Virus Corona Menyebar Lewat Udara

Virus Corona Menyebar Lewat Udara? Pahami Pengertian Airborne Disease

AddTHis is disabled because of cookie content

Pada Juli 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus Corona menyebar melalui udara (airborne). Airborne Disease adalah penyakit yang menyebar atau ditularkan melalui udara dari waktu ke waktu seperti flu, cacar air, TBC, dan gondongan. Sementara itu, virus Corona dapat bertahan lama di udara pada ruang tertutup yang minim ventilasi udara seperti di kantor, gym, atau di dalam mobil.

Sebelumnya, WHO mengungkap virus Corona hanya menyebar melalui droplet dari orang yang sudah terinfeksi. Droplet dikeluarkan orang yang terinfeksi melalui batuk, bersin, ataupun pada saat berbicara. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak proses penyebaran penyakit secara airborne berikut.

1.    Menyebar melalui partikel udara

Selain menyebar melalui droplet, WHO kini membenarkan virus Corona dapat menyebar melalui partikel udara. Istilah lainnya disebut airborne aerosol. Aerosol adalah partikel cair atau padat yang mengumpul di udara. Aerosol terbentuk ketika tetesan kecil (droplet) menguap lebih cepat daripada jatuh ke tanah.

Studi menunjukkan, virus Corona dapat dilepaskan seseorang yang terinfeksi ketika mereka bernapas, bersin, berbicara dan batuk. Tetesan tersebut mengandung virus yang dapat melayang di udara dalam waktu sampai tiga jam. Orang yang berjarak dekat dengan seseorang yang terinfeksi ini berisiko terpapar virus sehingga rantai penularan pun dimulai.

Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak harus tetap disiplin dilakukan. Mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer juga sangat penting. Droplet yang dikeluarkan penderita dapat menempel di benda-benda yang mungkin akan Anda pegang. Di fasilitas publik misalnya, seperti tombol lift, pegangan bis, tangga, pegangan pintu, tombol ATM semuanya dapat menjadi lahan berkumpulnya virus.

2.    Berisiko menyebar di ruang tertutup

Faktor risiko dari airborne disease lainnya yaitu dapat menyebar di ruang tertutup dan  memiliki ventilasi udara yang buruk. Virus dapat menetap di udara sehingga terhirup orang-orang di ruangan tersebut.

Jenis Penyakit yang Bisa Menular dari Udara

Ruang kerja merupakan salah satu ruang tertutup sasaran virus corona. Untuk menghindari penularan virus, sebaiknya sebelum jam kerja petugas kebersihan dapat membuka setiap jendela dan mematikan AC sementara agar udara dapat tersirkulasi dengan baik. Udara kotor yang ada di dalam ruang kerja terganti dengan udara bersih dari luar.

Selain COVID-19, Berikut ini beberapa penyakit yang termasuk ke dalam airborne disease dan patut diwaspadai.

1.    Flu/Influenza

Seseorang bisa mudah terkena flu karena penyakit ini ditularkan melalui kontak langsung seperti bersin atau batuk. Gejala yang dialami penderita flu antara lain batuk, bersin, demam, hidung tersumbat dan sakit kepala. Meski cepat menular, flu bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat, multivitamin, dan rajin mencuci tangan.

2.    Tuberkulosis

Penyakit paru-paru ini disebabkan bakteri Mycobacterium tuberkulosis. Bakteri ini membuat penderitanya mengalami batuk kronis yang tidak kunjung sembuh (bisa sampai mengeluarkan darah), serta keluarnya keringat pada malam hari. Sama seperti flu, penyakit tuberkulosis juga ditularkan dari satu penderita ke orang lain saat penderita TB batuk, bersin, dan berbicara.

3.    Rubella

Rubella atau biasa disebut juga campak jerman adalah penyakit yang disebabkan virus rubella. Penyakit ini ditandai dengan ruam kemerahan pada kulit, demam, sakit kepala, pilek, dan hidung tersumbat. Seseorang yang terinfeksi virus rubella dapat menularkannya kepada orang lain melalui udara saat orang tersebut berbicara atau bersin.

Ada banyak cara melawan virus Corona dan airborne disease lainnya. Disiplin menggunakan masker, rutin mencuci tangan, dan menjaga jarak ketika di keramaian harus terus diterapkan. Bekali diri Anda dengan produk Lifebuoy yang telah terbukti secara klinis ampuh membasmi kuman.

 

Sumber:

health.detik.com/berita-detikhealth/d-4953357/apa-itu-airborne-dan-bisakah-covid-19-menular-dengan-cara-itu

hellosehat.com/coronavirus/covid19/penyebaran-udara-dan-droplet/

health.kompas.com/read/2020/07/16/210300868/covid-19-menyebar-lewat-airborne-begini-cara-terbaik-melindungi-diri?page=all#page2

google.com/amp/s/hellosehat.com/coronavirus/covid19/penyebaran-udara-dan-droplet/%3famp

health.grid.id/read/352236658/who-perbarui-peringatan-virus-corona-lewat-udara-menular-bukti-penyebaran-dibeberkan-sang-ahli-aerosol?page=all