Apa yang Menjadi Penyebab Diare Berkepanjangan?

Yuk, cari tahu penyebab diare berkepanjangan supaya penangannya tepat!

Apa yang Menjadi Penyebab Diare Berkepanjangan?

Diare adalah gangguan pencernaan yang membuat penderitanya harus buang air besar (BAB) secara terus-menerus. Biasanya, kondisi ini akan segera hilang dalam beberapa hari saja. Tapi, tak sedikit juga kasus diare yang tak kunjung hilang dan bahkan bertahan hingga berminggu-minggu. Kondisi seperti ini dikenal dengan diare kronis. Lantas, apa yang menjadi penyebab diare berkepanjangan? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini.

Berapa Lama Diare Berlangsung?

Berdasarkan durasi kejadiannya, penyakit diare dibagi menjadi dua, yaitu diare akut dan diare kronis. Munculnya kedua kondisi tersebut disebabkan oleh hal yang berbeda. Berikut penjelasan singkatnya:

Berapa Lama Diare Berlangsung?

Diare akut
Terjadi dalam kurun waktu tiga hingga seminggu. Infeksi saluran cerna yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti virus, bakteri, atau parasit, menjadi penyebab paling umum munculnya diare akut.

Diare kronis
Terjadi dalam kurun waktu dua minggu atau bahkan lebih. Masalah kesehatan jadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengalami diare kronis.Penyebab Diare Tak Kunjung Sembuh

Perlu diketahui, diare yang tak kunjung sembuh atau berkepanjangan dapat terjadi bersamaan dengan penyakit lainnya. Berikut beberapa penyakit yang bisa menyebabkan diare tak kunjung sembuh (diare kronis), seperti:

 

IBS (Irritable Bowel Syndrome)
Salah satu penyebab diare berkepanjangan adalah IBS (Irritable Bowel Syndrome), yaitu gangguan pada sistem pencernaan yang menimbulkan kumpulan gejala di usus besar. Selain diare berkepanjangan, ada beberapa gejala IBS yang paling sering dialami oleh penderitanya,seperti nyeri dan kram perut, sembelit, perut kembung, nyeri punggung, nafsu makan menurun,dan rasa panas di dada.

Penyakit Crohn
Penyakit Crohn juga bisa menjadi pemicu diare berkepanjangan. Penyakit Crohn sendiri adalah peradangan pada sistem pencernaan yang terjadi mulai dari mulut hingga ke anus. Selain menyebabkan diare berkepanjangan, penyakit ini juga menimbulkan berbagai gejala lainnya, seperti nyeri perut, feses berdarah, mudah lelah, luka pada mulut hingga penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Radang usus
Penyebab berkepanjangan berikutnya disebabkan oleh radang usus / ulcerative colitis. Ini merupakan salah satu penyakit radang usus yang dapat menyebabkan peradangan jangka panjang dan memicu munculnya luka di saluran cerna. Diare berkepanjangan yang disertai dengan feses berdarah adalah salah satu gejala dari radang usus ini. Tapi bukan itu, seorang yang mengalami radang usus juga akan merasakan gejala lain, seperti kesulitan BAB, penurunan berat badan, serta kram di bagian perut.

Penyakit Celiac
Celiac Disease adalah penyakit autoimun yang terjadi setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gluten. Diare kronis (berkepanjangan), sembelit, perut kembung,mual dan muntah, sakit perut, hingga penurunan berat badan, adalah sejumlah gejala yang akan dirasakan apabila mengalami kondisi tersebut.

Infeksi parasit
Infeksi parasit sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit, seperti cacing atau kutu. Gejala dari infeksi parasit umumnya bervariasi tergantung dari organisme apa yang masuk kedalam tubuh, tapi biasanya gejala yang muncul meliputi diare kronis, penurunan berat badan, sakit perut, hingga pembengkakan kelenjar getah bening.

Selain lima penyebab yang sudah disebutkan di atas tadi, masih ada beberapa kondisi kesehatan lain yang bisa menyebabkan terjadinya diare kronis (berkepanjangan), seperti Small Intestinal Bacterial Overgrowth (SIBO) dan infeksi bakteri E. Coli atau Salmonella.

Agar terhindar dari berbagai penyebab diare kronis di atas, alangkah baiknya kamu mulai rajin untuk menjaga kebersihan tubuh, terutama tangan. Pasalnya, tangan menjadi tempat ideal untukberbagai mikroorganisme tumbuh dan berkembang biak. Maka dari itu, pastikan kamu rutin membersihkan tangan dengan cara mencucinya. Selain itu, gunakan juga sabun berkualitas, seperti Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10.

Sabun khusus cuci tangan ini mengandung ActivSilver+ Formula yang memberikan perlindungan maksimal terhadap 10 kuman penyebab masalah kesehatan, termasuk diare. Tidak hanya itu, Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10 juga memberikan perlindungan secara total dan menyeluruh di permukaan kulit.

Apa yang Menjadi Penyebab Diare Berkepanjangan?

Selebihnya dari Lifebuoy:

3 min read

Jangan Asal Pakai, Ini Jenis dan Cara Tepat Kenakan Masker Kesehatan

Bingung dengan banyaknya jenis masker untuk melindungi diri? Cari tahu jenis masker dan cara pakai yang tepat supaya efektif.

3 min read

Manfaat Charcoal Bagi Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar charcoal kini semakin banyak ditemukan di pasaran.

3 min read

Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

Puasa Tetap Sehat dengan Kebiasaan Cuci Tangan di 3 Waktu Penting Ini

3 min read

Kini Langka, Simak Fakta Ini Sebelum Bikin Hand Sanitizer di Rumah

Bahan utama membuat hand sanitizer hanyalah alkohol dan gel lotion aloevera. Namun, amankah membuat sendiri hand sanitizer di rumah?