Tips Menjaga Kebersihan Makanan Agar Terhindar dari Penyakit

Tips Menjaga Kebersihan Makanan Agar Terhindar dari Penyakit

AddTHis is disabled because of cookie content

Salah satu hal paling penting yang wajib jadi perhatian setiap orang adalah kebersihan makanan. Menjaga kebersihan makanan bisa jadi salah satu cara untuk memastikan agar anggota keluarga dan diri sendiri tidak sampai terkena keracunan makanan. Apa saja tips menjaga kebersihan makanan yang tidak boleh lalai diperhatikan? Yuk lakukan 6 langkah sederhana berikut:

 

1.  Mencuci buah dan sayuran

Tips menjaga kebersihan makanan tidak terlepas dari saat persiapan dari awal. Pastikan selalu mencuci sayuran dan buah-buahan yang akan dikonsumsi. Ini bisa menjamin kebersihan makanan dan terbebas dari bakteri termasuk E. coli yang sering tertinggal di permukaan buah dan sayuran.

Saat mencuci buah dan sayuran, gunakan air mengalir dan gosok dengan perlahan. Boleh juga menggunakan wadah mangkok untuk membantu proses pencucian. Mulai dulu dari buah dan sayuran yang terlihat paling kotor hingga bilasan terakhir sudah bersih sempurna.

Tips menjaga kebersihan makanan yang satu ini juga dianjurkan dilakukan pada buah yang akan dikupas. Bersihkan dulu bagian kulit sebisa mungkin, baru membuang kulitnya dan sajikan.

 

2.  Membersihkan dan memisahkan peralatan masak

Setelah mencuci bahan sayuran, tentunya peralatan masak juga sudah harus dicuci dengan bersih setiap hari. Selain itu, tips menjaga kebersihan makanan yang penting selanjutnya adalah tahu cara memisahkan peralatan masak saat digunakan. Misalnya, jangan menggunakan pisau atau peralatan yang sama untuk mengolah makanan mentah dan makanan siap masak. Atau, tidak memotong bahan makanan yang berbeda pada tatakan sebelum dibilas.

Ini harus menjadi bagian dari tips menjaga kebersihan makanan supaya tidak terjadi cross contamination atau kontaminasi silang/transfer bakteri yang bisa mengakibatkan kurangnya kebersihan makanan.

 

3.  Memasak hingga matang sempurna

Memastikan masakan sudah matang sempurna adalah salah satu tips menjaga kebersihan terbaik. Untuk mengecek apakah makanan sudah matang sempurna, maka salah satu cara termudah adalah memastikan sudah mengeluarkan asap atau uap panas. Potong daging dan lihat apakah bagian tengahnya sudah berubah warna dan mengeluarkan asap.

Cara lebih aman lainnya bisa dengan menggunakan termometer makanan dengan target suhu 70°C selama lebih dari 2 menit, atau 75°C selama 30 detik pada bagian tengah atau bagian paling tebal dari bahan makanan.

 

4.  Cara penyimpanan bahan makanan

Bahan makanan harus dipastikan kebersihan, baik dari sejak persiapan hingga saat akan dikonsumsi. Pastikan tidak ada serangga yang hinggap seperti lalat, kecoa, tikus dan sejenisnya yang bisa membawa bakteri. Tips menjaga kebersihan makanan ini bisa dengan memanfaatkan tudung saji, lemari sayur, atau kulkas dan menyimpan makanan di area yang aman.

 

5.  Tidak mencuci daging mentah

Tips menjaga kebersihan makanan yang masih jarang diketahui, hindari mencuci daging mentah termasuk ayam, ikan dan makanan laut lainnya. Ini karena dikhawatirkan percikan air bisa mengenai peralatan masak. Selain itu, bakteri yang hinggap pada daging mentah juga tidak bisa serta merta bersih hanya dengan dicuci air.

Cara terbaik untuk mengolah daging mentah adalah dengan merendam seluruh bagian ke dalam air, kemudian gunakan perasan jeruk nipis sambil menggosok perlahan dan sebentar saja. Lalu langsung dimasak hingga matang atau bekukan dan siap untuk diolah selanjutnya tanpa harus dicuci lagi.

 

6.  Senantiasa membersihkan tangan

Tips menjaga kebersihan makanan terakhir yang tidak boleh lalai dipraktekkan yaitu mencuci tangan. Cucilah tangan ketika:

-          Sebelum mengolah bahan makanan

-          Saat mengolah bahan makanan yang berbeda

-          Setelah selesai mengolah bahan makanan

-          Sebelum makan

 

Mencuci tangan yang benar juga sebaiknya selama durasi 20 detik dengan sabun yang berkualitas. Gunakan Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10 yang sudah mengandung Activ Silver Formula untuk perlindungan dari 10 kuman penyebab masalah kesehatan. Sabun cuci tangan keluarga Lifebuoy bekerja total dan menyeluruh dan formula mutakhirnya telah terbukti melindungi dari kuman dalam 10 detik.

lifebuoy total 10