Perilaku Hidup Bersih, Cerminan Hati yang Bersih

Perilaku Hidup Bersih, Cerminan Hati yang Bersih

Ketika kecil, seringkali kita mendengar ungkapan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Hal ini dijelaskan lebih lanjut dalam riwayat imam thabrani, sebagaimana Rasulullah bersabda "Buanglah sisa-sisa makanan di gigimu karena perbuatan itu adalah kebersihan. Dan kebersihan itu akan mengajak seseorang pada iman, adapun iman itu akan bersama orang yang memilikinya dalam surga." (HR. At-Thabrani).

Melalui hadis tersebut dapat disimpulkan jika di dalam kebersihan itu terdapat keimanan karena kebersihan mengajak seseorang  pada keimanan dan keimanan menuntun pada ketakwaan kemudian ketakwaan menuntun manusia ke surga. Selain itu, hidup yang bersih pun membuat ibadah menjadi lancar dan hati menjadi tenang.

Hati yang bersih lahir dari perilaku yang bersih. Semakin kita menerapkan pola hidup bersih dan sehat di kehidupan sehari-hari maka hidup akan jauh lebih nyaman dan hati menjadi tenteram. Perilaku hidup bersih juga merupakan cerminan hati yang bersih. Karena mereka yang menjaga kebersihan nya akan selalu senantiasa mensucikan dirinya. Agar memiliki hati yang bersih, yuk praktikan perilaku hidup bersih di bawah ini.

 

1.  Mandi secara teratur menggunakan air bersih

Islam sangat menyukai keindahan, dan hal ini bisa terlihat dari tuntunan Rasulullah untuk berhadas atau bersuci sebelum hendak beribadah. Salah satunya yaitu dengan mandi dan berwudhu. Hendaklah kamu membiasakan mandi secara teratur dan menggunakan air bersih minimal dua kali sehari sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Aktivitas yang padat dan berada di luar ruangan membuat pakaian yang menempel di badan menjadi kotor, dan jika kamu tidak mandi maka berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit akan menempel di kulit. Jadi jangan lupa biasakan untuk mandi secara teratur menggunakan air bersih ya.

 

2.  Konsumsi makanan yang bergizi

Selain menjaga kebersihan, kamu juga harus memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika yang terus menerus masuk ke tubuhmu adalah makanan tidak sehat seperti fast food, gorengan, dan minuman berkalori tinggi, akibatnya kesehatan pencernaan akan terganggu dan mengganggu kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Konsumsilah makanan yang bergizi seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Imbangi dengan zat gizi penting lainnya seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin yang banyak terdapat dalam makanan-makanan sehat. Seperti nasi merah, ikan, alpukat, bayam, brokoli, susu, dsb. Konsumsi makanan tersebut secara seimbang agar tubuhmu tetap sehat dan bersemangat.

 

3.  Berolahraga secara rutin

Nah, aktivitas fisik yang mungkin tergolong "berat" untuk dilakukan tetapi mempunyai segudang manfaat adalah berolahraga. Berolahraga secara rutin mungkin akan berat dilakukan jika kamu jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga.

Mulai saat ini, cobalah untuk disiplin berolahraga. Kamu bisa mulai melakukannya ketika weekend, misalnya berjalan kaki di sekitar komplek di pagi hari kemudian lanjut lagi di sore hari. Lakukan hal tersebut secara rutin setiap minggu, lama kelamaan kamu akan terbiasa dan siap untuk melakukan olahraga lainnya.

 

4.  Tidak mengonsumsi alkohol dan berhenti merokok

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perilaku hidup bersih mencerminkan hati yang bersih. Hati yang bersih tentunya akan mengajak seseorang untuk menghindari hal-hal yang sifatnya negatif dan merusak tubuh seperti mengonsumsi alkohol dan merokok.

Dalam Islam, semua minuman yang memabukkan seperti alkohol merupakan minuman keras yang hukumnya haram jika diminum. Di dalam alkohol terkandung zat yang memabukkan sehingga orang yang meminumnya menjadi tidar sadar. Ketika seseorang kehilangan kesadarannya tentu ia akan lalai dari beribadah. Karena itu Islam sangat menentang konsumsi minuman keras yang satu ini.

Selain miras, kamu juga harus menghindari merokok karena bisa merusak kesehatan diri dan orang lain. Seperti yang sudah umum diketahui, merokok bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke dan paru-paru. Perokok pasif atau orang yang menghirup asap rokok pun sama-sama terkena dampak buruknya. Jadi segera hentikan dan hindari merokok sekarang juga.

 

5.  Jaga kebersihan lingkungan rumah dan tempat kerja

Bersih itu sehat, dan bersih itu indah. Semua yang terlihat bersih akan enak dilihat mata termasuk lingkungan rumah dan tempat kita bekerja. Karena itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan lingkungan rumah dan tempat kerja seperti dengan membuang sampah sebelum menumpuk di sudut ruangan, mencuci seprai, membersihkan jendela dan perabot rumah, dsb.

Lingkungan rumah dan tempat kerja yang bersih pastinya akan membuat kita nyaman dan hati menjadi tentram. Pekerjaan sebanyak apapun tidak lantas membuat kita stress dengan barang-barang yang berserakan karena sudah dibersihkan dan ditata dengan rapi.

Sebagai penunjang perilaku hidup bersih, kamu bisa menggunakan Lifebuoy Hand Sanitizer Lifebuoy Sabun Cuci Tangan, dan Lifebuoy Sabun Cair Total 10. Keduanya telah teruji secara klinis ampuh membunuh kuman dan menghilangkan kuman yang bisa menyebabkan infeksi kulit.