Tips Memilih Sabun Green Tea untuk Digunakan Sehari-hari

Tips Memilih Sabun Green Tea untuk Digunakan Sehari-hari

AddTHis is disabled because of cookie content

Belakangan ini, popularitas green tea di tengah masyarakat semakin meningkat. Tak hanya dalam bentuk aslinya, yaitu teh, green tea juga dihadirkan dalam berbagai bentuk produk lain. Sebut saja snack, cokelat, hingga produk kebersihan seperti sabun. Khusus pada produk kebersihan dan kecantikan, kandungan green tea kerap dihadirkan karena memiliki segudang manfaat untuk tubuh dan kulit. Meski saat ini ada banyak produk sabun green tea yang dijual di pasaran, tak semuanya tepat digunakan dan bisa memberi manfaat maksimal. Agar bisa memilih produk sabun green tea yang tepat untuk Anda dan keluarga, simak beberapa tipsnya di artikel ini.

Green Tea, Tanaman dengan Segudang Manfaat untuk Kulit

Green tea sudah lama dikenal memiliki begitu banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Mulai dari meningkatkan memori, menambah energi, hingga memperbaiki imunitas. Namun, selain bermanfaat bagi kesehatan, green tea ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk kulit dan kecantikan, lho. Berikut ini beberapa manfaat green tea bagi kulit yang sudah diteliti dan terbukti secara ilmiah:

1. Melawan Efek Penuaan

Green tea memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan pada kulit. Dalam hal ini, kandungan yang berperan adalah katekin EGCG, yang terkandung dalam jumlah besar pada green tea. Penelitian membuktikan bahwa katekin EGCG mampu mengaktifkan kembali sel kulit yang hampir mati. Selain itu, kandungan antioksidan lain dalam green tea juga mampu mencegah kerusakan karena radikal bebas dan mendorong peremajaan sel kulit. Hasilnya, bintik hitam dan keriput dapat berkurang.

2. Mengurangi Iritasi dan Kemerahan pada Wajah

Katekin pada green tea juga memiliki sifat antiinflamasi dan bisa memerangi kuman. Itu sebabnya, green tea secara umum juga berkhasiat mengatasi iritasi pada kulit, menghilangkan kemerahan, bahkan mengurangi pembengkakan pada wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu menggunakan green tea sebagai masker wajah.

3. Menghilangkan Jerawat

Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa green tea mampu mengatasi masalah jerawat ringan hingga berat. Sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan pada green tea mengurangi gejala-gejala timbulnya jerawat hingga 50 persen. Bahkan, pada penelitian yang melibatkan lotion green tea, pemakaian dua kali sehari selama 6 minggu mampu mengurangi luka jerawat hingga 56 persen!

4. Bermanfaat dalam Eksfoliasi Kulit

Tak hanya memiliki kandungan bermanfaat, daun green tea sejak lama telah dimanfaatkan sebagai scrub untuk mengangkat kulit kering. Lewat teksturnya yang sedikit kasar, green tea mampu menghilangkan sel kulit mati. Proses ini merangsang kulit untuk menumbuhkan sel kulit baru yang lebih muda, segar, dan bercahaya.

5. Menyamarkan Lingkaran Hitam dan Bengkak pada Mata

Saat Anda terlalu sering begadang atau lelah, timbul lingkaran hitam di mata. Selain mengganggu penampilan, hal ini juga menyebabkan mata terasa tak nyaman. Cara terbaik mengatasi hal ini tentu adalah dengan tidur dan beristirahat cukup. Namun, jika Anda tak bisa melakukannya, green tea bisa dijadikan solusi. Ya, kandungan antioksidan dan tanin pada teh hijau bisa membantu menyusutkan pembuluh darah di sekitar mata, sehingga mata bengkak dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa hilang.

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Kandungan tanin pada green tea mampu bertindak mengecilkan pori-pori. Oleh karena itu, green tea juga dimanfaatkan untuk mengatasi kulit berminyak. Dengan mengecilnya pori-pori, minyak alami kulit atau sebum menjadi tak lagi banyak keluar. Kemampuan tanin untuk mengecilkan pori-pori juga membuat kulit tak mudah kotor karena tak ada kuman maupun kotoran yang mengendap di pori-pori tubuh.

7. Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Karakter teh hijau yang bersifat antiinflamasi dan mengurangi kemerahan pada kulit ternyata juga membantu memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar matahari. Menurut penelitian, konsumsi dua cangkir green tea setiap hari akan sangat membantu menetralisir kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

Bagaimana Memilih Sabun Green Tea yang Baik?

