Manfaat Charcoal Bagi Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Charcoal Bagi Kulit yang Perlu Anda Ketahui

AddTHis is disabled because of cookie content

Mengaplikasikan charcoal atau arang di rambut dan wajah mungkin tidak terlihat glamor. Namun, jangan sepelekan kelebihan yang ditawarkan bahan satu ini. Bila digunakan dan diolah dengan benar, charcoal menyimpan segudang manfaat untuk dunia kesehatan dan kecantikan. Di era modern ini, tren penggunaan activated charcoal sebagai bahan detoksifikasi juga semakin umum ditemukan. Biasanya, activated charcoal diolah dalam bentuk suplemen atau jus. Namun, seiring berjalannya waktu, ada pula beragam produk dihadirkan dengan memanfaatkan manfaat charcoal, salah satunya seperti sabun charcoal. Untuk mengenal lebih jauh manfaat charcoal dan manfaat sabun charcoal bagi kesehatan dan kecantikan, simak pembahasannya di artikel ini.

Apa itu Activated Charcoal?

Activated charcoal atau arang aktif merupakan jenis arang biasa yang telah dipanaskan dengan cara mengembangkan banyak ruang kecil atau 'pori-pori' di dalamnya. Activated charcoal bisa juga disebut sebagai arang yang mengandung karbon aktif. Untuk mendapatkan manfaat charcoal aktif, Anda bisa menggunakannya dengan cara diaplikasikan di kulit atau bahkan dikonsumsi. Meskipun penggunaannya secara umum terbukti aman, Anda tetap perlu memperhatikan takarannya. Sebab, charcoal merupakan bahan alami yang memiliki daya absorpsi sangat kuat. Penggunaan charcoal yang berlebihan dikhawatirkan justru menyebabkan iritasi dan kemerahan di kulit. Lantas, apa yang membuat activated charcoal menjadi bahan dasar yang banyak digunakan dalam industri kesehatan dan kecantikan?

  • Mampu menarik minyak berlebih dan zat berbahaya lain dari pori-pori.
  • Memiliki kekuatan absorpsi kuat, sehingga efektif mengangkat sebum dan kuman.
  • Tidak akan diserap oleh tubuh dan aman dari efek negatif asal digunakan dengan takaran dan fungsi tepat.
  • Efektif membantu mensterilkan luka dan gigitan beracun.
  • Aman dikonsumsi untuk kesehatan, bahkan menjadi salah satu bahan yang digunakan dalam produk suplemen.

Ragam Manfaat Sabun Charcoal untuk Kesehatan Kulit

Mengolah sendiri charcoal mentah dari awal mungkin dianggap merepotkan. Belum lagi, pengetahuan tentang cara pengolahan charcoal belum tentu diketahui banyak orang. Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab saat ini sudah ada banyak produk kesehatan dan kecantikan yang dihadirkan dengan manfaat charcoal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut dalam keseharian, salah satu produk yang perlu Anda gunakan adalah sabun charcoal. Dengan rutin menggunakan sabun charcoal saat mandi, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat baik. Berikut ini beberapa manfaat sabun charcoal yang perlu Anda ketahui.

1. Antibakteri dan Antijamur

Activated charcoal telah terbukti efektif mengusir kuman dan jamur yang dapat merusak kesehatan kulit. Hal ini karena arang mengandung zat antijamur dan antibakteri yang sangat efektif melawan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Sabun mandi yang dirancang dengan manfaat charcoal, secara otomatis juga mengandung zat antibakteri tersebut. Itu sebabnya, salah satu manfaat sabun charcoal yang bisa didapatkan adalah mengatasi masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Minyak pada kulit memang diperlukan untuk menjaga kondisinya agar tidak terlalu kering. Namun, produksi minyak yang terlalu berlebih juga bisa menjadi penyebab munculnya berbagai masalah kulit. Di wajah misalnya, minyak berlebih bisa menyebabkan komedo atau jerawat. Itu sebabnya, kulit yang sehat adalah yang memiliki kelembapan seimbang, tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Sabun charcoal bisa digunakan untuk mengatasi masalah minyak berlebih di kulit.

