5 Macam Penyakit yang Sering Muncul Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, kamu perlu berhati-hati. Pasalnya, banyak penyakit yang biasa menyerang saat musim hujan. Apa saja? Berikut daftar lengkapnya.

5 Macam Penyakit yang Sering Muncul Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, kamu perlu lebih berhati-hati. Pasalnya, suhu udara yang lebih lembap membuat virus dan kuman jadi lebih mudah untuk berkembangbiak. Bila pada saat yang bersamaan sistem imun kamu sedang tidak bagus, maka kamu akan lebih mudah untuk diserang berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, penting untuk mengenali penyakit apa saja yang biasanya muncul saat musim hujan. Dengan begitu, kamu dapat melakukan pencegahan supaya tidak terinfeksi atau tertular penyakit tersebut.

Penyakit yang Biasa Terjadi saat Musim Hujan

1. Influenza

Salah satu penyakit yang paling umum menyerang saat musim hujan adalah influenza,alias sakit flu. Flu adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza. Virus tersebut dapat menyebar dengan cepat dari satu orang ke orang lainnya melalui bersin, batuk, ataupun menyentuh benda-benda yang sebelumnya sudah terkontaminasi dengan virus.

Meski sering kali gejalanya membuat tidak nyaman, penyakit ini biasanya bisa sembuh sendiri tanpa harus minum obat flu. kendati begitu, sebaiknya kamu segera ke dokter bila gejala yang dialami tidak juga membaik atau justru semakin memburuk hingga membuatmu tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Alergi dingin

Alergi tidak hanya dapat dipicu dari makanan dan minuman saja. Faktanya, kondisi satu ini juga dapat terjadi akibat udara dingin, seperti saat musim hujan di mana suhu udara lebih rendah dari biasanya. Seseorang yang punya alergi dingin umumnya akan memunculkan reaksi seperti gatal-gatal atau muncul ruam kemerahan di bagian tubuh tertentu atau justru di sekujur tubuhnya saat terpapar suhu dingin.

Meski begitu, gejala alergi dingin pada setiap orang dapat berbeda-beda. Beberapa orang bisa saja memunculkan gejala yang ringan dan cenderung dapat hilang sendiri, sementara yang lainnya mengalami tanda-tanda lebih parah hingga butuh pertolongan medis segera.

3. Tipes

Tipes atau bahasa medisnya disebut sebagai demam tifoid juga termasuk penyakit yang biasa menyerang saat musim hujan. Penyakit ini terjadi akibat tubuh terinfeksi bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi, yang dapat menyebar melalui air, ataupun makanan serta minuman yang sebelumnya telah terkontaminasi.

Bakteri penyebab tipes juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pencernaan, demam, sakit kepala, mual dan muntah, hingga hilang nafsu makan. Tipes tidak boleh dianggap remeh, karena tanpa pengobatan yang cepat dan tepat, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius yang dapat mengancam nyawa penderitanya.

4. Demam Berdarah

Genangan air yang kerap muncul selama musim hujan nyatanya dapat mengundang nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus untuk berkembangbiak. Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus adalah nyamuk pembawa virus demam berdarah dengue. Ketika nyamuk yang terinfeksi virus dengue menggigit kulit kamu, virus akan masuk dan mengalir ke aliran darah kemudian menginfeksi sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh.

Proses tersebutlah yang kemudian memunculkan berbagai gejala demam berdarah, seperti demam tinggi hingga 40 derajat Celcius, nyeri otot, sakit kepala, sakit perut, mual muntah, tubuh terasa sangat lelah, dan ruam kulit. Demam berdarah kerap berakibat fatal pada anak-anak, terutama bila tidak segera ditangani dengan tepat.

5. Leptospirosis

Penyakit lainnya yang dapat muncul saat musim hujan adalah leptospirosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans yang umumnya ditularkan oleh tikus melalui air kencingnya. Seseorang dapat terinfeksi penyakit bila melakukan kontak langsung antara kulit (terutama yang terdapat luka terbuka) dengan air dan tanah yang telah terkontaminasi dengan urin hewan pembawa bakteri Leptospira. Kamu juga mungkin terinfeksi penyakit ini bila tidak sengaja mengonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan urin hewan pembawa bakteri penyebab penyakit Leptospirosis.

***

Itulah beberapa penyakit paling umum yang dapat menyerang saat musim hujan. Kamu bisa menjaga daya tahan tubuh selama musim penghujan dengan makan makanan bergizi dan menjaga kebersihan tubuh supaya terhindar dari virus penyebab penyakit. Gunakan sabun antibakteri Lifebuoy Total 10 untuk perlindungan optimal kamu dan keluarga.

JPEG - 17 Makanan Tinggi Protein Perkuat Daya Tahan Tubuh subheader product

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun