Mengapa Bau Badan Saat Puasa Bisa Terjadi? Simak Alasannya

Mengapa Bau Badan Saat Puasa Bisa Terjadi? Simak Alasannya!

Saat berpuasa, tubuh kita mengalami sedikit banyak perubahan. Tak jarang perubahan tersebut semakin menguji kesabaran kita, seperti munculnya rasa lemas, sulit konsentrasi, bau mulut, sampai bau badan. Kalau kamu sendiri, apakah termasuk orang dengan masalah bau badan saat puasa?

Memakai parfum ataupun wewangian lainnya memang bisa menjadi cara menghilangkan bau badan saat puasa untuk sementara. Namun, bau badan tersebut sangat mudah muncul lagi kalau kamu tidak membasmi penyebabnya.

Berikut ini adalah penyebab-penyebab yang kerap membuat bau badan saat puasa muncul begitu kuat. Menghindari penyebab bau badan ini dapat menjadi cara terampuh untuk menghilangkan bau badan saat puasa secara lebih paten.

 

1.  Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Konsumsi makanan dan minuman sangat berpengaruh pada bau badan Anda. Makanan yang kerap memicu tubuh keringat cenderung lebih rentan menimbulkan bau badan saat puasa. Beberapa makanan dan minuman yang mudah memicu kondisi keringat sendiri, antara lain makanan-makanan berminyak serta minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Makanan dengan kadar gula tinggi, seperti pada kolak dan es buah yang dijadikan takjil, juga bisa menimbulkan bau tidak sedap, khusus di bagian mulut.

 

2.  Pertumbuhan Bakteri pada Tubuh

Saat sedang berpuasa, kamu bisa saja menjadi lebih malas untuk melakukan apapun, termasuk enggan untuk mandi dan mengelap keringat. Di saat yang sama, bakteri dapat bersemayam di kulit dan mengontaminasi keringat. Jika keringat dan bakteri sudah berpadu, bersiap-siaplah menghadapi bau badan saat puasa yang sulit dihilangkan. Tidak hanya bau badan yang mengganggu, kombinasi keringat dan bakteri juga akan membuat kamu mengalami sensasi kulit gatal yang tidak nyaman.

 

3.  Tidak Membersihkan Tubuh dengan Benar

Bau badan saat berpuasa sangat berhubungan dengan kebersihan tubuh. Malas mandi dan keramas akan membuat bau badan lebih mudah datang karena bakteri terus berkumpul di tubuh. Biasakanlah untuk mandi 2 kali sehari sebagai cara menghilangkan bau badan saat puasa. Kamu bisa menggunakan sabun cair Lifebuoy Lemon Fresh untuk pembersihan maksimal dan rasa segar yang menyejukkan. Jangan lupa untuk keramas agar tidak ada bakteri yang tersisa di kulit kepala. Lalu yang tidak boleh terlupa, pastikan mengeringkan tubuh setelah mandi dengan benar agar tidak lembap dan tidak menjadi ladang pertumbuhan jamur di tubuh.

 

4.  Mengonsumsi Obat-obatan

Bau badan saat puasa bisa jadi adalah efek dari mengonsumsi obat-obatan tertentu. Sekarang coba lihat jenis obat apa saja yang kamu konsumsi. Umumnya, obat-obat seperti aspirin yang cenderung menimbulkan bau badan saat puasa. Ini karena efek obat yang meningkatkan produksi keringat serta kandungan zat yang memang bisa memicu masalah bau badan.

Beberapa jenis obat dapat menimbulkan produksi keringat meningkat. Selain itu, zat yang terkandung di dalamnya juga bisa memicu masalah bau tidak sedap yang mengganggu penampilan. Jika mengonsumsi jenis obat tertentu seperti aspirin selama puasa, bisa jadi hal tersebut akan memicu bau badan.

 

5.  Dehidrasi

Hubungan antara bau badan dan bau mulut sangat berhubungan erat dengan dehidrasi yang dialami seseorang. Ketika kamu mengalami dehidrasi, mulut menjadi cenderung kering dan menimbulkan iritasi bakteri. Kondisi inilah yang akhirnya memicu bau mulut. Kondisi dehidrasi sendiri rentan dialami oleh orang-orang yang sedang berpuasa karena tidak mengonsumsi cairan dari waktu subuh sampai magrib. Untuk mengatasi bau badan saat puasa karena dehidrasi, pastikanlah memenuhi kebutuhan cairan ketika sahur dan berbuka. Minimal cairan yang mesti masuk ke tubuh dalam sehari tidak kurang dari 2,5 liter.

 

Menjaga kebersihan diri tidak hanya menjadi cara menghilangkan bau badan saat puasa. Mandi dua kali sehari dengan produk sabun cair Lifebuoy juga mampu menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, sabun cair Lifebuoy memiliki kemampuan efektif membunuh kuman yang bisa menimbulkan infeksi bagi tubuhmu.