Latihan Fisik yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Latihan Fisik yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

AddTHis is disabled because of cookie content

Seperti yang kita ketahui, latihan fisik itu bukan hanya berolahraga tetapi juga berbagai aktivitas yang membuat kita aktif bergerak, mengeluarkan energi dan juga keringat. Manfaat yang akan diperoleh pun tidak tanggung-tanggung. Melakukan aktivitas fisik sangat baik bagi kesehatan fisik dan juga mental. Karena itu, selain mendapatkan tubuh yang sehat, pikiran pun ikut terjaga.

Beberapa manfaat dari latihan fisik bagi kesehatan tubuh antara lain untuk mengendalikan berat badan, mengendalikan tekanan darah, menurunkan risiko tulang keropos (osteoporosis) pada wanita, mencegah diabetes mellitus, mengendalikan kadar kolesterol, meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki kelenturan sendiri dan juga kekuatan otot.

Sementara itu, manfaat dari latihan fisik bagi kesehatan mental diantaranya dapat mengendalikan stress, mengurangi kecemasan, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan rasa percaya diri. Terkait hal tersebut, latihan fisik sangat dianjurkan untuk dilakukan ketika suasana hati sedang buruk. Hal ini karena latihan fisik dapat memicu berbagai senyawa kimia otak yang dapat menurunkan perasaan gelisah sehingga kamu bisa merasa lebih rileks dan tenang.  

Berikut ini 5 latihan fisik yang bisa kamu lakukan di rumah.

 

1. Membersihkan rumah

Siapa bilang beraktivitas fisik itu hanya untuk mereka yang suka olahraga saja? Kamu yang jarang berolahraga pun bisa lho melakukan berbagai macam aktivitas fisik di rumah. Salah satunya yaitu dengan membersihkan rumah, baik di dalam ataupun di halaman rumah.

Kamu bisa mengelap barang-barang serta setiap perabotan rumah yang sudah berdebu, menyapu setiap sudut rumah, mengepel lantai, membersihkan halaman rumah, membuang sampah yang sudah menumpuk juga membersihkan kamar tidur dan kamar mandi. Jangan lupa untuk rutin melakukannya setiap hari sehingga badan dan pikiran pun menjadi lebih sehat dan segar.

 

2. Mencuci kendaraan

Nah, bagi kamu yang biasanya sering mencuci kendaraan di luar dengan jasa orang lain, kali ini cobalah untuk belajar mencuci kendaraan sendiri. Ketika mobil atau motor sudah terlihat kotor ada baiknya kamu langsung mencuci nya agar kendaraan tidak semakin kotor dan menjadi sulit untuk dibersihkan.

Selain irit, kamu juga akan  bisa merasakan sendiri manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental mu. Meskipun memang terkesan kecil, tapi jika sudah menjadi kebiasaan, hal kecil pun bisa berdampak besar.

 

3. Berkebun

Siapa diantara kalian yang suka berkebun? Berkebun tidak harus memiliki halaman yang lebar dan luas, karena sekarang kamu bisa memanfaatkan halaman yang kecil serta barang-barang bekas seperti botol minum, styrofoam untuk dijadikan media tanam. Kamu bisa mulai berkebun dengan cara hidroponik yaitu dengan memanfaatkan air sebagai media nya.

Kamu yang suka berkebun tapi tidak suka berkotor-kotor dengan tanah tentu sudah mendengar hidroponik bukan? Nah, kini giliran kalian yang belum pernah mencobanya sekarang.

 

4. Menyiapkan masakan

Memasak di dapur secara tidak sadar juga bisa membuatmu aktif bergerak. Mulai dari mencuci bahan masakan, memotong, sampai memasaknya kamu dipaksa untuk terus bergerak kesana-kemari. Selain mendapatkan masakan yang ditunggu, kamu juga jadi bisa bergerak ringan yang bermanfaat untuk tubuh.

 

5. Decluttering

Kamu biasa menumpuk barang-barang yang sudah tidak terpakai? Atau sering berbelanja impulsif setiap habis gajian? Jika ya, mungkin kamu harus mencoba latihan fisik yang satu ini yaitu decluttering. Decluttering dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan dan hanya menyimpan barang-barang yang benar-benar dibutuhkan.

Jadi decluttering bukan hanya kegiatan beres-beres barang biasa. Melainkan menyortir mana barang yang masih terpakai dan mana yang sudah semestinya dibuang atau bahkan di daur ulang menjadi barang yang memiliki daya guna. Misalnya seperti celana jeans yang sudah sempit, kamu bisa mendaur ulangnya menjadi tas kecil untuk handphone atau dompet. Selain menjadikan ruangan menjadi rapi dan tidak sesak, kamu juga bisa sekaligus latihan fisik  karena banyak bergerak.

 

Setelah beraktivitas fisik seharian, tubuh akan terasa lengket dan bau. Untuk itu, jangan lupa memilih produk kebersihan yang menunjang gaya hidup bersih dan sehat mu. Kamu bisa menggunakan Lifebuoy Sabun Cair Cool Fresh yang dibuat dengan menthol organik sehingga membuat kulitmu menjadi sejuk dan segar.

packshot lifebuoy cool fresh