Manfaat Berjemur di Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Berjemur di Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan

AddTHis is disabled because of cookie content

Tahukah kamu bahwa Vitamin D tidak dapat diproduksi oleh tubuh? Kabar baiknya, kamu bisa memperoleh asupan vitamin D secara cuma-cuma, tak terbatas, dan gratis hanya dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Namun, tidak hanya menambah vitamin D, ternyata masih banyak manfaat berjemur di bawah sinar matahari yang sayang untuk kamu lewatkan. Untuk mengetahuinya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Berikut manfaat sinar matahari pagi yang perlu kamu tahu, di antaranya:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat pertama dari berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Ini karena paparan sinar matahari pagi membantu ritme sirkadian dengan memberitahu tubuh kapan harus meningkatkan atau menurunkan hormon melatonin (hormon yang menimbulkan rasa kantuk). Dengan rutin berjemur, kamu akan lebih nyenyak tidur di malam hari.

2. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Manfaat lain dari rutin berjemur sinar matahari pagi adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan vitamin D dalam sinar matahari mampu mencegah infeksi dan juga melawan berbagai penyakit. Sehingga wajar, jika belakangan banyak orang yang mulai membiasakan lagi rutinitas berjemur di bawah sinar matahari pagi.

3. Menguatkan tulang

Paparan sinar matahari pagi juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang. Ini karena kandungan vitamin D di sinar matahari dapat membantu proses penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang. Tak selesai sampai di situ, sinar matahari pagi juga memberikan vitamin D3 yang berperan penting untuk menjaga kepadatan tulang.

4. Mengurangi depresi ringan

Selain menyehatkan tulang, berjemur di bawah sinar matahari pagi juga bisa mengurangi gejala depresi ringan. Ini dikarenakan paparan sinar matahari mampu memicu otak melepaskan hormon serotonin (hormon stres). Yang mana, hormon tersebut dapat memperbaiki suasana menjadi lebih baik sehingga gejala depresi ringan pun akan ikut teratasi. Manfaat sinar matahari ini bahkan sudah dibuktikan dalam sebuah studi.

5. Menyembuhkan penyakit kulit

Manfaat sinar matahari pagi yang tak kalah hebat adalah dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit, seperti eksim, jerawat hingga psoriasis. Namun, manfaat ini tidak bisa kamu rasakan dalam sekali berjemur.

Selain kelima manfaat di atas, berjemur matahari pagi secara rutin juga bisa memberikan dampak positif lain untuk kesehatan, seperti meningkatkan fungsi otak, menurunkan tekanan darah, mengurangi gejala Alzheimer, dan mencegah risiko kanker.

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berjemur Matahari?

Sebenarnya, berjemur sinar matahari tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Idealnya, waktu terbaik untuk berjemur sinar  matahari pagi adalah antara jam 8  hingga 10 pagi. Jika kamu melakukannya di atas jam 10 pagi, maka paparan sinar matahari akan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Sementara untuk durasinya sendiri berkisar antara 10-15 menit.

Selain itu, kamu juga harus melakukan hal-hal lain saat akan berjemur sinar matahari pagi, yaitu menggunakan sunscreen dengan yang mengandung SPF. Penggunaan sunscreen ini bertujuan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

 

Jaga Kebersihan Tangan dari Virus dan Bakteri

Meski sistem imunitas tubuh sudah meningkat saat berjemur sinar matahari, bukan berarti kamu menjadi lalai dalam menjaga kebersihan tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah dengan menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari virus dan kuman yang dapat mengancam sistem imunitas.

Untuk perlindungan yang optimal, gunakan sabun yang tepat, seperti Lifebuoy  Sabun Cair  Total 10. Selain efektif membunuh kuman, sabun ini juga sudah diformulasikan khusus untuk melindungi tangan dari 10 kuman penyebab masalah kesehatan.

lifebuoy total 10