5 Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab kulit kering itu beragam, bisa karena faktor cuaca hingga pertambahan usia. Selengkapnya mengenai penyebab dan cara mengatasi kulit kering di sini.

5 Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab kulit kering itu beragam, ada yang disebabkan oleh faktor cuaca hingga usia. Kulit kering yang terus-menerus berulang dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyebabkan eksim bahkan hingga infeksi. Itu sebabnya, penting bagi kamu mengetahui faktor penyebabnya guna mencegah munculnya kondisi tersebut. Lantas, apa saja penyebab kulit

kering yang umum terjadi? Simak ulasannya berikut ini.

Mengapa Menjaga Kulit tetap Lembab itu Penting?

Tahukah kamu, salah satu ciri kulit yang sehat itu adalah lembab dan kenyal. Itu sebabnya, menjaga kelembaban kulit jadi hal yang penting untuk dilakukan oleh semua orang, termasuk kamu. Jika kelembabannya tidak terjaga dengan dengan baik, maka akan menyebabkan dehidrasi yang pada akhirnya membuat kulit menjadi kering.

Selain menyebabkan kulit mengering, ada beberapa kondisi yang bisa terjadi apabila kelembabannya tidak terjaga secara optimal, seperti:

  • Bersisik dan kusam
  • Kulit rentan untuk teriritasi akibat paparan sinar matahari
  • Kulit terasa gatal
  • Kulit menjadi lebih sensitif
  • Muncul tanda-tanda penuaan, seperti kerutan

Apa Saja Penyebab Kulit Kering?

Kulit kita sebenarnya memiliki pelindung yang disebut dengan skin barrier. Karena berfungsi sebagai pelindung, maka skin barrier harus dijaga agar tetap bekerja secara optimal melindungi kulit dari berbagai macam racun atau patogen berbahaya. Sebaliknya, apabila skin barrier rusak, maka air yang berada di tubuh akan lebih mudah menguap sehingga berisiko untuk mengalami dehidrasi yang pada akhirnya menyebabkan kulit kering.

Selain akibat skin barrier yang rusak, berikut beberapa penyebab lain kulit kering lainnya yang harus kamu ketahui:

1. Cuaca

Cuaca jadi salah satu penyebab kulit menjadi kering. Seseorang yang tinggal di cuaca yang dingin atau kelembaban suhu rendah akan lebih mudah untuk mengalami masalah kulit kering. Begitupun ketika tinggal di cuaca yang panas atau kering.

2. Terlalu lama mandi air hangat

Mandi air hangat juga bisa menjadi faktor penyebab kulit menjadi kering, apalagi jika dilakukan dengan durasi yang lama. Ini karena suhu panas yang dihasilkan ketika mandi dapat mengurangi kelembaban kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering setelahnya.

3. Kandungan di dalam sabun

Penyebab kulit kering berikutnya adalah kandungan yang terdapat di dalam sabun. Sabun yang mengandung zat kimia keras dapat membuat sebum (minyak) di kulit jadi menghilang. Sehingga, menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya dan membuatnya menjadi kering.

4. Penyakit kulit

Kulit yang kering juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti eksim atau psoriasis. Kedua penyakit tersebut tidak hanya menyebabkan kulit menjadi kering, tapi juga kemerahan, bersisik, hingga gatal.

5. Faktor usia

Penyebab kulit kering terakhir disebabkan oleh faktor usia. Seiring bertambahnya usia, produksi sebum di kulit pun akan mengalami penurunan. Produksi sebum yang menurun ini tentunya akan berpengaruh terhadap kelembaban kulit yang akhirnya menyebabkan kulit menjadi lebih mudah kering. Kondisi seperti ini akan semakin terasa ketika memasuki usia 40 tahun ke atas, terlebih saat mendekati masa menopause.

Bagaimana Mengatasi Kulit Kering?

Beberapa cara di bawah ini mungkin bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kulit kering.

Berikut di antaranya:

  • Hindari mandi dengan air panas terlalu lama
  • Hindari menggosok kulit dengan handuk
  • Pakai pelembab setelah mandi
  • Pakai sabun yang mengandung pelembab
  • Banyak minum
  • Pakai humidifier

Selain melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, kamu juga harus menjaga kebersihan diri dengan mandi secara rutin minimal dua kali sehari. Pastikan kamu menggunakan sabun mandi yang tidak menyebabkan kulit kering, seperti Lifebuoy Sabun Cair Japanese Shiso Minera Clay.

Sabun Lifebuoy Japanese Shiso Mineral Clay ini mampu melindungi kulit dari berbagai kuman berbahaya hingga 99,9%. Dikombinasikan dengan bahan natural terbaik dari Jepang, sabun dari Lifebuoy ini juga bisa memberikan proteksi sekaligus menutrisi kulitmu pada saat yang bersamaan. Aroma khusus dari bahan-bahan natural Jepang juga membantu memberikan sensasi relaksasi pada saat mandi.

Selain melakukan

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun