Penyebab dan Pencegahan Radang Tenggorokan

Penyebab dan Pencegahan Radang Tenggorokan

AddTHis is disabled because of cookie content

Radang tenggorokan atau faringitis adalah peradangan pada faring yang menimbulkan rasa sakit atau panas ketika makan dan menelan. Penyebabnya bisa dari berbagai hal, seperti infeksi virus (flu atau pilek berat), mononucleosis (demam kelenjar), campak, dan cacar air.

Radang tenggorokan yang berasal dari infeksi virus memiliki gejala seperti suhu tubuh mencapai 38 derajat Celcius bahkan lebih, terdapat benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan, sakit kepala, batuk, dan pegal-pegal. Sementara itu, radang tenggorokan yang disebabkan demam kelenjar menimbulkan gejala pembengkakan amandel dan limpa, pembesaran kelenjar getah bening di leher dan ketiak, kehilangan nafsu makan, serta peradangan hati.

Untuk mencegah terjadinya radang tenggorokan, yuk aplikasikan tips berikut.

1. Hindari asap rokok

Hindari merokok dan asap rokok karena dapat mengiritasi tenggorokan dan membuatnya meradang. Merokok juga dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker seperti kanker mulut, tenggorokan, laring (kotak suara) serta kanker paru-paru.

2. Rajin mencuci tangan

Upayakan untuk rajin mencuci tangan apalagi setelah menggunakan fasilitas umum. Bakteri dan virus dapat bersarang dimana saja seperti gagang pintu, tombol lift, mesin ATM, dan ponsel. Tanpa disadari, tangan yang kotor tersebut kemudian menyentuh hidung dan wajah sehingga menimbulkan penyakit.

Jika sedang dalam perjalanan atau di transportasi umum, Anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70%., seperti hand sanitizer dari Lifebuoy. Selain hand sanitizer, Lifebuoy juga memiliki produk hand wash Lifebuoy Mild Care, Lifebuoy Cool Fresh, dan Lifebuoy Kitchen Fresh.

3. Hindari makanan pemicu radang tenggorokan

Hindari makanan yang dapat memicu radang tenggorokan, di antaranya makanan berminyak seperti gorengan, makanan pedas, makanan asam, serta makanan yang bertekstur keras. Gorengan mengandung minyak berlebih yang juga meningkatkan penyakit kolesterol, obesitas, dan hipertensi. Pilihlah makanan sehat yang mudah ditelan dan empuk seperti sup, telur rebus, ubi kukus, kentang yang dihaluskan, atau sereal.

 4. Tingkatkan imunitas tubuh

Anda pun dapat mencegah terjadinya radang tenggorokan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Misalnya dengan melakukan aktivitas olahraga seperti bersepeda, main basket, dan senam lantai.

5. Jaga kebersihan lingkungan sekitar

Lingkungan yang kotor adalah habitat bagi berbagai macam kuman penyebab penyakit. Karena itu, jagalah kebersihan lingkungan sekitar Anda seperti rumah dan meja kerja dengan rutin membersihkannya. Jika rutin dibersihkan, debu-debu yang menempel pada perabot pun akan berkurang.

 

Sumber:

halodoc.com/kesehatan/sakit-tenggorokan

google.com/amp/s/hellosehat.com/kesehatan/penyakit/radang-tenggorokan-faringitis/%3famp

google.com/amp/s/amp.kompas.com/health/read/2020/06/18/055600368/7-penyebab-sakit-tenggorokan-dan-cara-mengatasinya

google.com/amp/s/amp.kompas.com/lifestyle/read/2017/09/10/173628220/8-cara-mudah-menyembuhkan-radang-tenggorokan

 

Diakses pada:

25 Juni 2020