5 Penyebab Kram Perut Ini dan Ketahui Cara Mengatasinya

3 min read

5 Penyebab Kram Perut Ini dan Ketahui Cara Mengatasinya

Jika pernah merasa tidak nyaman dan tegang di bagian otot perut, maka kamu mungkin mengalami kram perut. Penyakit ini bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Biasanya kram di bagian perut bukan kondisi yang mengkhawatirkan, tetapi perlu diobati jika rasa sakit tak kunjung hilang. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui penyebab perut kram dan cara mengatasi kondisi ini.

Kenali Berbagai Penyebab Perut Kram

Biasanya, wanita mengalami kram perut saat haid. Selama periode ini, kontraksi dinding rahim lebih kuat dari biasanya. kram di bagian perut juga bisa disebabkan karena kamu lupa melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Otot yang menegang di bagian perut inilah yang dapat menyebabkan kram dan juga rasa nyeri. 

Selain dua kondisi yang disebutkan tadi, di bawah ini adalah sejumlah penyebab perut kram lainnya yang paling umum.

Sembelit
Gangguan pencernaan akibat kinerja usus menurun juga dapat menjadi penyebab perut ke
kram. Penderita akan merasa mual, terasa ada yang mengganjal di area anus, serta sulit untuk buang air besar.

Keracunan makanan
Jika perut terasa kram dan tidak nyaman setelah mengonsumsi sesuatu, bisa jadi penyebab kondisi tersebut adalah karena kamu mengalami keracunan makanan. Ciri-ciri kram perut akibat keracunan makanan biasanya ditandai dengan nyeri perut yang disertai mual, muntah, demam, sakit kepala, diare, atau keringat berlebih

Perut Kembung
Di dalam sistem pencernaan terdapat gas. Apabila gas terperangkap dalam perut, hal ini dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan kram. Umumnya perut kembung ditandai dengan rasa nyeri yang intens saat perut ditekan, sering bersendawa hingga ukuran perut yang membesar.

Hipokalsemia
Hipokalsemia merupakan rendahnya kadar kalsium dalam darah yang menyebabkan gangguan pada sistem otot dan saraf, termasuk otot perut. Hipokalsemia disebabkan oleh berbagai faktor, seperti efek samping obat-obatan tertentu, perubahan hormon, kondisi genetik, atau kurangnya asupan kalsium dalam jangka waktu yang lama.

Endometriosis
Menjadi salah satu penyebab perut kram yang perlu diwaspadai, endometriosis adalah kondisi saat jaringan yang melapisi rahim tumbuh dan menumpuk pada organ lain di luar rahim. Alih-alih keluar dari vagina saat menstruasi, jaringan dinding rahim yang meluruh tersebut justru mengendap di sekitar organ reproduksi wanita. Lambat laun, endapan ini akan menyebabkan peradangan, kista, atau jaringan parut. Hal inilah yang menjadi penyebab perut kram meskipun sedang tidak haid.

Cara Mudah Mengatasi Kram Perut

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kram. Dari yang secara alami dengan menggunakan cara-cara sederhana ala rumahan, hingga mengonsumsi obat-obatan. 

Beberapa cara rumahan untuk mengatasi kram

perut yang bisa dicoba adalah kompres perut dengan air panas, memijat otot perut pelan-pelan, atau istirahat yang cukup. jika perawatan rumahan tidak ampuh dan memperparah kondisi, kamu bisa minum obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen atau acetaminophen (paracetamol. Kedua obat tersebut umumnya dapat dibeli bebas di apotik, toko obat, swalayan, hingga warung dekat rumah tanpa resep dokter. Pastikan saat minum obat kamu menggunakan dosis yang dianjurkan dalam kemasan.

Jika penyebab kram perut yang kamu alami seringnya karena infeksi virus atau bakteri, maka salah satu cara efektif untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan menjaga kebersihan makanan yang dimakan, dan juga kebersihan diri. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum makan agar terhindar dari virus penyebab kram di perut. Gunakan Sabun Cuci Tangan Lifebuoy Total 10 yang sudah terbukti mampu mengatasi virus kram perut. Dilengkapi dengan ActivSilver Formula, sabun cair ini memiliki busa lembut yang mampu membersihkan secara mendalam hingga ke pori-pori. Kulit tetap dalam keadaan segar dan bersih.

5 Penyebab Kram Perut Ini dan Ketahui Cara Mengatasinya

Selebihnya dari Lifebuoy:

3 min read

Jangan Asal Pakai, Ini Jenis dan Cara Tepat Kenakan Masker Kesehatan

Bingung dengan banyaknya jenis masker untuk melindungi diri? Cari tahu jenis masker dan cara pakai yang tepat supaya efektif.

3 min read

Manfaat Charcoal Bagi Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar charcoal kini semakin banyak ditemukan di pasaran.

3 min read

Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

3 min read

Kini Langka, Simak Fakta Ini Sebelum Bikin Hand Sanitizer di Rumah

Bahan utama membuat hand sanitizer hanyalah alkohol dan gel lotion aloevera. Namun, amankah membuat sendiri hand sanitizer di rumah?