Ini Cara Ampuh Sembuhkan Penyakit Kutu Air

Ini Cara Ampuh Sembuhkan Penyakit Kutu Air

AddTHis is disabled because of cookie content

Kutu air atau tinea pedis adalah penyakit kulit yang disebabkan infeksi jamur. Kutu air paling sering muncul di sela-sela jari kaki, menimbulkan ruam kemerahan yang menyebabkan kulit menjadi gatal dan bersisik. Kurangnya perhatian dalam menjaga kebersihan kaki membuat seseorang mudah terinfeksi penyakit kutu air; seperti kaus kaki yang jarang dicuci, menggunakan handuk dan pakaian berbarengan dengan orang lain, atau menggunakan sarana publik seperti pemandian umum.

Penyebab utama timbulnya kutu air adalah berbagai jenis jamur, salah satunya dermatophytes, jamur yang juga menjadi penyebab kurap. Berbagai jenis jamur ini hidup di tempat hangat dan lembab. Karena itu, pakaian yang kotor, kaus kaki yang sering dipakai namun jarang dicuci menjadi sarang bagi pertumbuhan jamur ini.

Kutu air tidak bisa dianggap remeh karena jika dibiarkan akan menular dan menimbulkan peradangan pada kelenjar getah bening. Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Berikut ini adalah cara ampuh sembuhkan penyakit kutu air.

1.    Rendam kaki dengan air hangat

Merendam kaki dengan air hangat dapat meredam gatal-gatal yang disebabkan kutu air. Anda juga dapat menambahkan garam ke dalam air hangat karena garam memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga bisa menyembuhkan kutu air dan menghambat penyebarannya.

2.    Gunakan salep antijamur

Bagi Anda yang sibuk dan terganggu dengan adanya kutu air, bisa gunakan salep antijamur yang tersedia di apotek. Contohnya seperti Miconazole atau Clotrimazole yang dapat mengobati infeksi jamur pada kulit.

3.    Pastikan kaki tetap kering dan bersih

Pastikan kaki Anda untuk tetap kering dan bersih. Hindari terlalu sering bersentuhan dengan air terutama air keran yang kotor. Air keran yang kotor bisa menjadi tempat pertumbuhan jamur yang menyebabkan kutu air.

4.    Gunakan Alkohol

Alkohol dapat berfungsi melawan jamur yang ada di kulit. Anda dapat mengoleskan alkohol pada kaki/tangan yang terkena kutu air. Selain itu, Anda dapat menambahkannya pada air hangat.

5.    Konsultasi dengan dokter kulit

Apabila masih sering gatal, kulit melepuh dan mengelupas sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan meresepkan obat serta salep yang bisa Anda gunakan untuk mengobati kutu air.

Agar terhindar dari kutu air, Anda dapat menggunakan produk antiseptik seperti sabun Lifebuoy Total 10 yang dibuat dari bahan antiseptik alami dan ampuh membunuh kuman. Selain Lifebuoy Total 10, terdapat juga Lifebuoy Mild Care yang cocok bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

 

Sumber:

alodokter.com/tinea-pedis

halodoc.com/kesehatan/kutu-air

hot.liputan6.com/read/4176599/penyebab-kutu-air-di-tangan-dan-cara-mengatasinya-secara-alami

id.theasianparent.com/kutu-air

parenting.orami.co.id/magazine/penyebab-dan-cara-mengatasi-kutu-air/

lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/hal-yang-harus-diperhatikan-saat-memilih-sabun-antiseptik.html

sehatq.com/artikel/dari-bahan-alami-hingga-obat-dokter-ini-obat-kutu-air-paling-ampuh

 

Diakses pada:

23 Juni 2020