Lifebuoy Tips Cermat Hemat Belanja Bulanan

Tips Cermat Hemat Belanja Bulanan

AddTHis is disabled because of cookie content

Bagi banyak ibu, belanja bulanan adalah momen menyenangkan yang sangat ditunggu, sekaligus dikhawatirkan. Kenapa bisa begitu? Ya, belanja bulanan menyenangkan karena bisa mengakomodasi hasrat belanja para ibu, tetapi juga menakutkan karena tak terasa bisa menghabiskan banyak uang sekaligus! Nah, kalau tak ingin jatah bulanan langsung jebol, Anda perlu tahu tips cermat hemat belanja bulanan berikut ini!

1.       Membuat daftar belanja

Membuat daftar belanja adalah poin terpenting dalam belanja bulanan agar Anda bisa fokus membeli barang yang dibutuhkan saja. Buat daftar kebutuhan barang selama sebulan, termasuk bahan pokok dan kebutuhan bulanan lainnya. Dengan mengetahui apa saja yang perlu dibeli, Anda bisa terhindar dari lapar mata untuk membeli berbagai barang konsumtif lain.

Jika daftar belanja bulanan tampak terlalu banyak, Anda bisa menetapkan alokasi dana dan menyusun daftar prioritas dari yang paling penting hingga yang kurang penting. Bisa juga menyortir daftar belanjaan dari barang yang benar-benar sudah habis di rumah hingga yang masih ada stok. Tak ada salahnya untuk menyiapkan alokasi dana untuk hal-hal yang tak terduga.

2.       Menyesuaikan tempat belanja

Kalau sudah bicara soal belanja bulanan, Anda perlu memilih tempat belanja yang tepat. Dikarenakan Anda akan membeli barang dalam jumlah yang cukup banyak, sebaiknya tidak berbelanja di tempat yang memiliki selisih harga sedikit lebih mahal dari harga normal. Selisih sedikit untuk satu barang akan menjadi cukup besar karena Anda membeli barang dalam jumlah yang banyak.

Anda perlu memilih tempat belanja dengan harga terjangkau seperti swalayan yang sering memberi diskon, pasar, atau supermarket grosir. Jika ada tempat lain yang Anda tahu lebih murah, wajib untuk berbelanja di tempat tersebut.

3.       Memanfaatkan diskon & kartu member

Mengingat Anda akan berbelanja dalam jumlah banyak, memanfaatkan diskon yang diberikan tempat belanja akan membuat Anda banyak berhemat. Cari tahu kapan biasanya tempat belanja Anda memberikan diskon terbesar. Kebanyakan tempat belanja memberi diskon di akhir minggu.

Anda juga bisa memanfaatkan kartu member yang Anda miliki. Banyak tempat belanja yang memberikan lebih banyak potongan harga bahkan reward kepada membernya. Memilih waktu yang tepat sekaligus memanfaatkan diskon member akan memberikan penghematan lumayan banyak.

4.       Pilih barang yang murah dan berkualitas

Meski sudah membuat daftar belanja untuk menghindari membeli barang yang tak dibutuhkan, masih ada beragam merek untuk berbagai jenis barang dalam daftar belanjaan. Untuk barang yang sama, bisa ada dua atau lebih merek dengan harga yang berbeda. Dalam situasi demikian, Anda perlu membandingkan harga dan memilih barang yang murah namun tetap berkualitas.

Salah satu contoh yang bisa Anda coba adalah dalam memilih sabun untuk kebutuhan sehari-hari Anda dan keluarga. Alih-alih sabun dengan merek mahal yang menggunakan wangi ala parfum berkelas, Anda bisa memilih sabun cair Lifebuoy kemasan Goceng dengan harga Rp 5.000 yang dapat digunakan hingga 20x mandi dan tersedia dalam tiga varian, Total10, Lemon Fresh, dan Charcoal.

Bahkan untuk satu sabun batang Lifebuoy yang memberikan perlindungan maksimal dari kuman dan bakteri, Anda cukup mengeluarkan uang antara Rp 3.000-4.000 saja. Tak harus mahal, yang penting kualitas telah teruji dan mampu membasmi kuman hingga tuntas.

Jika Anda memiliki dana lebih, sangat disarankan untuk memilih sabun cair Lifebuoy demi menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga Anda. Sabun Cair Lifebuoy hadir dalam beragam varian yang dirancang untuk memberikan manfaat yang spesifik untuk berbagai kebutuhan keluarga Anda. Selamat berbelanja bulanan dengan trik cermat hemat di atas!

 

Sumber:

cermati.com/artikel/14-strategi-belanja-bulanan-hemat-di-supermaket

cermati.com/artikel/8-cara-pintar-kelola-belanja-bulanan

liputan6.com/bisnis/read/3912565/sontek-7-trik-jitu-belanja-bulanan-untuk-ibu-rumah-tangga

sunlight.co.id/artikel/detil/1332054/15-cara-menghemat-uang-belanja-bulanan-untuk-ibu-rumah-tangga

 

Diakses pada:

12 Februari 2020