5 Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah

Orang dewasa dianjurkan berolahraga antara 75-150 menit per hari tergantung intensitasnya. Cek jenis olahraga di rumah yang aman dilakukan semasa pandemi ini.

Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan?

 

Seiring dengan meningkatnya kasus penularan Covid-19 yang masih terus mewabah di Indonesia, anjuran untuk di rumah saja juga semakin gencar digaungkan. Namun, penting diingat kalau olahraga di rumah saja tetap harus dilakukan demi kesehatan. Kondisi yang terus berdiam di rumah bisa memberikan efek negatif tidak hanya kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Supaya tidak bosan dan tetap sehat, praktekkan langsung 5 jenis olahraga di rumah berikut tips aman berolahraga berikut.

1. Yoga & Meditasi

Yoga adalah salah satu jenis olahraga di rumah yang paling cocok untuk pemula dan tidak membutuhkan banyak ruang. Saatnya menggelar tikar yoga dan mencoba kombinasi gerakan fisik yang punya efek positif bagi kesehatan mental dan ketenangan jiwa. Yoga juga merupakan jenis olahraga di rumah yang tidak mengenal usia dan bisa dilakukan oleh siapa saja

Untuk memulai olahraga yoga, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu mencoba mencari sumber bahan belajar sendiri ataupun mengikuti kelas yoga secara online. Untuk para pemula, yoga lebih pada pelatihan postur dan teknik bernafas, sehingga tidak perlu mencoba gerakan yang terlalu rumit dahulu. Supaya aman melakukan yoga di rumah, ada baiknya mendapatkan bimbingan secara daring atau ikut kelas pemula.

2. Aerobik

Dengan banyaknya video gratis di platform Youtube, kamu bisa mencoba olahraga di rumah berupa aerobik. Untuk diketahui, olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang melatih kardiovaskular, seperti berjalan cepat, berenang, berlari, bersepeda dan sebagainya. Tujuan olahraga di rumah seperti aerobik adalah mendorong aktivitas pernapasan dan pertukaran oksigen sehingga terjadi pembakaran kalori intens.

Keunggulan olahraga aerobik antara lain, mengurangi resiko obesitas, melatih organ jantung, mencegah hipertensi, diabetes dan gangguan metabolisme, serta serangkaian manfaat kesehatan bagi tubuh. Untuk tips aman berolahraga aerobik, pastikan memilih jenis yang sesuai dengan kemampuan fisik sebelum mulai meningkatkan intensitas olahraga.

3. Gerakan Senam

Melakukan gerakan senam di rumah bisa melatih otot tubuh secara tertarget ataupun seluruh tubuh. Olahraga di rumah ini dapat disesuaikan dengan kemampuan, misalnya senam lantai untuk pemula, hingga melakukan kombinasi gerakan yang lebih menantang seperti push up, sit up, squat, loncat ditempat dsbnya.

Boleh dibilang, senam di rumah merupakan salah satu olahraga di rumah yang paling favorit dan terdapat banyak referensi bebas yang tersedia. Tidak membutuhkan peralatan, tips olahraga aman di rumah bisa dengan memulai dari yang lebih ringan. Jika ingin yang lebih intens, gunakan resistance band atau tali penahan yang bisa membantu pembentukan otot.

4. Keseimbangan Tubuh

Tidak kalah penting dengan olahraga otot atau kardio, olahraga di rumah yang melatih keseimbangan tubuh sangat membantu agar tubuh agar lebih prima. Berolahraga yang fokus pada keseimbangan tubuh terutama sangat baik bagi orang dewasa dan lansia supaya mencegah risiko jatuh, memperbaiki postur dan memastikan koordinasi tubuh yang baik.

Untuk para pemula supaya aman berolahraga di rumah, gunakan alat bantu seperti kursi, bola olahraga atau dinding sambil menahan beban tubuh ke kiri dan kanan. Gerakan seperti berjalan lurus, menahan dengan beban ringan atau stretching.

5. Mengangkat Beban

Jika ingin variasi olahraga di rumah dengan bantuan alat, boleh deh mengintip weight exercise atau olahraga angkat beban. Gunakan barbel atau dumbel dari beban yang lebih ringan sebagai tips aman berolahraga. Setelah kekuatan otot terbentuk, bobot beban bisa ditambah seiring kemampuan. Cari referensi gerakan yang tersedia dan nikmati olahraga di rumah tanpa terlalu memforsir diri.

 

Nah, sudah dapat kan ide-ide olahraga di rumah yang cocok dilakukan. Pastikan untuk mendapatkan gizi cukup dan juga istirahat setelah berolahraga. Yang terpenting, segarkan kembali tubuh dengan mandi menggunakan Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh. Dengan kandungan mentol dari minyak daun peppermint, kulit jadi ekstra segar, adem dan lembut sehat sempurna.

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun