Lifebuoy Kenali Gejala Penyakit yang Disebabkan Virus

Kenali Gejala Penyakit yang Disebabkan Virus

AddTHis is disabled because of cookie content

Ada begitu banyak penyakit yang disebabkan virus merajalela di sekitar kita. Sayangnya, hampir tidak mungkin untuk mendeteksi keberadaan virus yang menyebabkan penyakit-penyakit tersebut dengan mudah. Karena itu, jika gejala penyakit yang disebabkan oleh virus sudah tampak, perlu segera ditangani dengan benar.

Virus adalah jenis parasit terkecil yang ada di dunia, tetapi bisa menyebabkan penyakit-penyakit terparah seperti novel korona virus dan HIV. Penyakit yang disebabkan virus perlu penanganan khusus, berbeda dari menangani penyakit karena bakteri, meski gejalanya bisa sama. Untuk memahami lebih lanjut mengenainya, Anda perlu tahu penyakit yang disebabkan virus, beserta gejalanya.

Beberapa Penyakit yang Disebabkan Virus

Penyakit yang disebabkan virus memang sangat banyak, beberapa yang kerap terjadi di sekitar Anda antara lain:

1.       Flu

Flu lebih mudah menjangkiti manusia pada musim penghujan karena kondisi lembap membuat virus menyebar dengan lebih baik. Gejala yang umum dirasakan saat terkena flu adalah penderita mengalami demam, sakit kepala, mual bahkan hingga muntah, serta disertai dengan nyeri otot dan kelelahan amat sangat.

2.       Pilek

Penyakit pilek punya gejala yang lebih ringan dari flu, meski kadang orang rancu menyamakan keduanya. Saat terkena pilek, gejala yang muncul berupa bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk, hingga radang tenggorokan. Pilek lebih mudah menyerang anak-anak di bawah 6 tahun karena daya tahan tubuh mereka belum sempurna.

3.       Cacar air

Penyakit cacar air sering dialami anak-anak kecil hingga berusia 15 tahun, meski tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini. Gejala cacar air yang biasa muncul antara lain demam, mual, badan lemas, hilang nafsu makan, kepala pusing, hingga nyeri otot. Selain itu, pada kulit timbul ruam merah yang makin lama menyebar ke seluruh tubuh. Ruam merah ini makin lama makin menonjol, berisi air, dan kemudian pecah lalu kering.

4.       Demam berdarah dengue

Demam  Berdarah dengue atau DBD disebabkan virus dengue yang dibawa nyamuk. Gejala awal DBD melibatkan demam tinggi, serta adanya nyeri otot dan sendi. Selain itu, biasanya muncul ruam dan muntah-muntah serta sakit perut parah.

5.       Rabies

Penyakit rabies timbul akibat gigitan hewan yang terinfeksi virus rabies seperti anjing, kucing, hingga kelelawar. Gejala yang biasa diderita adalah munculnya demam, kelelahan, sakit kepala, kebingungan, halusinasi, hingga kelumpuhan.

Cara Meminimalkan Kemungkinan Terserang Virus Penyakit

Untuk meminimalkan penyebaran virus yang bisa menyebabkan berbagai penyakit di atas, Anda dan keluarga perlu membiasakan hidup bersih dan sehat. Imunitas tubuh pun perlu dijaga secara maksimal melalui makanan dan gaya hidup sehat.

Salah satu cara terbaik untuk menerapkan hidup sehat dan bersih adalah membiasakan cuci tangan sebelum makan. Kebiasaan ini sangat penting untuk memastikan tangan bersih dari kuman sebelum memakan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Anak-anak perlu diajari kebiasaan mencuci tangan sedari kecil setiap hari.

Anda bisa memaksimalkan aktivitas cuci tangan Anda sekeluarga menggunakan sabun cuci tangan dan sabun cair Lifebuoy yang kini telah hadir lewat berbagai varian baru. Dirancang secara khusus, masing-masing varian bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda. Formula barunya memastikan semua kuman yang biasa menyebabkan penyakit sehari-hari dapat dibasmi dengan sempurna. Karena itu, sangat penting untuk membiasakan diri Anda dan keluarga untuk menggunakan sabun Lifebuoy kapan pun Anda mencuci tangan.

 

Sumber:

alodokter.com/daftar-nama-penyakit-yang-disebabkan-oleh-virus

livescience.com/53272-what-is-a-virus.html

news-medical.net/health/What-is-a-Virus.aspx

alodokter.com/infeksi-virus

sains.kompas.com/read/2019/04/26/100732223/sama-sama-sebabkan-sakit-apa-beda-infeksi-bakteri-dan-virus?page=all

 

Diakses pada:

11 Februari 2020