Mengenal Minyak Kasturi dan Beragam Manfaatnya

Mengenal Minyak Kasturi dan Beragam Manfaatnya

AddTHis is disabled because of cookie content

Bagi sebagian orang, penggunaan minyak kasturi mungkin masih cenderung belum terlalu dikenal. Padahal, bahan alami ini memiliki segudang manfaat untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Yuk, cari tahu berbagai hal mengenai minyak dengan wewangian khas yang menjadi favorit Rasulullah ini!

Apa Itu Minyak Kasturi?

Minyak kasturi, atau dalam bahasa Inggris disebut musk oil, adalah salah satu komoditas langka dan mahal yang cukup jarang ditemui. Hal ini tak lepas dari beragam manfaatnya untuk kulit dan tubuh, baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan. Sejatinya, minyak kasturi sudah digunakan sebagai obat dan wewangian sejak 5000 tahun yang lalu. Dengan ciri khas aromanya yang lembut, wewangian yang dihadirkan minyak kasturi dikenal kuat dan bisa bertahan dalam waktu lama. Itu sebabnya, minyak kasturi banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan parfum dan produk kecantikan lain.

Sebagai obat-obatan, minyak kasturi juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Konon, sejak berabad-abad lalu, manusia telah menggunakan minyak kasturi untuk meredakan sakit, menghilangkan racun, hingga meningkatkan energi dan vitalitas. Dengan beragam manfaat yang dimiliki, tak heran jika minyak kasturi menjadi salah satu bahan alami dan wewangian yang sangat disukai Nabi Muhammad SAW.

Mengenal Jenis-jenis Minyak Kasturi

Mengingat popularitasnya yang cenderung belum banyak diketahui, khususnya di tengah masyarakat Indonesia, sebagian di antara Anda mungkin bertanya-tanya dari mana sebenarnya minyak kasturi berasal. Untuk diketahui, minyak kasturi berasal dari dua jenis sumber, yakni nabati dan hewani. Kenali perbedaan dua tipe minyak kasturi berikut ini:

1. Minyak Kasturi dari Rusa

Jenis minyak kasturi yang pertama adalah yang bersifat hewani, yakni bersumber dari hewan rusa. Minyak kasturi tipe ini diambil dari bintil kelenjar rusa jantan, yang biasanya terdapat di antara perut dan genital, leher, kepala, serta badan bagian atas. Spesies rusa yang menghasilkan minyak kasturi adalah musk deer yang banyak hidup di negara India, Cina, Mongolia, Siberia, dan Manchuria. Sayangnya, popularitas minyak kasturi membuat musk deer semakin banyak diburu sehingga populasinya kian mendekati kepunahan. Itu sebabnya, minyak kasturi dari rusa juga semakin langka ditemukan dan umumnya dijual dengan harga sangat mahal.

2. Minyak Kasturi dari Tumbuhan

Jenis kedua minyak kasturi adalah yang bersifat nabati, alias diambil dan berasal dari tumbuhan. Minyak kasturi jenis ini didapatkan dari kulit pohon kasturi, dan dikenal akan aromanya yang khas, segar, dan tahan lama. Umumnya, minyak kasturi jenis ini diolah hingga berbentuk ekstrak, untuk kemudian diaplikasikan pada produk-produk wewangian maupun kecantikan. Dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, minyak kasturi juga bisa didapatkan dengan rekayasa sintetik di laboratorium, dengan menggunakan beberapa jenis tanaman seperti Angelica archangelica, Olearia argophylla, dan Mimulus moschatus.

Segudang Manfaat Minyak Kasturi untuk Kulit dan Tubuh

Bukan tanpa alasan minyak kasturi digolongkan sebagai salah satu bahan alami yang dijual dengan harga mahal. Sebab, di samping memiliki aroma wangi khas muslim yang segar dan tahan lama, minyak kasturi ternyata juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Apa saja?

1. Ampuh Melawan Masalah Kulit

Ada banyak masalah kulit yang umum dialami orang, sebut saja jerawat, eksim, psoriasis, dsb. Dengan menggunakan produk kebersihan dan kecantikan tubuh yang mengandung minyak kasturi, masalah-masalah kulit ini dapat teratasi. Sebab, minyak kasturi mengandung senyawa kimia alami yang disebut retinol. Jika diaplikasikan pada bagian kulit yang bermasalah, kandungan retinol dalam minyak kasturi akan mempercepat regenerasi sel dan memulihkan dampak akibat masalah kulit tersebut.

