5 Tips Alami untuk Atasi Penyakit Mata Ikan

5 Tips Alami untuk Atasi Penyakit Mata Ikan

Pernah kamu mengalami mata ikan? Mata ikan sendiri adalah penyakit yang  ditandai dengan bagian kulit menebal, berbentuk bulat, dan memiliki inti di bagian tengahnya. Biasanya, penyakit ini muncul akibat adanya tekanan dan gesekan berulang. Nah, agar terhindar dari penyakit tersebut, cari tahu penyebab, cara menghilangkan, dan mencegah mata ikan dalam ulasan berikut.

Penyebab Munculnya Mata Ikan

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa penyakit mata ikan muncul akibat adanya tekanan dan gesekan berulang pada bagian tubuh tertentu. Itu sebabnya, penyakit ini lebih sering muncul pada jari kaki, telapak kaki, dan bagian samping kaki. Tak hanya terbentuk di bagian kaki, tangan pun juga bisa mengalami mata ikan.

Adapun penyebab umum mata ikan, antara lain:

  • Ukuran sepatu tidak pas
  • Tidak mengenakan kaus kaki
  • Memainkan alat musik tertentu
  • Berjalan atau berlari terlalu sering

Selain dari tekanan dan gesekan, penyebab mata ikan juga bisa karena virus HPV (human papillomavirus). Virus ini biasanya masuk ke tubuh melalui luka terbuka, lingkungan yang hangat dan lembab, dan penggunaan kaus kaki atau sepatu secara bergantian dengan orang yang terinfeksi virus tersebut. Meski begitu, kasus mata ikan yang disebabkan HPV tergolong lebih sedikit ketimbang akibat gesekan dan tekanan.

Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami

Aneka Jenis Sayuran

Bila kamu terkena penyakit mata ikan, tak perlu khawatir. Karena, kondisi tersebut bisa dihilangkan secara alami dan tanpa operasi. Berikut cara alami menghilangkan mata ikan yang bisa kamu coba di rumah.

1. Minyak jarak

Minyak jarak efektif untuk melunakan tekstur kulit mata ikan sehingga akan lebih cepat menghilangkan kondisi tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, oleskan minyak jarak tiga kali sehari dan ulangi terus sampai mata ikannya benar-benar menghilang.

2. Garam epsom

Selain minyak jarak, garam epsom juga dapat dipakai untuk menghilangkan mata ikan. Ini karena kandungan yang terdapat pada garam epsom  mampu mengikis kulit yang menebal akibat kondisi tersebut.

Cara menghilangkan mata ikan dengan garam epsom sangat mudah. Kamu cukup merendam bagian tubuh yang terdapat mata ikannya dengan air yang sudah dicampur garam epsom selama 10-15 menit saja. Ulangi cara ini sampai mata ikan menghilang.

3. Baking soda

Layaknya garam epsom, baking soda pun efektif mengikis kulit yang menebal akibat penyakit mata ikan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu cukup mencampurkan bahan tersebut dengan air perasan jeruk dan aduk hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pada kulit yang terdapat mata ikan.

4. Getah pepaya

Senyawa papain yang terdapat dalam buah pepaya juga bisa digunakan untuk mengikis sel kulit mati yang disebabkan mata ikan. Caranya, kamu cukup memotong buah pepaya secukupnya, kemudian oleskan pada bagian kulit yang mengalami mata ikan. Sedikit saran, sebaiknya gunakan pepaya yang masih muda untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

5. Batu apung

Cara menghilangkan mata ikan yang terakhir adalah dengan menggunakan batu apung. Untuk menghilangkannya cukup mudah, kamu hanya perlu menggosok batu apung ke bagian tubuh yang terdapat mata ikannya setelah direndam beberapa saat di air rendaman baking soda atau garam epsom. Ulangi cara ini secara rutin sampai mata ikan hilang.

Tips Mencegah Mata Ikan

Karena penyakit mata ikan paling sering terjadi akibat tekanan dan gesekan, maka cara terbaik agar terhindar dari kondisi tersebut adalah dengan menggunakan sepatu yang tepat, selalu mengenakan kaus kaki, dan mengenakan sarung tangan ketika sedang melakukan aktivitas tertentu yang melibatkan gesekan dan tekanan.

Selain ketiga hal tadi, menjaga kebersihan tubuh, terutama kaki juga menjadi hal penting yang tak boleh terlewat. Pasalnya, tubuh yang bersih bisa menghindarkan kamu dari berbagai masalah kulit, termasuk mata ikan. Tapi ingat, membersihkan tubuh tak boleh asal-asalan dan pastikan menggunakan sabun cair dengan formula yang tepat.

Lifebuoy Sabun Cair Mild Care bisa menjadi pilihan produk yang cocok. Sebab, sabun cair ini telah dirancang khusus dengan dua bahan alami susu dan oat yang mampu membuat kulit halus sekaligus lembut. Kedua formula tadi juga efektif untuk melindungi kulit dari kuman penyebab masalah kulit.

Lifebyoy |

Selebihnya dari Lifebuoy:

Wajib Tahu, Ini 7 Fakta Pandemi Covid-19

Apa sih pandemi Covid-19 itu? Yuk, cara tahu selengkapnya lewat 7 fakta dan asal mula virus corona ini!

3 min read

Bau Badan

Untuk anda yang sering beraktifitas diluar rumah, tentunya ingin terhindar dari bau badan. Yuk, simak informasi menarik seputar bau badan disini!

Infeksi Kulit

Skin infection

Musim Banjir, Jaga Kesehatan dan Waspada 7 Penyakit Berikut

Jangan sepelekan! Perhatikan 7 penyakit yang kerap terjadi akibat banjir dan tips terbaik untuk mencegah terjangkit berikut di musim banjir.