banner

Kebiasaan Kecil Ajarkan Kebersihan Lingkungaan kepada Anak

AddTHis is disabled because of cookie content

Kebersihan lingkungan sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Lingkungan yang bersih membantu Anda dan keluarga terhindar dari serangan virus dan bakteri. Karena itu, kebersihan lingkungan penting untuk ditanamkan kepada anak sejak usia dini.

Anak yang diajarkan bagaimana menjaga kebersihan lingkungan akan terbiasa untuk selalu mempraktikkannya sampai mereka dewasa. Berikut lima kebiasaan yang dapat Anda lakukan bersama si kecil dalam menjaga kebersihan lingkungan:

1.    Membuang sampah pada tempatnya

Ajarkan anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Misalnya ketika  selesai jajan, ajak mereka untuk membuang sampahnya langsung ke tempat sampah. Jelaskan secara sederhana akibat dari membuang sampah sembarangan seperti banjir dan pencemaran lingkungan agar mereka belajar disiplin. Kebiasaan kecil ini kelak akan mereka terapkan ketika di sekolah dan tempat bermain mereka.

2.    Kenalkan pada konsep lingkungan yang bersih dan kotor

Mengajak anak mengamati lingkungan yang bersih dan kotor dapat membuatnya mengetahui lingkungan mana yang menurut mereka menyenangkan. Lingkungan yang bersih tentu sangat menyenangkan untuk bermain, dibandingkan lingkungan yang kotor, penuh sampah, dan polusi. Setelah melihat gambaran tersebut, beritahu anak apa yang harus dilakukan untuk membuat lingkungan mereka tetap bersih.

3.    Ajak membersihkan rumah bersama

Anak cenderung meniru apa yang dilakukan orang tua. Contohnya seperti anak perempuan yang tertarik menyapu lantai ketika Ibunya membersihkan rumah. Anda tidak perlu kesal ketika anak ingin ikut membersihkan rumah. Sebaliknya, ajak mereka membersihkan rumah bersama. Meletakkan mainan, buku, atau barang-barang lain pada tempatnya semula.

4.    Lakukan kegiatan berkebun di halaman rumah

Melakukan kegiatan berkebun bisa menjadi hal yang menyenangkan. Anda dapat mengajarkan kepada anak bagaimana cara merawat lingkungan dengan membuat halaman rumahnya asri dengan tanaman dan pepohonan. Mereka dapat menanam sendiri bunga atau tanaman buah yang mereka inginkan.

5.    Tanamkan mencuci tangan sejak dini

Mencuci tangan sangat penting untuk mencegah bersarangnya kuman, virus, maupun bakteri penyebab penyakit. Mengajarkan anak mencuci tangan sejak dini dapat menjadi kebiasaan baik sekaligus cara menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Demi mendukung gaya hidup bersih dan sehat, Lifebuoy menyediakan berbagai produk mulai dari handwash sampai body wash. Lifebuoy diperkaya antiseptik yang efektif membunuh kuman, aman digunakan sehari-hari, serta mampu membersihkan sampai ke pori-pori kulit. Anda dapat menggunakan beragam pilihan Lifebuoy seperti Lifebuoy Lemon Fresh body wash atau Lifebuoy Cool Fresh serta produk Lifebuoy lainnya.

 

Sumber:

hellosehat.com/parenting/tips-parenting/anak-menjaga-kebersihan-lingkungan/

winnetnews.com/post/pentingnya-ajarkan-anak-jaga-kebersihan-lingkungan-sejak-dini

esensi.co.id/2020/03/23/jangan-anggap-sepele-ini-pentingnya-mengajarkan-lingkungan-sehat-pada-anak/

kumparan.com/kumparanmom/cara-mengajarkan-anak-menjaga-kebersihan-tubuh-dan-lingkungan-1r8Iq7Ucqqm

 

Diakses pada:

23 Juni 20