7 Manfaat Olahraga Selain untuk Menjaga Berat Badan Tubuh

Menurunkan berat badan mungkin jadi tujuan utama Anda rajin olahraga. Padahal, jika ditelaah lebih dalam, manfaat olahraga sebenarnya bukan hanya itu saja.

7 Manfaat Olahraga Selain untuk Menjaga Berat Badan Tubuh

Menurunkan berat badan  mungkin menjadi tujuan utama seseorang rajin berolahraga. Padahal, jika ditelaah lebih dalam, tujuan olahraga sebenarnya bukan hanya  itu saja. Ada segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rajin berolahraga, baik itu untuk kesehatan fisik maupun psikis. Lantas, apa saja manfaat olahraga untuk tubuh selain menurunkan berat badan? Biar kamu tidak penasaran, simak ulasannya berikut ini.

Ragam Manfaat Olahraga yang Perlu Kamu Tahu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tujuan seseorang olahraga tidak hanya sekadar untuk mendapatkan berat badan impian. Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas fisik satu ini, berikut uraiannya!

1. Memperbaiki Mood

Melakukan olahraga, seperti jalan kaki, senam, bersepeda, berenang, jogging, dan lainnya bisa menstimulasi produksi hormon serotonin dan endorfin di otak. Apabila kedua hormon tersebut meningkat, otomatis mood kamu akan menjadi lebih baik. Ini pula yang membuat kamu merasa lebih santai dan bahagia usai melakukan olahraga.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung Dan Menghindari Penyakit Kronis

Manfaat olahraga yang tak kalah menakjubkan adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Ini karena olahraga secara rutin, baik dalam intensitas ringan, sedang, maupun berat, bisa memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan low density-lipoprotein (LDL). Yang mana semua hal tersebut bisa mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

3.Meningkatkan Kualitas Tidur

Rutin berolahraga juga dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak. Energi yang terkuras ketika berolahraga dapat menstimulasi proses penyembuhan selama tidur. Hal inilah yang membuat kamu bisa tidur lebih nyenyak usai melakukan olahraga. Selain itu, peningkatan suhu tubuh selama berolahraga juga dianggap mampu meningkatkan kualitas tidur kamu.

4. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Manfaat olahraga lainnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat kamu rajin berolahraga, sel imun yang ada di tubuh akan ikut meningkat akibat adanya kontraksi otot selama melakukan aktivitas tersebut. Sehingga, makin banyak sel imun yang akan beredar di seluruh tubuh. 

Tidak selesai sampai di situ, rajin berolahraga juga dapat membantu tubuh dalam merekrut sel imun, seperti sel penyerang kuman dan sel T. Namun, penting untuk digarisbawahi, manfaat olahraga untuk daya tahan ini hanya berlaku jika kamu rutin berolahraga. Semakin kamu rutin berolahraga, maka semakin baik sistem imunitas kamu, begitu pun sebaliknya.

5. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, tulang akan kehilangan kepadatannya. Kondisi ini tentu perlu diwaspadai karena membuat seseorang menjadi rentan untuk terkena penyakit, seperti osteoporosis. Untungnya, kepadatan tulang bisa tetap dijaga meski usia sudah tak mudah, salah satunya dengan rutin berolahraga.

Beberapa olahraga yang diketahui efektif untuk meningkatkan kepadatan tulang di antaranya jalan kaki, lari (jogging), lompat tali, naik-turun tangga, senam, angkat beban, push-up, serta olahraga beregu, seperti sepak bola dan basket.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Mungkin beberapa dari kamu yang tidak percaya dengan manfaat olahraga satu ini, yaitu dapat meningkatkan daya ingat. Nyatanya hal tersebut memang benar adanya. Olahraga secara rutin telah terbukti dapat merangsang hippocampus untuk tumbuh, yaitu bagian otak yang berperan dalam daya ingat dan pembelajaran, sehingga bisa bekerja lebih optimal.

Tidak selesai sampai situ, olahraga juga terbukti dapat mengurangi perubahan pada otak yang dapatkan menyebabkan penyakit pada organ tersebut, seperti skizofrenia dan alzheimer.

7. Meningkatkan Gairah

Manfaat olahraga yang terakhir adalah dapat meningkatkan gairah seksual. Dengan rutin berolahraga, sistem kardiovaskular akan jadi lebih kuat, sirkulasi darah jadi lancar, otot lebih kuat, serta meningkatkan fleksibilitas tubuh. Semua itu tentu bisa memengaruhi kualitas gairah seksual kamu. Jadi, buat kamu yang merasa kurang bergairah ketika berhubungan intim, cobalah untuk rutin berolahraga.

Setelah lelah berolahraga, segarkan tubuh dengan Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh. Kandungan kristal mentol organik dari minyak daun pepermint di dalamnya membantu mengembalikan kesegaran tubuh dan memberikan sensasi dingin hingga 12 jam. Selain  itu, sabun ini juga efektif membersihkan kotoran hingga ke pori-pori terdalam.

 

Meningkatkan Gairah

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun