Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan?

Cuci tangan sebelum makan adalah salah satu kebiasaan yang ditanamkan sejak kita masih kanak-kanak. Faktanya, kebiasaan ini menyimpan banyak manfaat.

Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan?

Disadari atau tidak, tangan menjadi perantara ideal untuk bakteri, virus, dan kuman masuk ke dalam tubuh kita. Itu sebabnya, cuci tangan jadi solusi paling mudah dan efektif yang bisa kamu terapkan untuk mencegah masuknya berbagai mikroorganisme, terutama sebelum kamu makan.

Mengapa Kamu Harus Cuci Tangan Sebelum Makan?

Cuci tangan sebelum makan sebenarnya sudah menjadi kebiasaan yang ditanamkan sejak kita masih kanak-kanak. Meski sudah ditanamkan sejak kanak-kanak dan terus digaungkan hingga saat ini, tetap masih ada saja beberapa orang yang meremehkan manfaat dari cuci tangan. Padahal, jika dilakukan secara berkala dan dengan teknik yang tepat, apalagi sebelum dan sesudah makan. Kebiasaan satu ini dapat memberikan manfaat yang begitu besar bahkan hingga menyelamatkan nyawa kamu.

Banyak penelitian membuktikan bahwa berbagai kuman penyebab penyakit dapat ditularkan melalui sentuhan. Ditambah lagi, permukan benda yang sering kamu sentuh belum tentu terbebas dari berbagai bakteri dan kuman. Maka dari itu, perlindungan terbaik dari serangan bakteri dan kuman adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, apalagi sesaat sebelu

Manfaat Cuci Tangan Sebelum Makan

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, cuci tangan sebelum makan efektif untuk mencegah berbagai penyakit. Untuk lebih memahaminya, berikut penjelasan mengenai manfaat cuci tangan sebelum makan.

Mencegah Kuman Atau Bakteri Masuk ke Dalam Tubuh
Tangan yang terlihat bersih, tidak menjamin terbebas dari kuman dan bakteri. Bila dalam keadaan tangan yang kotor kamu menyentuh bagian tubuh, seperti mata, hidung, dan mulut. Maka berbagai kuman dan bakteri dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai infeksi. 

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kamu rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Apalagi, setelah kamu memegang benda-benda yang mungkin menyimpan banyak kuman dan bakteri, seperti gagang pintu, ponsel, saklar, pegangan microwave, dan masih banyak lagi.

Terhindar dari Infeksi Nosokomial
Rajin mencuci tangan, apalagi sebelum makan, juga bisa menghindari kamu dari infeksi nosokomial. Perlu dipahami, infeksi nosokomial adalah penyakit yang didapat selama menjalani perawatan di rumah sakit. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi nosokomial ini adalah infeksi saluran kemih (ISK), pneumonia, dan infeksi aliran darah.

Untuk mencegah penyebaran infeksi nosokomial, penting bagi orang-orang yang berada di rumah sakit, termasuk dokter, perawat, pasien serta pengunjung untuk selalu mencuci tangan dengan cara yang benar sesuai dengan rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia (WHO). 

Mencegah Virus COVID-19
Seperti yang kita ketahui bersama, virus corona dapat dengan mudah menyebar, baik dari hewan ke manusia ataupun dari manusia ke manusia. Gejala awal dari penyakit ini memang cukup sulit untuk dideteksi, karena sangat mirip dengan gejala flu. Agar kamu terhindar dari virus tersebut, salah satu cara paling sederhana dan efektif yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun.

Mencegah Penularan Penyakit Tertentu
Manfaat cuci tangan sebelum makan yang terakhir adalah mampu mencegah penularan penyakit tertentu, seperti infeksi saluran pencernaan, infeksi pernapasan, infeksi kulit, dan infeksi mata. 

Itulah pentingnya menjaga kebersihan tangan, khususnya sebelum makan. Maka dari itu, kamu harus rajin mencuci tangan agar terhindar dari kuman dan virus penyebab penyakit.

Lengkapi kebiasaan mencuci tangan kamu dengan Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10.  Sabun antiseptik ini merupakan sabun cuci tangan antibakteri yang mengandung formula ActivSilver+ yang mampu memberikan tangan kamu perlindungan dari kuman dalam 10 detik.

Lifebuoy SABUN CUCI TANGAN ANTISEPTIK TOTAL 10 200ML

Selebihnya dari Lifebuoy:

3 min read

Jangan Asal Pakai, Ini Jenis dan Cara Tepat Kenakan Masker Kesehatan

Bingung dengan banyaknya jenis masker untuk melindungi diri? Cari tahu jenis masker dan cara pakai yang tepat supaya efektif.

3 min read

Manfaat Charcoal Bagi Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar charcoal kini semakin banyak ditemukan di pasaran.

3 min read

Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

3 min read

Kini Langka, Simak Fakta Ini Sebelum Bikin Hand Sanitizer di Rumah

Bahan utama membuat hand sanitizer hanyalah alkohol dan gel lotion aloevera. Namun, amankah membuat sendiri hand sanitizer di rumah?