Apa Penyebab Kulit Badan Bruntusan dan Gatal?

Apa Penyebab Kulit Badan Bruntusan dan Gatal?

Selain di wajah, bruntusan juga bisa muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk leher, punggung, bahu, dada, hingga lengan. Meski bukan kondisi yang berbahaya, namun tetap saja kemunculannya bisa mengganggu dan memengaruhi penampilan, apalagi bila bruntusan timbul di bagian tubuh yang terbuka, seperti wajah. Nah, agar kamu tidak mengalaminya, yuk ketahui penyebab bruntusan berikut ini.

Apa itu Bruntusan?

Secara umum, bruntusan adalah sebuah keadaan kulit yang permukaannya terasa kasar dan tidak rata. Ketika disentuh, bruntusan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol pada permukaan kulit. Selain menyebabkan tekstur kulit menjadi tidak rata, bruntusan juga umumnya disertai dengan rasa gatal yang intens. 

Sama seperti jerawat, bruntusan juga bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Biasanya, bruntusan muncul hanya pada 1 atau 2 titik saja. Tapi dalam beberapa kasus, kondisi ini juga bisa muncul secara bergerombol atau berkelompok pada beberapa area tubuh tertentu.

Lantas, Apa Penyebab Bruntusan di Kulit?

Berikut beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab munculnya bruntusan di kulit:

Dermatitis atopik
Penyebab bruntusan yang pertama adalah akibat dermatitis atopik. Kondisi ini biasanya ditandai dengan bintil kasar kemerahan yang disertai dengan rasa gatal dan perih di kulit. Meski belum diketahui secara pasti penyebab dermatitis atopik, tapi ada sejumlah faktor yang diduga berperan dalam memicu munculnya kondisi tersebut, mulai dari makanan, bulu hewan, bahan pakaian yang digunakan, infeksi kulit, perubahan hormon, dan cuaca.

Dermatitis kontak iritan/alergi
Penyebab bruntusan selanjutnya disebabkan oleh dermatitis kontak iritan/alergi. Kemunculan dermatitis kontak iritan/alergi biasanya ditandai dengan benjolan kecil, ruam kemerahan, serta gatal di area kulit. Walau tidak berbahaya, dermatitis kontak  iritan/alergi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi siapa saja yang mengalaminya. Sabun, detergen, serbuk gergaji, serbuk sari, bahan logam dalam perhiasan, karet, serta kosmetik adalah beberapa faktor yang bisa memicu munculnya kondisi tersebut. 

Psoriasis
Bruntusan juga bisa disebabkan oleh penyakit autoimun seperti psoriasis. Psoriasis ditandai dengan bercak merah pada kulit, bintik dengan ukuran kecil, kulit kering, kulit pecah-pecah, dan rasa gatal yang diikuti dengan nyeri sendi bengkak, dan kaku. Tak diketahui secara jelas apa yang menjadi penyebab psoriasis, namun gangguan sistem imun dan faktor genetik diduga berperan dalam memicu munculnya kondisi tersebut.

Pityriasis rosea
Kondisi lain yang dapat memicu bruntusan adalah pityriasis rosea. Benjolan kemerahan, ruam dan rasa gatal adalah gejala-gejala yang mungkin dirasakan oleh mereka yang mengalami kondisi tersebut. Sama seperti psoriasis, penyakit satu ini juga belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, para ahli menduga pityriasis rosea dipicu oleh infeksi virus herpes.

Kudis
Kudis adalah penyakit kulit menular yang ditandai dengan munculnya ruam bintik-bintik seperti jerawat yang diikuti dengan rasa gatal di kulit. Biasanya, penyakit kulit satu ini disebbabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei.

Alergi obat
Beberapa jenis obat juga bisa memicu alergi sehingga memberikan tampilan kulit yang bruntusan disertai dengan ruam kemerahan. Adapun jenis obat yang bisa menyebabkan alergi antara lain antibiotik, anti kejang, NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs), obat untuk penyakit autoimun, dan obat kemoterapi.

Cara Mengatasi Bruntusan di Tubuh

Cara efektif untuk mengatasi bruntusan di tubuh adalah menggunakan bedak atau salep. Bila bruntusan disertai dengan rasa gatal yang mengganggu, kamu bisa menggunakan bedak atau salep anti gatal. Selain menggunakan kedua obat tadi, mengatasi bruntusan di tubuh juga bisa  dilakukan dengan menjalani pola hidup bersih, seperti mandi secara teratur.


Supaya tubuh bisa terbebas dari kuman penyebab penyakit kulit, pastikan kamu mandi menggunakan Lifebuoy Sabun Cair Charcoal. Sabun cair satu ini mengandung antibacterial body wash yang dapat memberikan perlindungan 10 kali dari berbagai jenis kuman. Selain itu, Lifebuoy Sabun Cair Charcoal juga bisa meringankan rasa gatal dan kemerahan di kulit yang diakibatkan oleh kuman.

Apa Penyebab Kulit Badan Bruntusan dan Gatal?

Selebihnya dari Lifebuoy:

3 min read

Jangan Asal Pakai, Ini Jenis dan Cara Tepat Kenakan Masker Kesehatan

Bingung dengan banyaknya jenis masker untuk melindungi diri? Cari tahu jenis masker dan cara pakai yang tepat supaya efektif.

3 min read

Manfaat Charcoal Bagi Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar charcoal kini semakin banyak ditemukan di pasaran.

3 min read

Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

3 min read

Kini Langka, Simak Fakta Ini Sebelum Bikin Hand Sanitizer di Rumah

Bahan utama membuat hand sanitizer hanyalah alkohol dan gel lotion aloevera. Namun, amankah membuat sendiri hand sanitizer di rumah?