5-cara-ampuh-mengatasi-bau-badan-dan-keringat-berlebih

Bau badan dan keringat berlebih memang membuat tidak percaya diri? Ikuti cara ini untuk mengatasi bau badan dan keringat berlebih yang mengganggu

5-cara-ampuh-mengatasi-bau-badan-dan-keringat-berlebih

Coba tebak, apa yang membuat seseorang jadi tidak percaya diri? Ya, apalagi kalau bukan bau badan dan keringat berlebih. Keduanya memang sukses menyebabkan seseorang jadi tidak bisa tampil percaya diri. Nah, supaya kedua kondisi tersebut tidak semakin mengganggu, alangkah baiknya kamu mencari tahu cara mengatasi bau badan dan keringat berlebih. Lalu, bagaimana cara ampuh mengatasinya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Apa yang Menyebabkan Bau Badan dan Keringat Berlebih?

Sebelum mengetahui cara ampuh mengatasi dan menghilangkan bau badan serta keringat berlebih, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu kenapa seseorang bisa mengalami kedua kondisi tersebut. Perlu diketahui, tubuh kita memiliki dua kelenjar keringat utama, yaitu ekrin dan apokrin.

Saat suhu tubuh meningkat, kelenjar ekrin dan apokrin akan memproduksi keringat guna mendinginkannya. Bedanya, keringat yang dihasilkan kelenjar apokrin bertekstur lebih berat dibandingkan dengan kelenjar ekrin. Keringat yang dihasilkan dua kelenjar tadi sebenarnya tidak berbau, namun pertumbuhan bakteri menyebabkan keringat jadi beraroma tidak sedap. Keringat berlebih tidak hanya disebabkan oleh aktivitas fisik yang berat saja, tapi ada juga beberapa faktor penyebab lain, seperti:

  • Cuaca panas
  • Cemas atau gugup
  • Stres
  • Demam
  • Hiperhidrosis

Sementara, penyebab bau badan meliputi:

  • Cuaca panas
  • Obesitas
  • Jenis kelamin, pria cenderung memiliki bau badan yang lebih menyengat dibandingkan wanita
  • Stres
  • Pola makan yang buruk, seperti mengonsumsi makanan berlemak, berminyak dan berbau
  • Perubahan hormon
  • Genetik
  • Kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, penyakit hati, ataupun penyakit ginjal Bagaimana Cara Mengatasi Bau Badan dan Keringat Berlebih?

Beberapa cara di bawah ini diketahui efektif untuk mengatasi sekaligus menghilangkan bau badan dan keringat berlebih.

1. Gunakan antiperspirant

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan antiperspirant. Biasanya, antiperspirant ini direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah keringat berlebih yang disebabkan oleh hiperhidrosis. Dengan menggunakan antiperspirant, kelenjar keringat akan terhalangi untuk memproduksi keringat lebih banyak. Namun, antiperspirant ini tidak dijual bebas dan harus dibeli menggunakan resep dokter.

2. Atur pola makan

Jaga pola makan juga penting dilakukan, apalagi jika kamu memiliki masalah bau badan yang sangat mengganggu. Hindari mengonsumsi makanan pedas dan beraroma menyengat, seperti bawang, jengkol, dan petai. Selain itu, hindari juga konsumsi minuman beralkohol.

3. Gunakan tawas

Cara lainnya adalah dengan menggunakan tawas. Pasalnya, tawas diketahui efektif untuk mengatasi dan menghilangkan keringat berlebih dan juga bau badan. Bila ingin menggunakannya, kamu cukup mengoleskan sedikit tawas yang sudah dihaluskan ke area ketiak setiap kali selesai mandi. Dengan rutin mengoleskannya, bau badan dan keringat berlebih pun bisa dihindari.

4. Rutin melakukan scrub ketiak

Kamu pun juga harus melakukan scrubbing ketiak secara rutin agar terhindar dari keringat berlebih dan bau badan. Kamu pun dapat melakukan scrub dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah seperti jeruk nipis, lemon, mentimun, dan jahe. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa mencampurkan bahan-bahan alami tadi dengan sedikit gula.

5. Mandi 2 kali sehari

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mandi 2 kali sehari. Ketika mandi, pastikan seluruh area tubuh telah dibersihkan secara maksimal, termasuk ketiak. Gunakan juga sabun yang efektif dalam membasmi pertumbuhan bakteri di kulit, seperti Lifebuoy Sabun Cair Lemon Fresh.

Lifebuoy Sabun Cair Lemon Fresh mengandung bahan alami seperti asam sitrus yang efektif membasmi bakteri dan kuman di permukaan kulit. Selain itu, kandungan lemon di dalam sabun ini juga dapat memberikan kesegaran sepanjang hari sekaligus dapat membuat kulit tetap bersih hingga ke pori-pori terdalam. Itulah lima cara mengatasi dan menghilangkan bau badan dan keringat berlebih yang bisa kamu terapkan. Penting untuk diingat, jika bau badan dan keringat berlebih tidak kunjung hilang setelah menggunakan cara-cara di atas, segera bicarakan dengan dokter. Karena bisa jadi kondisi tersebut jadi salah satu indikator masalah kesehatan yang lebih serius.

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun