Kenali Beragam Manfaat Lemon untuk Kulit

Kenali Beragam Manfaat Lemon untuk Kulit

AddTHis is disabled because of cookie content

Lemon sudah lama dikenal sebagai buah yang mengandung banyak khasiat. Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, jeruk lemon juga bisa diaplikasikan dari luar untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat lemon untuk kulit tersebut tak lepas dari banyaknya kandungan zat penting yang dimiliki. Sebelum membahas mengenai manfaat jeruk lemon, ada baiknya Anda mengenali dulu kandungan-kandungan jeruk lemon yang bermanfaat untuk tubuh dan kulit.

Kandungan Jeruk Lemon yang Baik untuk Kulit

 

Buah lemon mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengaplikasikan atau mengonsumsi jeruk lemon secara teratur, Anda akan merasakan berbagai manfaat kesehatan. Tak hanya itu,  beberapa kandungan yang dimiliki jeruk lemon juga membuatnya baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja kandungan-kandungan tersebut?

1. Vitamin C

Salah satu kandungan utama dalam buah lemon adalah vitamin C. Ditinjau dari segi kesehatan, vitamin C bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, berperan sebagai antioksidan, hingga membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Namun, lebih dari itu, vitamin C dalam jeruk lemon ternyata juga memiliki khasiat istimewa bagi kulit. Sebab, vitamin C dapat memperlambat proses penuaan dan melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Asam Sitrat (Citric Acid)

Citric acid atau asam sitrat merupakan salah satu turunan dari Alpha hydroxy acid (AHA), yakni senyawa kimia yang memiliki beragam manfaat penting untuk kulit. Secara umum, asam sitrat berperan penting sebagai astringent alami yang dapat membantu memperkecil pori-pori dan mengontrol produksi minyak di kulit. Tak hanya itu, kandungan lemon satu ini juga dapat mengatasi pigmentasi dan diskolorasi kulit serta membantu proses pergantian sel kulit melalui proses eksfoliasi. 

3. Magnesium

Manfaat lemon untuk kulit salah satunya juga didapatkan dari kandungan magnesium. Untuk diketahui, magnesium merupakan sumber mineral penting yang dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Magnesium juga dapat memperlambat proses penuaan dan melindungi sel kulit dari stres oksidatif, alias kondisi dimana jumlah radikal bebas yang ada pada tubuh melebihi jumlah yang dapat dinetralkan sistem tubuh.

4. Kalsium

Lapisan paling atas kulit Anda mengandung kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Itu sebabnya, apabila kekurangan kalsium, kulit Anda akan terasa kering dan gatal-gatal. Manfaat jeruk lemon salah satunya adalah untuk menyuplai kebutuhan kalsium pada kulit. Hal ini karena jeruk lemon juga memiliki kandungan kalsium cukup tinggi.

5. Kalium

Lemon memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Zat ini dapat membantu merangsang fungsi keseluruhan sistem saraf pusat (central nervous system), menjauhkan kulit dari bahaya radikal bebas, meningkatkan pembentukan sel darah, mengatur tekanan darah, dan mengurangi potensi gangguan fisik lainnya.

Apa Saja Manfaat Jeruk Lemon untuk Kulit?

Dengan beragam kandungan zat penting yang dimiliki, tidak mengherankan jika jeruk lemon menawarkan segudang manfaat. Selain untuk kesehatan, manfaat jeruk lemon tersebut juga berlaku bagi kulit Anda. Berikut adalah beberapa manfaat jeruk lemon untuk kulit yang perlu Anda ketahui:

1. Mencerahkan Kulit

Salah satu cara ampuh, alami, dan aman untuk mencerahkan kulit adalah dengan menggunakan ekstrak jeruk lemon. Hal ini karena ekstrak lemon mengandung pemutih alami yang berasal dari vitamin C. Karena berasal dari alam, manfaat jeruk lemon untuk mencerahkan kulit tentu jauh lebih aman dibandingkan produk-produk pemutih kulit yang menggunakan bahan dasar kimia. Tak hanya itu, lemon juga kaya akan asam sitrat yang juga berfungsi sebagai pencerah kulit.

2. Menghilangkan Jerawat dan Mengatasi Komedo

Kandungan antibakteri dan antijamur yang terdapat dalam lemon dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo. Manfaat lemon untuk kulit, khususnya berkaitan dengan menghilangkan jerawat dan komedo, bisa didapatkan dengan cara mudah. Anda tinggal memotong tipis buah lemon, lalu memijatkannya di area berjerawat. Diamkan selama 5-10 menit sebelum membilasnya dengan air.

3. Memudarkan Bintik Hitam dan Bekas Luka

Manfaat jeruk lemon untuk menghilangkan noda hitam dan bekas luka didapatkan dari kandungan asam sitrat yang dimiliki. Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan memperlancar pertumbuhan sel kulit baru. Dengan begitu, masalah bintik hitam, bekas jerawat, dan bekas luka lain yang menempel pada sel kulit lama pun dapat dihilangkan.

4. Mengatasi Masalah Minyak Berlebih

Ekstrak lemon dapat mengatasi kulit berminyak dan mencegah produksi sebum berlebih yang muncul di pori-pori kulit. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah minyak berlebih dengan lemon. Cara pertama, Anda bisa mencampur lemon dengan madu dan mengaplikasikannya ke kulit. Lakukan hal ini sehari sekali secara teratur. Cara lainnya, adalah dengan menggunakan kapas yang diberi sedikit tetesan ekstrak lemon.

5. Menyembuhkan Kulit Gatal

Gatal di kulit bisa disebabkan oleh dua masalah, yakni karena kondisi kulit kering dan gatal akibat jerawat. Salah satu manfaat lemon untuk kulit adalah untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Masalah gatal bisa diatasi dengan menggunakan ekstrak lemon yang dicampur dengan air. Sensasi segar yang dimiliki lemon, berkombinasi dengan kandungan zat tertentu, cukup efektif untuk menghilangkan rasa gatal yang muncul.

6. Mengurangi Bau Badan

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat dalam jeruk lemon dapat membantu mengatasi bau badan berlebih. Manfaat jeruk lemon untuk mengurangi bau badan tersebut bisa didapat baik itu dengan memanfaatkan lemon itu sendiri maupun mengombinasikannya dengan bahan-bahan lain seperti garam, baking soda, dsb. 

7. Menjaga Keseimbangan pH

Walaupun termasuk ke dalam buah dengan tingkat keasaman tinggi, lemon ternyata memiliki manfaat untuk menjaga pH tubuh agar tetap seimbang. Hanya dengan meminum air perasan jeruk lemon secara rutin, keseimbangan pH tubuh dan kulit Anda dapat terjaga. Dalam hal ini, lemon bermanfaat menetralkan pH tubuh dengan mengurangi tingkat keasamannya dan mengubahnya menjadi alkalin.

8. Membasmi Sel Kulit Mati

Salah satu masalah yang bisa terjadi akibat menumpuknya sel kulit mati adalah penyumbatan pori-pori. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, dsb. Agar hal itu tak terjadi, sel kulit mati tersebut bisa dihilangkan dengan memanfaatkan jeruk lemon. Sebab, kandungan asam sitrat dalam jeruk lemon bermanfaat sebagai media eksfoliasi alami yang ampuh mengangkat sel kulit mati.

9. Mengatasi Masalah Pigmentasi Kulit

Diskolorasi atau proses perubahan warna pada kulit dapat diatasi dengan memanfaatkan buah lemon. Sebab, kandungan pemutih alami dalam lemon dapat membantu meratakan warna kulit dan mengatasi masalah diskolorasi atau pigmentasi. Untuk meratakan warna kulit, Anda hanya perlu mengaplikasikan ekstrak lemon yang telah dicampur air pada bagian-bagian kulit yang warnanya tidak rata.

10. Sebagai Antibakteri

Seperti diketahui, kulit merupakan bagian terluar tubuh yang rentan terkontaminasi debu, kotoran, dan polusi. Itu sebabnya, kuman dan bakteri juga sangat mudah menempel pada kulit. Dalam hal ini, lemon mengandung unsur polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Dengan kandungan polifenol yang dimiliki lemon, kulit Anda dapat terhindar dari bakteri jahat seperti Bacillus subtilis, Salmonella typhi, E. coli, dan Klebsiella pneumonia. Lemon juga dapat meningkatkan produksi keringat sehingga dapat membantu proses penyembuhan saat Anda demam atau terkena influenza.

Beragam manfaat jeruk lemon tersebut kini bisa Anda dapatkan dengan mudah, tanpa harus bersusah payah mengolahnya secara tradisional. Manfaat lemon untuk kulit bisa didapatkan salah satunya dengan memilih sabun mandi yang dirancang dengan kandungan lemon, seperti produk Lifebuoy Lemon Fresh. Sari lemon yang terkandung dalam sabun Lifebuoy Lemon Fresh dapat membersihkan kulit secara menyeluruh, melindungi kulit dari kuman jahat, merevitalisasi kulit, dan memberikan sensasi segar di setiap penggunaannya. Jadi, sudah siap mendapatkan manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda?

Referensi:

  • beautymunsta.com/10-amazing-lemon-benefits-for-skin/
  • huffpost.com/entry/lemon-beauty-benefits_n_5b9d6d1fe4b03a1dcc87dcd0
  • faithinnature.co.uk/article/benefits-of-lemon-for-skin.aspx
  • stylecraze.com/articles/benefits-of-lemon-water-for-skin-hair-and-health/#gref
  • womenshealthmag.com/beauty/a19934865/uses-for-lemons/