5 Cara Detoksifikasi Tubuh agar Badan Tetap Sehat

Tahukah kamu, tubuh kita ternyata memerlukan detoksifikasi untuk mengeluarkan racun yang berbahaya. lho! Lalu, bagaimana caranya? Yuk, cari tahu di sini!

5 Cara Detoksifikasi Tubuh agar Badan Tetap Sehat

Tahukah kamu, tubuh kita ternyata memerlukan detoksifikasi untuk mengeluarkan racun-racun berbahaya agar badan senantiasa sehat, lho! Bahkan, proses detoksifikasi ini adalah hal yang krusial sehingga tidak boleh luput untuk dilakukan. Sayangnya, masih banyak orang yang abai mengenai hal ini dan belum paham betul perihal cara detoksifikasi tubuh. Padahal, proses ini terbilang mudah dan murah, karena dapat dilakukan dengan cara-cara alami.

Lantas, bagaimana cara detoksifikasi tubuh yang baik dan benar? Yuk, simak panduan lengkapnya dalam ulasan berikut.

Sekilas tentang Detoksifikasi dan Fungsinya untuk Tubuh

Sekilas tentang Detoksifikasi

Secara harfiah, detoksifikasi adalah sebuah proses membersihkan tubuh secara alami dari zat-zat beracun. Seperti yang diketahui, tubuh kita terpapar banyak sekali bahan kimia setiap hari yang berasal dari makanan yang dikonsumsi, udara yang dihirup, kosmetik yang dipakai, dan masih banyak lagi. Sejumlah zat kimia tersebut sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kerusakan organ yang parah bila dibiarkan terus-terus terpapar.

Nah, fungsi detoksifikasi ini sendiri sejatinya untuk membersihkan sekaligus setiap organ-organ tubuh. Dengan melakukan proses pembersihan, organ-organ tubuh dapat beristirahat dari pekerjaan yang berat sehingga mereka dapat bekerja lebih optimal.

Ragam Cara Detoksifikasi Tubuh

Pada prinsipnya, tubuh kita memiliki kemampuan khusus untuk membuang racun, seperti melalui urin, keringat, dan feses. Kendati begitu, alangkah lebih bagus lagi, kamu, sebagai pemilik tubuh, turut membantu tubuh dalam membersihkan racun-racun yang berbahaya. Selain membuatmu lebih bugar, proses ini pun dapat membantu meningkatkan kesehatanmu secara menyeluruh.

Di bawah ini adalah sejumlah cara mudah untuk detoksifikasi tubuh yang bisa kamu ikuti.

1. Penuhi asupan cairan

Air memainkan peranan penting dalam tubuh manusia. Inilah sebabnya, penting bagi kamu untuk memenuhi asupan cairan setiap hari. Selain mencegah dehidrasi, hal ini ternyata juga dapat membantu memperlancar proses pengeluaran racun sekaligus membuat organ-organ di dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. Para ahli menyarankan untuk minum air putih setidaknya 8-10 gelas per hari.

2. Rutin sauna

Cara lain untuk membantu mengeluarkan racun tubuh secara optimal adalah dengan rutin sauna. Suhu panas ketika sauna membantu membuka pori-pori kulit, menyebabkan tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat. Nah, keluarnya keringat ini adalah salah satu proses detoksifikasi.

3. Puasa

Sejak zaman dahulu, puasa dikenal sebagai salah satu cara alami nan efektif untuk membersihkan tubuh dari racun. Dengan berpuasa, berbagai racun yang mengendap di dalam tubuh, terutama yang tersimpan dalam lemak, akan terpecah dan kemudian dikeluarkan oleh tubuh. Tak hanya itu, bagi perokok aktif, berpuasa juga membantu membersihkan paru-paru dari paparan asap dan zat kimia rokok, serta menjadi cara untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut.

4. Menerapkan pola makan sehat

Setiap makanan yang kamu makan setiap hari akan memengaruhi kondisi kesehatan kamu secara menyeluruh. Inilah sebabnya, menerapkan pola makan sehat bukan hanya kunci untuk membantu detoksifikasi tubuh, tapi juga menjaga kesehatan tubuh kamu sendiri. Mulai sekarang, berusahalah untuk memperbanyak makan-makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Hindari makanan yang tinggi gula, minyak, dan garam.

5. Jaga kebersihan diri

Hal lainnya yang tak kalah penting untuk membersihkan racun di tubuh adalah dengan menjaga kebersihan diri kamu sendiri. Hal ini sesederhana rajin mandi, mengganti pakaian, dan kegiatan merawat diri lainnya.

Agar kebersihan tubuhmu terus terjaga dan kamu pun terhindari dari berbagai kuman penyebab penyakit, kamu bisa gunakan Lifebuoy Sabun Cair Total 10. Lifebuoy Sabun Cair Total 10 dirancang efektif membersihkan semua racun dan kotoran yang keluar melalui keringat dan menempel di kulit. Dengan begitu, produk ini akan menyempurnakan proses detoksifikasi yang kamu lakukan.

Menerapkan pola makan sehat

Selebihnya dari Lifebuoy:

10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Mampet

Apa saja penyebab hidung tersumbat. Begini cara mengatasi hidung tersumbat dan mampet yang mengganggu.

12 Penyebab Kulit Gatal Dan Cara Mengatasinya

Apa saja penyebab penyakit gatal pada kulit. Begini cara mengatasi gatal pada kulit yang mengganggu.

3 min read

Mengenal Stunting, Penyebab Hingga Cara Pencegahannya

Stunting adalah penyakit yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak. Kenali pengertian stunting lebih jauh di artikel ini.

3 min read

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun

2 Cara Mudah Agar Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Pakai Sabun