Pilihan Olahraga untuk Kembali Fit saat New Normal

Pilihan Olahraga untuk Kembali Fit saat New Normal

AddTHis is disabled because of cookie content

COVID-19 telah memaksa banyak orang hanya berdiam diri di rumah untuk melakukan beragam aktivitas. Tanpa disadari, tubuh menjadi kurang bergerak yang justru membuat imunitas menurun. Baiknya walaupun saat ini masih pandemi, Anda tetap melakukan aktivitas fisik yang cukup dengan berolahraga.

Olahraga saat new normal karena kondisi penyebaran virus corona yang belum kunjung mereda sah-sah saja asalkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Anda pun bisa melakukan beragam jenis olahraga baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

Namun, sebelum menentukan jenis olahraga yang Anda senangi untuk dijalani pada era adaptasi baru ini, sebaiknya Anda jeli melihat jenis olahraga apa yang aman dilakukan. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan Anda.

Olahraga Aman

Olahraga yang aman dilakukan pada era pandemi COVID-19 dan bisa menyehatkan badan. Ini tentunya tanpa menambah risiko terpapar virus corona. Berikut beberapa pilihannya.

1.    Jogging dan Lari

Olahraga yang satu ini sudah murah, mudah, juga aman dilakukan di era new normal. Berlari bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Hanya saja, disarankan untuk memilih tempat olahraga yang relatif sepi dan memiliki banyak pepohonan.

2.    Bersepeda

Tren bersepeda makin bergejolak ketika pandemi COVID-19 muncul. Bukan tanpa alasan, jenis olahraga ini mampu meningkatkan stamina serta melatih otot-otot Anda. Menjadikan Bersepeda sebagai pilihan olahraga saat new normal pun sangat bijak karena jenis kegiatan ini tidak berinteraksi dengan orang lain.

3.    Yoga

Meskipun terlihat simpel dan bergerak secara lamban, nyatanya yoga mampu membakar kalori dalam jumlah besar dan melatih saraf-saraf motorik besar sampai halus. Jenis olahraga ini cocok dilakukan saat era new normal karena bisa dilakukan dari rumah saja. Anda pun tidak harus berkerumun dengan orang banyak ketika melakukan jenis olahraga ini.

4.    Skipping

Skipping sangat cocok dijadikan pilihan olahraga selama era pandemi. Jenis olahraga ini bisa dilakukan di halaman rumah, tanpa mengharuskan Anda berinteraksi dengan orang lain. Manfaatnya untuk menjaga kebugaran juga tidak perlu diragukan.

5.    Bulu Tangkis

Bermain bulu tangkis juga dapat menjadi alternatif olahraga saat new normal. Jenis olahraga ini menerapkan prinsip jaga jarak antar pemain sehingga tetap sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Olahraga yang Sebaiknya Dihindari

Nyatanya sampai saat ini banyak olahraga favorit masyarakat yang justru bisa memicu penyebaran virus corona yang lebih luas. Berikut ini beberapa jenis olahraga penuh risiko yang lebih baik dihindari selama masa pandemi.

1.    Fitness

Fitness saat new normal baiknya tidak Anda lakukan. Olahraga yang bertujuan membentuk otot-otot tubuh ini menjadi berbahaya dilakukan saat era pandemi karena tempat berkegiatannya relatif di ruangan tertutup berpendingin udara. Ruang tertutup dengan pendingin udara membuat virus lebih cepat menyebar. Dikarenakan alasan yang sama, Anda sebaiknya tidak melakukan fitness di gym saat COVID-19 masih ada.

2.    Senam

Senam juga menjadi olahraga penuh risiko yang tidak disarankan selama virus corona belum dapat teratasi. Ini karena umumnya kegiatan senam dilakukan beramai-ramai sehingga memicu kerumunan. Jika sudah demikian, protokol jaga jarak pun akan mudah dilanggar.

3.    Sepak Bola

Sepak bola ataupun futsal menjadi jenis olahraga yang mungkin sangat dirindukan selama masa new normal ini. Namun demi kesehatan bersama, bersabarlah untuk tidak melakukan olahraga yang satu ini. Sepak bola maupun futsal rentan menimbulkan kontak fisik antarpemain sehingga membuat penyebaran COVID-19 lebih rentan.

Selain memilih olahraga saat new normal secara tepat guna menjaga kebugaran, Anda tetap harus memperhatikan kebersian demi menghalau penyebaran virus. Tetap biasakan membersihkan tangan dengan cuci tangan menggunakan sabun antiseptik ataupun handsanitizer. Jangan lupa untuk selalu mandi sehabis berolahraga. Anda bisa mengandalkan beragam produk Lifebuboy untuk berbagai keperluan menjaga kebersihan diri.

 

Sumber:

cantik.tempo.co/read/1353305/olahraga-jadi-rutinitas-saat-new-normal-coba-6-langkah-ini/full&view=ok

kompas.tv/article/89126/wajib-tahu-tips-aman-berolahraga-di-masa-new-normal

sports.sindonews.com/read/74214/51/10-olahraga-favorit-saat-new-normal-1592485617

cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200515123513-255-503697/olahraga-di-masa-new-normal-aturan-dan-ragam-kekeliruan