2. Mencegah Kulit Kering

Minyak kasturi juga ampuh menjaga kelembapan kulit, sehingga tetap terhidrasi dengan baik dan terhindar dari masalah kering. Hasilnya, penggunaan minyak kasturi secara teratur pada kulit bisa menimbulkan peremajaan kulit dan membuatnya tetap kencang serta terawat. Khasiat Ini mungkin dihadirkan karena minyak kasturi mengandung salah satu essential fatty acids, yaitu omega 6 yang berfungsi menjaga keseimbangan kapasitas air di lapisan kulit.

3. Melembutkan Tekstur Kulit

Kulit lembut bisa menjadi kusam dan kehilangan nutrisi jika radikal bebas menutupi pori-pori kulit Anda. Tumpukan radikal bebas berlebih tersebut dapat mematikan sel kulit sehingga tak mampu beregenerasi. Salah satu manfaat utama minyak kasturi adalah melindungi kulit dari kontaminasi radikal bebas. Dengan begitu, sel kulit akan terus beregenerasi dengan baik dan kekayaan nutrisi kulit tetap terjaga.

4. Mengurangi Keriput

Selain merangsang pertumbuhan sel kulit, minyak kasturi juga mampu memformulasikan jaringan baru untuk mengganti jaringan kulit lama yang sudah rusak. Hal ini karena minyak kasturi mengandung Linoleic acid (omega 6) dan Alpha-linoleic acid (omega 3). Dua kandungan tersebut membuat minyak kasturi bermanfaat untuk menghilangkan keriput apabila digunakan secara teratur. Tak mengherankan pula, jika minyak kasturi banyak digunakan dalam produk anti-aging.

5. Memudarkan Stretch Marks

Masalah kulit lain yang bisa diatasi oleh minyak kasturi adalah stretch marks. Guratan yang sering terlihat pada daerah berlemak di tubuh ini bisa terjadi pada siapapun. Sulitnya menghapus stretch marks akan teratasi jika Anda menggunakan minyak kasturi. Sebab, vitamin A dalam minyak ini bertugas memperbaiki sel kulit yang rusak.

6. Bermanfaat Sebagai Antiseptik

Jika Anda mengalami luka karena gigitan hewan yang menular atau berbahaya, maka minyak kasturi dapat digunakan sebagai antiseptik yang mencegah dampak bahayanya. Gigitan ular, luka robek dalam, atau sekadar gatal-gatal bisa dirawat dengan menggunakan minyak kasturi.

7. Bahan Dasar Aromaterapi

Aromaterapi tak hanya mampu memperbaiki mood, namun juga bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Dalam hal ini, minyak kasturi sering digunakan sebagai bahan penting dalam pembuatan aromaterapi. Minyak kasturi mampu menenangkan saraf-saraf yang tegang dan menstimulasi medula, sehingga mencegah terjadinya pingsan secara tiba-tiba karena tegang.

8. Dapat Digunakan Sebagai Analgesik

Manfaat tak terduga lainnya yang dimiliki minyak kasturi adalah kemampuannya untuk digunakan sebagai analgesik atau pereda nyeri. Minyak ini memiliki jenis nutrisi tertentu yang meredakan rasa sakit pada tubuh, khususnya pada bagian-bagian persendian. Kasturi bisa mengurangi bengkak yang biasanya disebabkan oleh luka trauma hingga tumor.

Dengan beragam manfaat yang dihadirkan, baik itu untuk kesehatan tubuh maupun kulit, tak heran jika banyak orang ingin memiliki produk-produk dengan kandungan minyak kasturi. Sayangnya, produk kesehatan maupun kecantikan dengan bahan dasar minyak kasturi selama ini banyak dihadirkan sebagai produk premium, dan umumnya dijual dengan harga tinggi. Namun tak perlu khawatir, karena kini Anda bisa mendapatkan manfaat minyak kasturi dengan lebih terjangkau melalui produk Lifebuoy Kasturi Musk . Diformulasikan dengan wewangian kasturi, Lifebuoy Kasturi Musk menawarkan perlindungan efektif terhadap kuman dengan wangi istimewa. Perlindungan terhadap kuman didapat, wewangian khas yang dimiliki pun akan membuat Anda semakin semangat.

Referensi:

 

  • theresearchpedia.com/health/health-benefits-of-foods/health-benefits-of-musk-oil
  • beautyglimpse.com/kasturi-turmeric-works-wonders-skin/
  • nextgenhealth.wordpress.com/2008/06/08/kasturi-musk-natural-detoxifier/