Kulit Kering Akibat Cuci Tangan  Ini Caranya Merawat Kelembapan Kulit

Kulit Kering Akibat Cuci Tangan? Ini Caranya Merawat Kelembapan Kulit

AddTHis is disabled because of cookie content

Rajin cuci tangan menjadi gerakan yang kian digencarkan oleh membatasi penularan virus corona atau Covid-19. Imbauan ini pun disambut positif kesadaran masyarakat untuk makin sering mencuci tangan setiap habis memegang benda asing, ataupun ketika hendak makan dan minum. Namun, di balik gerakan yang positif ini, masalah kesehatan kulit yang terasa kering karena terlalu sering mencuci tangan juga mengintai Anda.

Kondisi ini terjadi karena kegiatan mencuci tangan dapat menghilangkan kelembapan kulit pada tangan Anda. Terkesan sepele, tetapi jika dibuarkan kondisi kulit yang kering bisa menyebabkan masalah kesehatan kulit lainnya, mulai dari kulit pecah-pecah, mengelupas, sampai kulit yang melepuh. Kondisi yang lebih parah bahkan bisa terjadi pada Anda yang memiliki kulit sensitif.

Karena itu, menjadi penting untuk mencari cara merawat kulit Anda, selain terus mencuci tangan. Berikut beberapa tips merawat kulit yang bisa Anda terapkan untuk menghindari risiko kulit kering akibat terlalu banyak mencuci tangan tiap harinya.

  1. Hindari Air Panas

Air panas disebut-sebut sebagai media yang tepat untuk membunuh kuman, bakteri, sampai virus. Karena itu, khususnya pada masa pandemi Covid-19, tidak jarang orang memilih mencuci tangan menggunakan air panas. Di sisi lain, semakin panas air yang Anda gunakan untuk mencuci tangan akan membuat kelembapan kulit tangan Anda kian tergerus.

Anda sebenarnya tidak perlu repot-repot mencuci tangan dengan air panas hanya untuk membunuh kuman. Bakteri dan virus tetap bisa mati walaupun dicuci dengan air biasa, dengan syarat air tersebut mesti mengalir dan Anda memakai sabun antibakteri. Karena itu, jika Anda ingin tetap menjaga kesehatan kulit, sebaiknya hindari penggunaan air panas ketika mencuci tangan.

  1. Hindari Menggosok untuk Mengeringkan

Sehabis mencuci tangan dengan air dan sabun, apa yang Anda lakukan untuk mengeringkan tangan Anda? Jika selama ini Anda masih menerapkan metode mengeringkan dengan menggosokkan tangan yang basah ke handuk atau tisu, baiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Nyatanya, kebiasaan menggosokkan tangan untuk mengeringkan tangan basah bisa memperparah kondisi kulit tangan menjadi lebih kering.

Cara terbaik untuk mengeringkan tangan sehabis mencucinya adalah dengan menepuk-nepuk antara telapak tangan yang satu dengan yang lain. Ini untuk mencegah terjadi pengelupasan kulit dari area kulit tangan yang basah. Jika masih merasa belum puas, Anda bisa kembali mengelapkan tangan Anda secara halus pada handuk ataupun tisu, tetapi ketika kondisi kulit sudah mulai kering dari air.

  1. Pilih Sabun yang Tepat

Untuk mengurangi risiko kulit kering akibat mencuci tangan, sebaiknya tidak sembarangan memilih sabun. Beberapa sabun antibakteri nyatanya memiliki efek samping yang keras dalam menghilangkan kelembapan kulit. Jika Anda memakai jenis sabun tersebut terus-menerus, berbagai masalah kesehatan kulit tangan yang lebih parah justru bisa timbul.

Pilihlah sabun cuci tangan yang mengandung moisturizer atau pelembap. Adanya komponen tersebut dalam sabun cuci tangan Anda bisa membuat kulit tangan terasa lebih halus, segar, dan terjaga kelembapannya setiap habis mencuci tangan. Anda mungkin tidak merasakan sedang melakukan cara perawatan tangan dengan memilih sabun yang tepat, tetapi efeknya akan terasa dalam jangka panjang.

  1. Tambahkan Pelembap Kulit

Tips merawat kulit tangan agar terjaga kelembapanya adalah dengan menggunakan tambahan pelembap kulit. Cobalah untuk rutin menggunakan pelembap kulit setiap kali selesai mencuci tangan menggunakan sabun. Pelembap ini bisa mengurangi penguapan air dan minyak dari kulit yang biasanya terjadi karena kegiatan mencuci tangan.

Akan tetapi, Anda juga baiknya selektif memilih produk pelembap kulit. Carilah pelembap kulit yang mengandung petroleum jelly yang terbukti ampuh mencegah hilangnya air dari kulit, sekaligus memberikan tambahan minyak di kulit. Pelembap dengan kandungan asam laktat juga bisa menjadi pertimbangan karena komponen dinilai bisa mempertahankan kelembapan kulit Anda.

Kulit kering memang menjadi momok yang menghantui jika Anda rajin mencuci tangan. Namun, menjadi salah juga jika Anda takut mencuci tangan hanya untuk menjaga kulit tetap lembap. Bagaimana pun, cuci tangan dengan sabun cair Lifebuoy penting untuk menjaga kesehatan Anda dan menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit. Anda bisa lebih tenang mencuci tangan, tanpa harus takut mengalami masalah kesehatan kulit yang berlebihan.

 

Sumber:

alodokter.com/tangan-kering-karena-sering-cuci-tangan-cari-tahu-solusinya-di-sini

lifestyle.kompas.com/read/2020/03/29/235328620/cegah-kulit-tangan-kering-meski-sering-cuci-tangan-saat-wabah-corona?page=all

tirto.id/tips-cegah-kulit-kering-akibat-sering-cuci-tangan-terkait-corona-eJHb

liputan6.com/bola/read/4212834/7-tips-jaga-kulit-tetap-sehat-akibat-sering-cuci-tangan-di-tengah-pandemi-corona-covid-19

 

Diakses pada:

23 Juni 2020

H4 - subtitle bold

Paragraph