10 Manfaat Minum Air Hangat bagi Kesehatan Tubuh

Minum air hangat bisa membuat tubuh lebih sehat karena sistem darah maupun pencernaan menjadi lebih lancar.

Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan?

Beberapa pengobatan tradisional dari peradapan China maupun India kuno menyebut air hangat merupakan media penyembuh yang andal untuk mengusir berbagai penyakit dalam tubuh. Idealnya, suhu air yang tergolong hangat dan bisa membuat tubuh lebih sehat adalah berkisar 38—40 derajat Celsius.

Secara umum, air hangat menjadi lebih bermanfaat daripada air dingin untuk menjaga kesehatan karena jenis air dengan suhu agak tinggi ini lebih lancar terserap oleh berbagai organ tubuh. Alhasil, sejumlah manfaat minum air hangat akan lebih Anda rasakan ketika mengonsumsinya secara rutin dibandingkan ketika mengonsumsi air dingin.

Berikut ini adalah 10 manfaat minum air hangat yang berperan penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk bisa memperoleh segala manfaat ini, tentunya Anda bukan hanya perlu sekali minum air hangat, melainkan mengonsumsinya secara rutin setidanya 3—4 kali dalam seminggu.

1.    Melancarkan Pencernaan

Minum air hangat bisa memperlebar pembuluh darah. Efek positifnya adalah aliran darah menuju usus menjadi lebih lancar sehingga membantu proses kerja pencernaan. Berbagai masalah pencernaan pun dapat dihindari, salah satunmya terkait sembelit.

2.    Menjaga Berat Badan

Dibandingkan air dingin, minum air hangat lebih ampuh menjaga berat badan Anda. Dengan suhu yang lebih tinggi, air hangat bisa membakar kalori sekaligus mencegah kelebihan bobot air dalam tubuh. Berat badan ideal pun menjadi lebih terjaga.

3.    Menghambat Penuaan

Salah satu manfaat minum air hangat yang luar biasa adalah kemampuannya menghambat penuaan tubuh. Air hangat mampu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga menghindarkan Anda dari penuaan dini. Dengan minum air hangat, sel-sel baru pun menjadi lebih mudah terbentuk.

4.    Meningkatkan Elastisitas Kulit

Air hangat membuat sel-sel baru pada tubuh menjadi terangsang terbentuk. Kondisi ini pun berimbas pada kondisi kulit Anda. Orang yang rutin mengonsumsi air hangat pada akhirnya memiliki kulit yang lebih elastis dan lebih lembap.

5.    Mengoptimalkan Fungsi Saraf

Sistem saraf dapat menjadi lebih lega ketika Anda rutin mengonsumsi air hangat. Dengan sistem saraf yang lebih lega, fungsi tubuh akan lebih optimal sehingga berbagai rasa sakit dapat dihindari.

6.    Mengatasi Keluhan Gigi

Kalau Anda mempunyai keluhan gigi sensitif atau gigi berlubang, cobalah rutin mengonsumsi air hangat. Air dingin hanya akan terus memicu keluhan gigi Anda. Sebaliknya ketika minum air hangat, gigi akan terasa lebih nyaman karena suhu air yang cukup tinggi membuatnya lebih mudah terserap tanpa menimbulkan restorasi pada gigi yang bermasalah.

7.    Meredakan Rasa Pedas

Ketika Anda merasa kepedasan, segeralah minum air hangat. Nyatanya suhut air yang berkisar 38—40 derajast Celsius lebih mampu melarutkan senyawa capcaisin yang menimbulkan rasa pedas. Rasa yang menganggu tersebut pun akan lebih reda dan Anda menjadi lebih lega.

8.    Menyembuhkan Hidung Tersumbat

Anda termasuk orang yang memiliki keluhan hidung tersumbat, khususnya pada pagi hari? Anda bisa memulihkan kondisi tersebut dengan rutin minum air hangat sehabis bangun pagi. Air hangat mampu mempercepat laju perjalanan lendir di kerongkongan dan tenggorokan yang menyebabkan hidung tersumbat.

9.    Melancarkan Peredaran Darah

Sistem peredaran darah yang lancar dapat menghindarkan Anda dari risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner maupun stroke. Manfaat minum air hangat sendiri salah satunya adalah melancarkan sistem peredaran darah. Dengan rutin mengonsumsi air hangat, risiko penumpukan lemak dalam peredaran darah dapat dikurangi sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

10.    Membuang Racun Tubuh

Saat Anda rajin minum air hangat, Anda akan lebih mudah berkeringat karena sistem endokrin teraktivasi secara maksimal. Mengucurnya keringat sendiri berfungsi membantu membuang racun tubuh yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Dengan racun yang terbuang, sistem imun tubuh pun akan lebih kuat.

Rutin minum air hangat merupakan salah satu gaya hidup kesehatan yang simpel, namun penuh manfaat, yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di luar, menjadi lebih baik Anda juga melakukan berbagai kebiasaan baik lainnya yang menunjang kesehatan. Contohnya adalah selalu menjaga kebersihan tubuh dengan produk Lifebuoy yang mampu menghindarkan Anda dari serangan bakteri maupun virus.

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun