dibutuhkan. 

Kuman sendiri dapat menyebar melalui berbagai hal. Beberapa di antaranya seperti sentuhan dengan tangan yang kotor, makanan dan air yang terkontaminasi, batuk dan bersin, permukaan kotor, hingga kontak dengan cairan yang berasal dari orang yang sedang sakit. Karena imunitas anak umumnya masih belum terbangun sempurna, biasanya merekalah yang lebih mudah terinfeksi oleh kuman penyebab penyakit. Oleh karena itu, salah satu cara pencegahan paling awal untuk menghindari risiko penyakit adalah dengan membiasakan diri dan keluarga untuk selalu cuci tangan pakai sabun.

Kapankah Saat yang Tepat untuk Cuci Tangan Pakai Sabun?

Pada dasarnya, tangan manusia tak pernah benar-benar steril dan bersih dari kuman. Namun, mencuci tangan setiap saat tentu juga cukup sulit dilakukan. Agar kesehatan diri tetap terjaga, Anda sebaiknya mengajarkan pada keluarga untuk selalu cuci tangan pakai sabun di 6 waktu penting ini. Karena, di saat-saat inilah tangan Anda paling rentan terkontaminasi kuman atau bakteri. Dapatkan manfaat cuci tangan dengan mengingat 6 waktu penting berikut ini, yuk!

1. Sebelum Makan atau Mengolah Makanan

Saat hendak mengambil makanan untuk dimakan, pastikan Anda dan keluarga selalu mencuci tangan terlebih dahulu. Sebab, Anda tidak akan pernah tahu hal apa yang terakhir bersentuhan dengan tangan Anda. Bisa saja tanpa disadari Anda sudah memegang benda kotor yang menjadi sarang kuman. Karena ada kemungkinan kuman yang berada di tangan akan berpindah ke makanan dan mengganggu pencernaan, maka cuci tangan pakai sabun sebelum menyentuh atau mengolah makanan wajib dilakukan. Untuk para Ibu, kebiasaan cuci tangan pakai sabun ini juga perlu dilakukan setiap kali akan memasak maupun menyusui buah hati yang masih bayi. 

2. Setelah Menggunakan Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu tempat yang paling rawan menjadi sarang kuman dan bakteri. Bahkan, ada jutaan bakteri yang hidup di tiap kamar mandi, apalagi kamar mandi umum. Tak hanya itu, bakteri penyebab penyakit yang biasa ditemukan di kamar mandi pun sangat beragam, mulai dari bakteri E. Coli, Streptococcus, Paratuberculosis, hingga Salmonella. Bakteri-bakteri ini sangat rentan menyerang tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit, sebut saja diare, tipus, dsb. Untuk menghindari bakteri tersebut memengaruhi kesehatan tubuh, Anda dan keluarga harus selalu cuci tangan pakai sabun setelah menggunakan kamar mandi. 

3. Setelah Menyentuh Hal Kotor

Tangan yang tidak dibersihkan setelah menyentuh benda-benda kotor bisa jadi ikut membawa kuman atau bakteri. Anda tak boleh lengah dan meremehkan setiap barang yang sudah disentuh. Meski sebuah benda terlihat bersih dari luar, Anda tak akan tahu ada berapa banyak bakteri yang bersemayam di sana dan bisa menempel di tangan Anda. Jika benda yang tampak bersih saja bisa mengandung kuman, maka benda yang jelas-jelas kotor tentu memberikan risiko kontaminasi yang semakin besar. Itu sebabnya, Anda dan keluarga juga selalu diwajibkan mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh benda-benda yang kotor. Yang termasuk dalam kategori benda kotor itu pun sangat beragam, mulai dari sampah, binatang, kotoran binatang, popok, dsb. Sebelum cuci tangan pakai sabun setelah memegang hal-hal tersebut, pastikan Anda jangan terlebih dahulu menyentuh makanan atau bersentuhan dengan si Kecil. 

