Olahraga Saat Puasa? Siapa Takut! Ini Dia Segudang Manfaatnya

Olahraga Saat Puasa? Siapa Takut! Ini Dia Segudang Manfaatnya

Olahraga saat puasa menjadi sesuatu yang dihindari. Melakukan gerakan-gerakan aktif dinilai akan membuat tubuh lemas dan memicu keinginan untuk membatalkan puasa. Padahal, manfaat olahraga saat puasa justru sangat bagus untuk menunjang ibadah puasamu berjalan lebih lancar.

Dengan segudang manfaat olahraga yang bisa diperoleh, seharusnya tidak ada alasan takut olahraga saat puasa. Kamu bisa mulai rutin melakukan olahraga ringan bahkan dari halaman rumah.

Penasaran manfaat apa saja yang bisa dirasakan ketika menjalankan olahraga saat puasa. Mungkin kamu tidak menyangka sebelumnya, beragam manfaat olahraga di bawah ini sangat mampu didapatkan, walaupun kamu menjalaninya ketika sedang berpuasa.

 

1.  Menjaga Tubuh Tetap Segar dan Prima

Rasa lesu dan lemas ketika berpuasa adalah hal yang lumrah karena kalori yang masuk ke tubuh menjadi sangat berkurang di antara waktu subuh sampai magrib. Namun, jika kamu menanggapinya dengan hanya rebahan dan malas bergerak, rasa lemas dan lesu akan semakin kuat. Justru dengan berolahraga saat puasa, tubuh bisa terasa segar dan prima. Ini karena olahraga mengeluarkan keringat yang memicu produksi hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia dan semangat.

 

2.  Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Banyak orang mengeluh berat badannya justru bertambah cukup drastis selama puasa Ramadan. Ini karena ada kecenderungan seseorang sulit mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sahur maupun berbuka. Di sisi lain, ada kebiasan orang menjadi malas bergerak karena takut merasa lemas. Olahraga saat puasa biasa menjadi penyeimbang asupan makanan yang berlebihan tersebut. Lewat olahraga yang rutin selama puasa, pembakaran kalori bisa terjadi secara maksimal sehingga berat badan dapat stabil sampai Idul Fitri tiba.

 

3.  Membantu Mengurangi Beban Pikiran

Tingkat stres pada saat bulan puasa bisa lebih besar daripada waktu-waktu yang lain. Ini karena pada saat menahan lapar dan haus, pikiran menjadi terbeban. Kamu dapat mengalihkan beban pikiran tersebut dengan melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Keringat yang dihasilkan dari berolahraga juga memicu hormon rasa bahagia sehingga kamu lebih mampu mengelola stres dan mengalihkan beban pikiran yang sebenarnya tidak perlu terlalu dipusingkan.

 

4.  Detoksifikasi Tubuh Tetap Lancar

Detoksifikasi saat puasa cenderung bisa tersendat karena sistem pencernaan tidak lancar akibat ada perubahan pola makan. Namun ketika kamu memilih olahraga saat puasa, detoksifikasi bisa tetap berjalan baik karena aliran darah dan kelenjar getah bening lancar. Olahraga juga tidak membuat lemak menumpuk di tubuh sehingga sistem metabolisme menjadi lebih lancar juga.

 

5.  Meningkatkan Fungsi Kognitif dan Konsentrasi

Apakah kamu termasuk yang mudah mengantuk dan sulit berkonsentrasi ketika sedang berpuasa? Manfaat olahraga sendiri mampu meningkatkan fungsi kognitif, bahkan ketika kamu sedang berpuasa. Imbasnya, konsentrasimu semakin kuat. Manfaat olahraga yang menguatkan kognitif ini terjadi karena ketika olahraga, komunikasi antara hippocampus dan daerah otak kortikal mengalami peningkatkan sehingga daya ingat seseorang lebih terasah.

 

Kemungkinan mengalami dehidrasi ketika melakukan olahraga saat puasa bisa saja terjadi. Karena itu, supaya mendapat manfaat olahraga dan mencegah risiko yang tidak diinginkan ketika puasa, memilih waktu yang tepat untuk bergerak aktif sangat dianjurkan. Waktu ideal untuk melakukan olahraga saat puasa adalah setelah subuh ataupun sebelum magrib.

Waktu setelah subuh menjadi ideal karena tubuhmu sudah menerima asupan nutrisi dan hidrasi dari makan sahur sehingga rasa haus yang timbul sehabis olahraga bisa ditoleransi oleh tubuh. Sementara itu, magrib juga menjadi waktu ideal untuk olahraga saat puasa karena tubuh akan menerima asupan makanan dan hidrasi ketika berbuka puasa.

 

Sehabis olahraga saat puasa, Anda pasti merasa lelah dan lengket. Mandi dan keramas dapat menjadi alternatif untuk membuat tubuh kembali merasa segar. Untuk rasa segar yang maksimal dan perlindungan ekstra dari bakteri, kamu bisa menggunakan Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh dan Shampoo Anti-Dandruff.