Kulit Gatal dan Kemerahan  Waspada Gejala Psoriasis

Kulit Gatal dan Kemerahan? Waspada Gejala Psoriasis

AddTHis is disabled because of cookie content

Masalah kulit memang tidak bisa dipandang sepele. Tidak hanya berupa kulit kering ataupun kusam, berbagai masalah kulit lain bisa sangat menganggu aktivitas harian Anda karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Salah satu jenis penyakit kulit yang mesti Anda waspadai adalah psoriasis.

Jenis penyakit kulit yang satu ini memang belum terlalu familiar di telinga orang awam. Bahkan orang cenderung salah mengindentifikasi penyakit psoriasis dengan enzim kulit atau eczema. Hal ini karena gejala yang ditimbulkan dari kedua jenis penyakit kulit tersebut memiliki kemiripan.

Tentu tidak baik menyamakan penyakit psoriasis dengan jenis penyakit lainnya. Bagaimana pun, penanganan dan pengobatan yang tepat perlu Anda peroleh ketika memang mengalami penyakit ini. Untuk itu, memahami mengenai sebenarnya apa itu psoriasis dan bagaimana penganannya menjadi jalan terbaik guna bisa menghindari atau mengobati jenis penyakit kulit ini secara efektif.

Sebenarnya Apa Itu Psoriasis?

Secara umum, psoriasis dapat diartikan sebagai suatu bentuk peradangan kulit yang timbul akibat terlalu cepatnya pertumbuhan sel baru pada kulit sebelum sel lama mati. Kondisi ini pada akhirnya membuat kulit Anda akan menjadi lebih tebal dan muncul ruam-ruam merah. Pada tingkatan lebih parah, kulit Anda akan menjadi bersisik akibat penyakit ini.

Bagian kulit yang paling mudah terkena psoriaris adalah bagian-bagian lipatan. Contohnya, ruam atau penebalan kulit akibat penyakit kulit ini pertama kali mudah di kisaran lipatan ketiak, sikut, maupun lipatan paha.

Sampai saat ini, psoriasis dibagi menjadi enam golongan berdasarkan ciri infeksinya masing-masing. Keenam jenis penyakit kulit ini, antara lain psoriasis plak, guttate, inverse, pustular, etriodermik, dan arthritis.

Kaum produktif yang berusia 15-35 tahun menjadi kelompok yang rentan terserang penyakit kulit satu ini. Umumnya, penyebab psoriaris muncul karena adanya masalah autoimun pada tubuh Anda. Ini berbeda dengan penyakit kulit lainnya yang biasanya menjangkit karnea menular dari orang lain.

Kenali Gejala Psoriasis

Jika psoriaris muncul, tentunya Anda perlu segera mengobatinya. Memakai salep bahkan berobat ke dokter kulit menjadi anjuran apabila Anda sudah terserah penyakit kulit yang sifatnya kambuhan ini. Namun, tentunya untuk bisa mengambil langkah penanganan tersebut, Anda mesti memahami terlebih dahulu mengenai gejala psoriasis.

Pertama gejala psoriasis plak, ciri-cirinya adalah muncul penebalan kulit pada area kulit yang terinfeksi. Tidak jarang penebalan kulit tersebut disertai dengan hadirnya ruam-ruam merah. Jika memasuki tahap parah, psoriasis plak bisa membuat kulit pecah-pecah hingga berdarah.

Ketika Anda mengalami psoriasis guttate, bukan ruam lagi yang muncul di kulit Anda. Secara tiba-tiba akan muncul benjolan kecil di berbagai area kulit tubuh, mulai dari kaki, lengan, sampai ke belakang telinga.

Rasa yang lebih sakit akan Anda rasakan apabila menderita psoriasis inverse. Biasa menyerang bagian liputan ketiak dan kelamik, penyakit kulit ini akan membuat kulit terasa pedih. Namun secara penampakan, psoriasis inverse hanya berupa bercak merah yang sangat halus.

Dari sisi penampakan, gejala psoriasis pustular akan lebih. Pasalnya, psoriasis pustular akan menimbulkan benjolan berisi nana pada bagian kulit. Sampai akhirnya, benjolan-benjolan tersebut akan berubah menjadi titik-titik cokelat ketika nanahnya telah mengering. Rasa sakit juga akan Anda rasakan akibat munculnya benjolan nanah tersebut.

Untuk psoriaris eritrodermik, ciri-cirinya adalah ruam merah yang mudah mengelupas. Rasa terbakar akan mengikuti Anda yang menderita jenis dari psoriasis yang satu ini.

Apabila Anda menderita psoriasis arthritis, gejala yang Anda alami akan lebih parah. Tidak sekadar ruam atau benjolan, Anda juga akan merasakan pembengkakan sendi yang membuat nyeri. Jika tidak segera ditangani, nyeri sendi akan semakin parah dan membuat kelainan bentuk sendi dalam waktu jangka panjang.

Pahami Penyebab Psoriasis

Meskipun amat ditentukan oleh sistem imun, psoriaris pada dasarnya akan mudah timbul jika dipicu oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang paling kuat menjadi penyebab psoriasis muncul adalah adanya infeksi dari virus atau bakteri lain yang menyerang tubuh Anda.

Karena itu, penerapan gaya hidup sehat dan bersih menjadi kunci untuk membuat Anda terhindar dari penyakit kulit yang satu ini. Dengan menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan, Anda tidak akan mudah terinfeksi virus ataupun bakteri. Jika tidak ada serangan virus ataupun bakteri, kondisi autoimun tubuh Anda bisa terjaga agar tidak mengeluarkan gejala psoriaris.

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih adalah dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri. Mencuci tangan dengan sabun bisa memastikan virus dan bakteri yang ada di tangan Anda akan mati dan tidak menginfeksi Anda jika tangan tersebut menyentuh bagian mulut, hidung, maupun mata Anda.

Berhati-hati dan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat menjadi hal mutlak untuk menghindarkan risiko yang memicu munculnya psoriaris. Sabun Lifebuoy pun bisa menjadi pilihan yang bijak untuk memastikan bakteri dan virus yang menjadi pemicu peradangan psoriasis benar-benar mati ketika Anda mencuci tangan.

 

Sumber:

halodoc.com/kenali-gejala-dan-penyebab-psoriasis-yang-bisa-menyebar-ke-seluruh-tubuh

hellosehat.com/kesehatan/penyakit/psoriasis-adalah-penyakit/

doktersehat.com/apa-itu-penyakit-psoriasis/

sains.kompas.com/read/2019/09/04/120900923/penyakit-psoriasis-dari-penyebab-gejala-hingga-penanganannya

alodokter.com/psoriasis

halodoc.com/kesehatan/psoriasis

hellosehat.com/kesehatan/penyakit/psoriasis-adalah-penyakit/

 

Diakses pada:

23 Juni 2020