4. Setelah Batuk, Bersin, dan Membuang Ingus

Saat Anda sedang terserang flu, pilek, atau batuk, salah satu kebiasaan refleks yang tanpa sadar selalu dilakukan adalah menutup mulut atau hidung dengan tangan. Hal ini memang baik untuk dilakukan, karena mencegah virus tersebar lebih jauh dan mengontaminasi orang-orang di sekitar Anda. Namun, di sisi lain, Anda harus ingat bahwa kuman dan virus tersebut pada akhirnya justru menempel di tangan Anda. Itu sebabnya, saat sedang flu, Anda diwajibkan untuk rajin cuci tangan dengan sabun. Manfaat cuci tangan tersebut akan semakin maksimal, terutama jika Anda mencuci tangan setelah batuk, bersin, dan membuang ingus.  

5. Sebelum dan Sesudah Berinteraksi dengan Orang Sakit

Salah satu penyebab utama seseorang jatuh sakit adalah akibat bakteri, kuman, atau virus yang menyerang tubuh. Itu sebabnya, di tubuh orang yang sedang sakit, bakteri juga secara otomatis lebih mudah berkembang. Hal ini membuat orang-orang yang ada di sekitarnya juga lebih mudah terkontaminasi bakteri yang sama. Karena itulah, setiap sebelum maupun sesudah berinteraksi dengan orang sakit, Anda diharuskan terlebih dahulu cuci tangan pakai sabun. Cuci tangan sebelum menjenguk orang sakit dimaksudkan agar bakteri yang Anda bawa dari luar tidak berpindah ke pasien, yang sistem imunitas tubuhnya sedang lemah. Sementara itu, manfaat cuci tangan pakai sabun setelah menjenguk orang sakit adalah agar bakteri atau kuman yang ada di sekitar si pasien dan lingkungan rumah sakit tidak terbawa dan mengontaminasi tubuh Anda. 

6. Sebelum Berinteraksi dengan Bayi

Salah satu waktu penting cuci tangan lainnya yang sayangnya masih kerap dilupakan, khususnya oleh orang tua, adalah sebelum berinteraksi atau melakukan kontak dengan bayi. Kebanyakan orang memang belum terbiasa cuci tangan pakai sabun sebelum menggendong atau sekadar mengusap bayi. Padahal, hal ini bisa menimbulkan dampak kesehatan yang tidak baik bagi si Kecil. Perlu diketahui, bahwa di bulan-bulan awal kehidupan, bayi sangat rentan mengalami penyakit infeksi, baik itu yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Hal ini semakin mengkhawatirkan, sebab sistem imunitas tubuh bayi juga belum terbentuk secara sempurna. Dengan mencuci tangan sebelum berkontak dengan si Kecil, Anda bisa mengurangi risiko kontaminasi kuman khususnya yang disalurkan melalui tangan.  

Kini, Anda sudah mengerti kapan enam saat penting cuci tangan pakai sabun harus dilakukan, bukan? Karena berperan penting memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, Anda sebaiknya tidak boleh meremehkan manfaat cuci tangan dengan sabun. Hanya dengan menyisihkan beberapa menit untuk mencuci tangan dengan benar, Anda dan keluarga dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang bisa membahayakan tubuh. Daripada harus mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk berobat ke dokter, lebih baik mencegah penyakit sedari dini, bukan? Agar manfaat cuci tangan dan perlindungan terhadap bakteri semakin maksimal, Anda bisa menggunakan sabun cuci tangan yang dirancang efektif untuk melawan bakteri. Misalnya seperti Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10, yang efektif membasmi kuman di tangan dalam 10 detik, berdasarkan hasil uji coba laboratorium. Ada pula beragam varian sabun cuci tangan lain yang bisa Anda pilih. Yuk, biasakan cuci tangan pakai sabun untuk kesehatan yang lebih baik!

 

 

Referensi:

 

cdc.gov/handwashing/when-how-handwashing.html

kidscoop.com/hand_washing/

kidshealth.org/en/parents/hand-washing.html

kidshealth.org/en/kids/wash-hands.html 



Diakses pada: 11 April 2019