Mengenali Gejala Bronkitis

Mengenali Gejala Bronkitis

AddTHis is disabled because of cookie content

Bronkitis adalah peradangan pada saluran pernapasan utama atau bronkus yang disebabkan infeksi virus, asap rokok, dan polusi. Bronkus berfungsi mengalirkan udara dari hidung ke paru-paru. Seseorang yang mengidap bronkitis mengalami penyumbatan pada bronkus sehingga dapat mengakibatkan sesak napas.

Bronkitis dibedakan menjadi bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut umumnya berlangsung selama beberapa hari sampai 10 hari. Sementara itu, bronkitis kronis bertahan lebih lama, sekitar tiga bulan dalam satu tahun dan dapat berulang di tahun berikutnya. Berikut gejala penyakit bronkitis yang harus diperhatikan.

 1. Batuk

Gejala paling umum dari bronkitis adalah batuk kering sampai berdahak yang tidak kunjung sembuh dengan obat batuk biasa. Seseorang yang mengalami bronkitis sering batuk berdahak dengan dahak berwarna kuning, kehijauan, atau putih. Pada bronkitis kronis, batuk berdahak bisa menetap selama tiga minggu.

 2. Demam

Gejala yang harus diperhatikan lainnya adalah demam. Penderita bronkitis biasanya disertai demam ringan sekitar 38,8 derajat Celcius. Gejala ini juga yang membedakan bronkitis dengan penyakit pernapasan lain seperti asma dan pneumonia. Anda perlu mewaspadai jika demam mencapai 40 derajat Celcius karena itu bisa menjadi salah satu tanda gejala pneumonia.

3. Sesak napas

Tersumbatnya saluran pernapasan dari dan ke paru-paru menyebabkan penderita bronkitis mengalami sesak napas. Sesak napas pada penderita bronkitis seringkali terjadi malam hari atau ketika udara dingin.

4. Mudah lelah (fatigue)

Sebagian besar penderita bronkitis mengalami kelelahan terus menerus meskipun hanya beraktivitas ringan. Hal ini sangat mengganggu dan berdampak pada kegiatan yang sedang dijalankan sehari-hari.

 5. Sakit kepala

Selain empat gejala di atas, bronkitis juga ditandai dengan sakit kepala. Sakit kepala tersebut disertai dengan demam ringan berkisar 38,8 derajat Celcius.

Bukan tidak mungkin, bronkitis pun dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. Sebagai pencegahan, sebisa mungkin hindari asap rokok, debu dan polusi. Tidak lupa juga untuk rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer seperti Lifebuoy Hand Sanitizer Skin Immunity Boosting yang terpercaya ampuh membasmi kuman penyebab penyakit.

 

Sumber:

alodokter.com/bronkitis#:~:text=Gejala%20bronkitis%20adalah%20batuk%2C%20yang,dengan%20sistem%20kekebalan%20tubuh%20lemah.

google.com/amp/s/hellosehat.com/kesehatan/penyakit/bronkitis/%3famp

halodoc.com/kesehatan/bronkitis

google.com/amp/s/amp.suara.com/health/2019/09/12/151000/mengenal-gejala-awal-bronkitis-penyakit-yang-pernah-diderita-bj-habibie

lifebuoy.co.id/products/hand-sanitizer.html?gclsrc=aw.ds&&gclid=CjwKCAjw88v3BRBFEiwApwLevTkrQiVvUmbyN1OfnQaNafw7cN3xajHVwAa_dAKoGH5VLrdBT0wmOhoCjOUQAvD_BwE

 

Diakses pada:

25 Juni 2020