tetanus

Waspada Tetanus! Hindari Penyebab dan Kenali Gejalanya

AddTHis is disabled because of cookie content

Tetanus (lockjaw) adalah penyakit yang disebabkan bakteri Clostridium tetani yang menyerang saraf. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui luka yang ada di kulit dan kemudian menyebar ke aliran darah manusia. Ketika sudah masuk ke aliran darah, bakteri kemudian tumbuh dan berkembang.

Penyakit tetanus tidak dapat diremehkan karena tingkat persentase kematian akibat penyakit ini mencapai 50 persen. Jika dibiarkan, tetanus dapat menyebabkan kejang, kondisi kaku, dan tegang di seluruh tubuh. Meski demikian, seseorang yang terinfeksi bakteri tetanus tidak langsung mengalami kejang dan kaku. Biasanya bakteri tetanus berinkubasi di tubuh penderita selama 4-21 hari dan.

Kuman dan bakteri dapat hidup di mana saja, seperti bakteri tetanus yang hidup di tanah, debu, dan kotoran hewan. Untuk menghindari penyebab tetanus, Anda harus rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain mencuci tangan dengan sabun, membersihkan barang atau peralatan Anda dari debu, dan menghindari kontak langsung dengan hewan.

Berikut beberapa gejala penyakit tetanus yang harus Anda perhatikan.

1.    Demam

Seseorang yang terinfeksi tetanus biasanya mengalami demam tinggi yang disertai keringat. Penderita tetanus mengalami demam karena imun mereka sedang bekerja melawan infeksi dalam tubuh.

2.    Kaku pada otot leher dan wajah

Selain demam, penderita tetanus juga mengalami kekakuan pada otot leher dan wajah. Hal itu karena bakteri Clostridium tetani, yang menjadi penyebab tetanus, menyerang saraf penderita. Otot wajah penderita menjadi kaku dan kesulitan berekspresi.

3.    Kaku pada otot rahang

Gejala tetanus yang paling sering dijumpai adalah kekakuan pada otot rahang. Orang yang terinfeksi bakteri tetanus seringkali kesulitan membuka rahangnya.

4.    Kesulitan menelan

Gejala lainnya adalah kesulitan ketika menelan makanan. Bakteri yang menjalar ke leher berisiko menyebar ke kerongkongan sehingga membuat penderita kesulitan menelan makanan.

Setelah mengetahui penyebab dan gejala penyakit tetanus, mulai sekarang Anda perlu meningkatkan kebersihan diri serta lingkungan sekitar. Salah satunya adalah membersihkan barang-barang yang sering terkena debu dan mencuci tangan secara rutin dengan sabun. Anda dapat menggunakan sabun kesehatan Lifebuoy Mild Care atau Lifebuoy Active Silver Formula.

Sumber:

doktersehat.com/ini-dia-cara-mencegah-penyakit-tetanus/

alodokter.com/tetanus

halodoc.com/artikel/jangan-sepelekan-ini-5-gejala-awal-tetanus

hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/gejala-awal-tetanus/#gref

halodoc.com/artikel/tertusuk-paku-inilah-cara-cegah-tetanus

klikdokter.com/info-sehat/read/2695215/tetanus-dan-pencegahannya