Jika demi mendapatkan semua manfaat green tea tersebut Anda harus bersusah payah mengolah daun teh hijau, tentu akan cukup merepotkan. Untungnya, manfaat green tea untuk kesehatan dan kecantikan kulit kini bisa didapatkan lebih mudah melalui sabun green tea. Meski ada banyak produk sabun green tea yang bisa ditemukan di pasaran, tidak semua menawarkan manfaat yang mumpuni. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk lebih cermat memilih produk dan merek sabun green tea yang hendak digunakan sehari-hari. Beberapa tips ini bisa dijadikan referensi untuk memilih produk sabun green tea dengan manfaat dan kualitas mumpuni:

1.  Memberikan Perlindungan Maksimal Terhadap Kuman

Alasan utama Anda perlu menggunakan sabun saat mandi maupun membersihkan diri tentu adalah untuk menghilangkan kuman yang menempel akibat aktivitas sehari-hari. Itu sebabnya, dalam memilih sabun green tea pun Anda sebaiknya mempertimbangkan faktor perlindungan terhadap kuman. Pilih produk sabun green tea yang juga bersifat antibacterial, sehingga efektif melindungi tubuh.

2. Bisa Membantu Melawan Masalah Kulit

Ada banyak masalah kulit yang rentan menghantui, dan sebagian besar di antaranya disebabkan karena kontaminasi kuman dan bakteri. Sebut saja seperti gatal-gatal, kemerahan, hingga kulit bersisik. Sabun green tea yang baik tak hanya berfungsi membersihkan, namun juga bisa membantu melawan masalah kesehatan kulit. Tak hanya itu, pastikan sabun green tea tersebut juga bisa menjaga kelembapan tubuh.

3. Mampu Melakukan Detoksifikasi Kuman dan Polusi

Diakui atau tidak, kualitas udara dan lingkungan di sekitar kita memang semakin memprihatinkan. Ancaman radikal bebas hingga polusi sangat rentan menghantui setiap kali Anda beraktivitas di luar ruangan. Mengingat fungsi green tea sebagai antioksidan alami, alangkah baiknya jika sabun green tea yang Anda pilih juga dirancang ampuh melakukan detoksifikasi terhadap partikel polusi, sebum, maupun debu. Dengan begitu, kulit Anda akan benar-benar bersih dan segar setelah seharian beraktivitas.

4. Dipadukan dengan Bahan Alami Tambahan

Jika sabun dengan kandungan green tea saja sudah bisa memberikan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, apa jadinya jika sabun tersebut juga dirancang dengan bahan alami lain? Hasilnya, tentu saja adalah produk sabun green tea yang memberikan beragam manfaat sekaligus. Sebagai contoh, Anda bisa memilih produk sabun green tea yang dipadukan dengan aloe vera, sehingga manfaat yang bisa didapatkan juga semakin berlipat ganda.

5. Memiliki Aroma Segar dan Tahan Lama

Hal lain yang menjadi nilai tambah sebuah sabun adalah aromanya. Tanpa dilengkapi keharuman yang tahan lama, manfaat sabun untuk menyegarkan tubuh tentu tak akan didapatkan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memilih produk sabun green tea yang dirancang dengan keharuman kuat dan tahan lama. Aroma green tea yang menenangkan juga bisa membuat Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Beragam manfaat sabun green tea yang baik tersebut salah satunya bisa Anda dapatkan pada produk Lifebuoy Matcha Soap. Dihadirkan dengan memadukan manfaat green tea dan aloe vera, Lifebuoy Matcha Soap bisa memberikan perlindungan terhadap kuman hingga 10 kali lebih baik dibandingkan sabun biasa. Tak hanya itu, sabun green tea ini juga dihadirkan dengan manfaat detoksifikasi, sehingga ampuh membersihkan tubuh dari partikel polusi, debu, hingga kuman penyebab masalah kulit. Pastikan Anda tidak salah memilih sabun green tea yang tepat untuk digunakan bersama keluarga dan orang-orang tercinta, ya.

Referensi:

 

  • naturallivingideas.com/green-tea-on-face/
  • webmd.com/beauty/news/20000817/green-tea-could-be-good-for-your-skin-study-finds#1
  • 100percentpure.com/blogs/feed/top-6-benefits-green-tea-for-skin
  • cupandleaf.com/blog/green-tea-for-skin