3. Memperkecil Pori-pori

Penyebab ukuran pori-pori membesar adalah produksi minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati. Semakin besar ukuran pori-pori kulit, maka akan semakin mudah pula partikel-partikel asing masuk ke dalam kulit. Hal ini menyebabkan kulit tampak kusam, dan bahkan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Charcoal memiliki kemampuan untuk mengontrol produksi minyak berlebih, sehingga secara otomatis juga dapat memperkecil ukuran pori-pori. Menggunakan sabun charcoal saat mandi bisa membantu Anda mengatasi masalah kulit kotor dan kusam.

4. Menenangkan Kulit Iritasi dan Gigitan Serangga

Kandungan antiinflamasi dalam activated charcoal dapat menenangkan kulit iritasi dan mengurangi dampak gigitan serangga. Selain itu, charcoal juga mampu mengurangi rasa gatal yang terasa di area kulit. Bagi Anda yang memiliki masalah iritasi mengganggu, tak ada salahnya menggunakan sabun charcoal untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

5. Membantu Proses Eksfoliasi Kulit

Tekstur bubuk pada activated charcoal dapat membantu proses pengangkatan sel kulit mati yang mengendap di kulit. Dengan melakukan eksfoliasi menggunakan bubuk arang, kulit Anda akan terasa lebih halus juga terjaga kesehatannya. Kabar baiknya, proses eksfoliasi kulit tersebut kini bisa dilakukan dengan lebih mudah. Tak perlu bingung mencari bubuk arang, Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan sabun charcoal.

6. Detoksifikasi Kulit

Kulit Anda memerlukan detoksifikasi secara menyeluruh guna membuang kotoran, sebum, maupun partikel polusi yang menempel. Meski tak secara langsung memengaruhi kesehatan tubuh, kulit kotor yang dibiarkan begitu saja bisa membuat penampilan Anda kurang menarik. Untuk melakukan detoksifikasi kulit, sabun charcoal bisa digunakan sebagai media yang tepat. Dengan kekuatan absorpsi yang dimiliki, sabun charcoal bisa dengan mudah mengangkat kotoran di kulit dan membuatnya kembali bersih.

7. Memutihkan Kulit Ketiak Hitam

Ketiak hitam menjadi salah satu masalah kulit yang kerap dialami banyak orang dan bisa sangat mengganggu. Apabila tidak segera ditangani, masalah ketiak hitam bisa sangat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Salah satu penyebab kulit ketiak menjadi hitam adalah karena banyaknya sel kulit mati yang menumpuk di daerah ketiak, sehingga menimbulkan warna kehitaman. Selain menggunakan produk deodoran, masalah ketiak hitam juga bisa diatasi dengan rajin mandi menggunakan sabun charcoal. Hal ini karena charcoal dapat mengangkat sel kulit mati dengan sangat efektif.

Kini Anda semakin memahami beragam manfaat charcoal untuk kulit, bukan? Untuk itu, tak ada salahnya mulai mempertimbangkan penggunaan produk kesehatan dan kecantikan yang menghadirkan manfaat charcoal. Dalam hal menjaga kebersihan kulit, produk Lifebuoy Charcoal dan Mint bisa menjadi pilihan tepat untuk digunakan. Mengombinasikan manfaat bahan-bahan alami yang terinspirasi dari alam, sabun Lifebuoy Charcoal dan Mint dapat menjadi media detoksifikasi yang efektif mengangkat sebum, kotoran, maupun partikel polusi. Hasilnya, Anda akan mendapatkan kulit yang bersih dan bebas dari kuman penyebab masalah kulit.

Referensi:

  • besthealthmag.ca/best-looks/beauty/detox-and-beautify-your-skin-and-hair-with-activated-charcoal/
  • livestrong.com/article/550610-what-does-charcoal-do-for-skin/
  • beautymunsta.com/beauty-benefits-of-activated-charcoal-for-skin-hair/
  • besthealthmag.ca/best-looks/beauty/detox-and-beautify-your-skin-and-hair-with-activated-charcoal/
  • flynnandking.com/blogs/news/5-awesome-skin-benefits-of-activated-charcoal
  • annmariegianni.com/4-ways-activated-charcoal-improve-your-skin/