Lifebuoy Cuci Tangan hingga Physical Distancing, Cegah Covid-19 dengan

Cuci Tangan hingga Physical Distancing, Cegah Covid-19 dengan Cara Ini

AddTHis is disabled because of cookie content

Hingga memasuki kuartal kedua 2020, pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan penurunan kasus. Lantas apa yang bisa Anda dan keluarga lakukan untuk ikut mencegah penularan dan penyebaran pandemi ini? Yuk, cari tahu selengkapnya bagaimana cara mencegah virus corona menyebar dimulai dari diri Anda sendiri.

Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 diketahui punya karakteristik penularan yang bisa menular lewat tetesan cairan, baik dari hidung maupun mulut. Metode penularan ini berisiko tinggi dalam kontak dengan penderita. Untuk itu, beberapa cara berikut bisa mencegah penularan Covid-19 dan melindungi diri Anda dan keluarga.

Cara Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19

 1.             Physical distancing

Menghindari kontak langsung jarak dekat bisa dilakukan secara maksimal dengan menerapkan physical distancing. Ini artinya Anda perlu mengambil jarak secara fisik dari orang-orang di sekitar Anda, khususnya ketika berada di ruang publik. Physical distancing juga menjadi begitu penting jika ada orang yang terinfeksi Covid-19 di lingkungan Anda. Physical distancing bisa melindungi orang-orang dengan risiko terkena Covid-19 parah jika dilakukan dengan baik dan benar.

Meski demikian, bukan berarti Anda tak boleh keluar rumah sama sekali. Jika ada kepentingan darurat atau untuk membeli bahan makanan, Anda bisa keluar rumah dengan mempersiapkan diri terlebih dahulu. Jangan lupa selalu bawa hand sanitizer Lifebuoy jika di luar tidak ada sabun dan air. Juga, biasakan cuci tangan pakai sabun lalu mandi sepulang dari luar rumah.

2.       Jaga kebersihan tangan

Virus corona bisa menempel di permukaan benda, kemudian menempel di tangan yang bersentuhan dengan benda tersebut. Karena itu, membersihkan tangan adalah salah satu cara untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona. Tentunya, membersihkan tangan harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut beberapa tipsnya:

a.       Cucilah tangan sebelum, ketika, dan setelah menyiapkan makanan. Ini akan memastikan tangan selalu bersih saat bersentuhan dengan makanan. Cuci juga tangan Anda sebelum makan.

b.       Anda juga wajib mencuci tangan setelah merawat orang sakit, khususnya yang mengalami muntah atau diare. Pastikan juga cuci tangan setelah menangani luka.

c.       Selain itu, cuci tangan wajib dilakukan setelah menggunakan toilet, mengganti popok, menyentuh hewan peliharaan, membuang sampah, serta setelah bersin atau batuk.

d.       Jangan lupa mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri yang sudah teruji kualitasnya. Anda bisa menggunakan Lifebuoy Hand Wash untuk membasmi kuman secara maksimal. Dengan formula terbarunya, berbagai virus dan kuman penyebab penyakit musnah seketika.

3.       Penggunaan masker yang tepat

Di tengah pandemi Covid-19, masker bisa sangat berguna bila digunakan dengan baik, atau malah merugikan banyak pihak jika tidak dipakai dengan semestinya. Bagi orang sehat, pemakaian masker tidak selalu memberikan manfaat yang diinginkan, terlebih jika sedang berada di tempat yang berisiko rendah. Sebaiknya hanya mereka yang sakit yang menggunakan masker agar tidak menularkan virus ke orang lain.

Orang yang sehat boleh menggunakan masker jika sedang merawat mereka yang sakit. Masker lebih bermanfaat untuk tenaga kesehatan yang memerlukannya. Orang sehat yang berlebihan memakai masker hanya akan membuat masker langka dan merugikan banyak pihak.

Semua usaha di atas bisa mendatangkan manfaat maksimal jika dilakukan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh anggota keluarga. Jika muncul gejala-gejala Covid-19, seperti demam tinggi di atas 38 derajat Celsius, batuk kering berkepanjangan, atau sesak napas, Anda harus segera menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan diri. Menangani gejala awal Covid-19 sejak dini dan melakukan karantina pribadi akan sangat mendukung usaha pencegahan dan penularan Covid-19.

 

Sumber:

lifebuoy.co.id/semua-artikel/infeksi-dan-pencegahannya/mengenal-novel-coronavirus-yang-menjadi-kekhawatiran-dunia.html

cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/about/prevention.html?CDC_AA_refVal=https%3A%2F%2Fwww.cdc.gov%2Fcoronavirus%2F2019-ncov%2Fabout%2Fprevention-treatment.html

cdc.gov/handwashing/when-how-handwashing.html

cdc.gov/handhygiene/firesafety/index.html

motherjones.com/politics/2020/03/you-might-be-buying-a-hand-sanitizer-that-wont-work-for-coronavirus/

cdc.gov/handwashing/show-me-the-science-hand-sanitizer.html

 

Diakses pada:

31 Maret 2020