Waspadai Bakteri-bakteri Musuh Saluran Pernapasan!

3 min read

Waspadai Bakteri-bakteri

Saluran pernapasan merupakan salah satu sistem organ tubuh manusia yang paling rentan terhadap kuman berbahaya. Saluran ini merupakan tempat utama yang bersentuhan dengan udara luar. Karena itu, tidaklah heran jika banyak sekali penyakit yang berawal dari saluran pernapasan. Umumnya, beberapa penyakit tersebut diawali dengan infeksi saluran pernapasan oleh kuman patogen, seperti bakteri, virus, atau parasit. Kuman-kuman patogen ini bertebaran bebas di udara luar, dan kita dapat dengan mudah menghirup mereka bersamaan dengan oksigen. Ada begitu banyak variasi kuman yang berbahaya bagi saluran pernapasan kita, di antaranya adalah sebagai berikut.

 Streptococcus sp.
Bakteri ini merupakan bakteri yang dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan bagian atas, dan menjadi awal mula beberapa penyakit, seperti faringitis dan sinusitis. Faringitis terjadi pada faring atau pangkal tenggorokan, sementara sinusitis terjadi pada hidung. Kasus infeksi saluran pernapasan akibat bakteri ini cukup umum, dan infeksi minor biasanya dapat dengan mudah ditangani. Namun, bakteri ini juga dapat menyebabkan komplikasi dan menimbulkan penyakit lainnya..

Streptococcus pneumonia
Terlihat dari namanya, bakteri ini menyebabkan penyakit pneumonia. Pneumonia adalah kondisi dimana jaringan paru-paru mengalami pembengkakan. Bakteri ini dapat menyebabkan pneumonia ringan maupun pneumonia akut, tergantung kondisi tubuh saat bakteri ini menginfeksi.

Mycobacterium tuberculosis
Bakteri yang satu ini merupakan penyebab penyakit tuberkulosis. Bakteri ini cukup unik karena reaksinya dapat berbeda-beda, tergantung pada kondisi antibodi tubuh. Pada kebanyakan orang, bakteri ini dapat langsung dimatikan oleh sistem imun tubuh. Ada juga bakteri yang tidak mati karena antibodi yang ada dalam tubuh tidak kuat untuk membunuh bakteri tersebut sehingga bakteri tetap tinggal dalam tubuh namun tidak menimbulkan gejala apapun. Penyakit ini biasanya timbul jika seseorang terkena eksposur bakteri dalam jangka waktu lama.
Lalu, bagaimana cara kita menghindari bakteri-bakteri tersebut? Caranya cukup mudah, yakni dengan cuci tangan pakai sabun secara rutin. Sayangnya, di beberapa daerah di Indonesia, penyakit akibat infeksi saluran pernapasan oleh bakteri-bakteri tersebut sulit dihindari karena tidak tersedianya sarana yang baik untuk mencuci tangan. Salah satu daerah tersebut adalah Desa Bitobe, NTT. Mari bantu saudara kita di sana bersama Lifebuoy melalui program “5 Tahun Bisa untuk NTT”. Melalui program ini, Lifebuoy akan membantu menyediakan fasilitas sanitasi yang layak pakai. Anda dapat berpartisipasi dalam program ini dengan bergabung di Facebook dan klik like pada fanpage Lifebuoy, atau dengan membuka website www.5tahunbisa.lifebuoy.co.id lalu klik dukung. Untuk setiap upaya yang dilakukan, Anda telah memberikan donasi sebesar Rp.100,- untuk membantu terselenggaranya program ini.

Selebihnya dari Lifebuoy:

3 min read

Usir Kuman yang Bersembunyi di Tubuh Anak

Usir Kuman yang menyebabkan gatal di selangkangan Anak - Lifebuoy

3 min read

Segar Sepanjang Hari dengan Konsumsi 5 Makanan Pencegah Bau Badan Ini

Suhu panas bikin keringatan dan bau badan? Ini dia 5 makanan pencegah bau badan yang bisa bikin pede dan segar seharian.

5 tips Merawat Kulit Tangan Mengelupas

Kulit tangan mengelupas sangat mudah disebabkan oleh kebiasaan terlalu sering mencuci tangan ataupun penggunaan produk tidak aman. Namun, banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

3 min read

5 Cara Atasi Batuk Berdahak di Rumah

Batuk berdahak bisa dipicu debu, polusi, asap rokok, infeksi, alergi, asma dan sebagainya. Untuk mengatasinya, yuk simak pengobatan alaminya berikut.