3 Waktu yang Disarankan untuk Cuci Tangan saat Idul Adha

3 Waktu yang Disarankan untuk Cuci Tangan saat Idul Adha

Kuman tentu ada di mana-mana. Bahkan, di setiap kegiatan yang kita lakukan, ia selalu mengawasi dan menunggu kita lengah untuk menginfeksi. Jangan biarkan kuman terus mengancam kesehatan keluarga Anda, terutama saat hari-hari spesial seperti Idul Adha. Cegah dengan cuci tangan pakai sabun sebagai salah satu bentuk langkah preventif termudah terhadap infeksi kuman, terutama di tiga waktu rawan berikut.

Setelah memotong hewan kurban
Anda berencana mengadakan kegiatan pemotongan hewan kurban sendiri di rumah? Jika ya, waspadalah akan infeksi kuman selama kegiatan berlangsung dan setelahnya. Segera cuci tangan pakai sabun saat proses pemotongan hewan selesai. Selain itu, cuci juga pakaian yang dikenakan dengan air hangat dan deterjen agar kuman yang menempel dapat hilang. Dan, jangan lupa, bersihkan sisa darah hewan kurban dan peralatan sesegera mungkin setelah pemotongan selesai agar kuman tak sempat bersarang.

Sebelum dan setelah memasak hewan kurban
Waspadalah saat akan memasak daging kurban. Bisa jadi daging sudah terkontaminasi kuman. Hal ini wajar terjadi mengingat pemotongan hewan kurban yang dilakukan di tempat terbuka biasanya sudah dihinggapi segerombolan lalat. Daging juga sering kali dibiarkan begitu saja tanpa ditutupi dalam waktu yang cukup lama sebelum dibagikan. Nah, agar keluarga terhindar dari infeksi kuman, bersihkan daging dengan air mengalir lalu masak hingga benar-benar matang. Jika daging masih bersisa, segera amankan. Jangan dibiarkan berada dalam suhu ruangan terlalu lama, apalagi tanpa penutup.

Sebelum menikmati hidangan daging kurban
Cuci tangan pakai sabun juga perlu dilakukan sebelum menikmati hidangan. Apalagi, jika Anda dan keluarga memutuskan untuk makan tanpa sendok. Hal ini dilakukan guna mencegah infeksi kuman yang terjadi akibat perpindahan kuman dari tangan ke mulut dan makanan. Jika perlu, letakkan sabun cuci tangan di dekat tempat makan agar mudah dijangkau. Cara ini diharapkan bisa mengatasi rasa malas cuci tangan sebelum makan yang umumnya terjadi, terutama pada anak-anak.
Cuci tangan pakai sabun memang kadangkala terlewatkan akibat antusiasme saat memotong hewan kurban atau saat hendak menikmati hidangan daging kurban. Nah, mulai kali ini, jangan biarkan hal tersebut menjadi kebiasaan yang justru merugikan kesehatan. Ingatlah mengenai beragam manfaat kesehatan yang akan hilang jika Anda melewatkan cuci tangan, terutama pada ketiga waktu rawan saat Idul Adha tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menjadi contoh yang baik bagi keluarga, terutama si kecil.

Selebihnya dari Lifebuoy:

Mencermati Gejala dan Pertolongan Pertama pada Infeksi Saluran Pencernaan

Mencermati Gejala dan Pertolongan Pertama pada Infeksi Saluran Pencernaan

3 min read

Kebiasaan Kecil Ajarkan Kebersihan Lingkungaan kepada Anak

Lima Kebiasaan ini dapat Anda lakukan bersama si kecil dalam menjaga kebersihan lingkungan.

3 min read

5 Perawatan Kulit Mulus yang Bisa Dilakukan di Rumah Aja

Mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga kebersihan kulit bisa membuat tampilan kulit menjadi mulus, tanpa mesti perawatan ke salon.

3 min read

Begini Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Bunuh Virus Corona

Mencuci tangan dengan sabun antibakteri bisa membunuh virus dan bakteri hingga 99,9%.