Berbagai Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Hari Cuci Tangan Sedunia

AddTHis is disabled because of cookie content

Banyak orang menganggap bahwa cuci tangan merupakan hal remeh. Padahal, kebiasaan mencuci tangan adalah awal yang baik untuk mencegah berbagai penyakit. Hal ini karena banyak wabah penyakit dapat muncul akibat tangan yang kotor. Itu sebabnya, kebiasaan mencuci tangan menjadi hal penting yang harus ditanamkan dalam keluarga. Hari cuci tangan sedunia atau global handwashing day pun menjadi momentum yang tepat untuk menunjukkan betapa pentingnya manfaat cuci tangan dan menggalakkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun. Apakah Anda sudah tahu kapan hari mencuci tangan sedunia dirayakan setiap tahun? Yuk, simak berbagai hal penting dan fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang hari cuci tangan sedunia di artikel ini!

Apa Itu Hari Cuci Tangan Sedunia?

Momen hari cuci tangan sedunia pertama kali dicetuskan pada tanggal 15 Oktober 2008 oleh Global Handwashing Partnership. Peringatan yang kemudian menjadi momentum tahunan tersebut diawali dengan aktivitas mencuci tangan menggunakan sabun yang dilakukan 120 juta anak di lebih dari 70 negara. Sejak itu, global handwashing day selalu diperingati pada tanggal 15 Oktober setiap tahun. Peringatan hari cuci tangan sendiri dicetuskan bukan tanpa alasan. Melalui momentum ini, Global Handwashing Partnership berniat mengedukasi tentang pentingnya manfaat cuci tangan pakai sabun pada masyarakat dunia. Selain penjelasan tentang cara mencuci tangan yang benar, pengetahuan mengenai manfaat cuci tangan, penyakit yang muncul akibat malas cuci tangan, hingga berbagi hal lain mengenai kebiasaan cuci tangan pakai sabun konsisten disuarakan di tiap perayaan hari cuci tangan sedunia. Melalui peringatan ini, diharapkan bahwa kebiasaan mencuci tangan menjadi bagian dari agenda penting dunia. Dengan begitu, diharapkan masyarakat tak lagi menjadikan rutinitas cuci tangan pakai sabun sebagai sebuah keterpaksaan, namun menjadi sebuah kebiasaan yang sulit ditinggalkan. 

Sejarah Awal Hari Cuci Tangan Sedunia

Pada awalnya, Global Handwashing Partnership sebagai pencetus hari cuci tangan sedunia digagas dengan nama Global Public-Private Partnership for Handwashing (PPPHW). Pada tahun 2008, PPPHW mulai berfokus ingin menggerakkan hal baru yang dapat mengajarkan dan mengedukasi manfaat cuci tangan pada masyarakat secara global dan konkret. Mengingat aktivitas cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu agenda internasional yang diperhatikan oleh banyak pihak, ide untuk membuat peringatan global handwashing day pun mulai digagas. Pada tahun yang sama, yakni 2008,  peringatan hari cuci tangan sedunia yang pertama pun resmi digelar. 

Upaya menyebarkan edukasi mengenai pentingnya cuci tangan tersebut terus berkembang dan mendapat banyak sambutan baik di berbagai negara. Bahkan, seiring berjalannya waktu, peringatan global handwashing day mendapatkan dukungan masif dari banyak pihak, mulai dari pemerintah, sekolah, NGO, perusahaan, dan banyak lagi lainnya. Di tahun 2012, hari cuci tangan sedunia mulai dikemas dengan konsep yang semakin menarik, yakni dengan menghadirkan seri handwashing think tank. Seri think tank tersebut terdiri dari pembelajaran baru tentang cara mencuci tangan dengan sabun, identifikasi kesenjangan yang menghambat kebiasaan cuci tangan, serta cara baru untuk menggalakkan perilaku cuci tangan. Hingga kini, hari cuci tangan sedunia pun terus konsisten diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 15 Oktober. 

Ragam Tema Menarik Hari Cuci Tangan Sedunia

Untuk mewujudkan tujuan utama mengedukasi pentingnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun secara global, tentu diperlukan cara-cara khusus untuk memancing antusiasme masyarakat dapat terpancing. Hal ini salah satunya dilakukan dengan menghadirkan tema-tema menarik di setiap peringatan hari cuci tangan sedunia. Ya, setiap tahunnya, global handwashing day memang dikemas dengan tema-tema tertentu. Tema-tema tersebut terus berganti setiap tahun, dan disesuaikan dengan tujuan atau substansi cuci tangan yang ingin diajarkan. Pada tahun 2018 misalnya, tema menarik yang dihadirkan yakni ‘Clean Hands - A Recipe for Health’. Itu artinya, pada tahun tersebut, hari cuci tangan sedunia berfokus pada edukasi mengenai hubungan antara cuci tangan dan makanan. Di Hari Cuci Tangan Sedunia 2018, peringatan difokuskan untuk mengedukasi betapa pentingnya cuci tangan untuk menjaga makanan tetap aman, mencegah penyakit, menjaga kesehatan keluarga, dan dapat membantu pertumbuhan anak menjadi lebih sehat dan kuat. Sementara di peringatan hari cuci tangan sedunia tahun 2019 ini, tema yang akan diangkat dan fokus menjadi poin edukasi adalah ‘Clean Hands for All’. Jadi, sudah siap merayakan hari cuci tangan sedunia? 

Hari Cuci Tangan Sedunia: Cuci Tangan Pakai Sabun Itu Penting!

Sudah bertahan dan konsisten diperingati selama lebih dari satu dekade lamanya, global handwashing day terbukti mampu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya membangun kebiasaan cuci tangan. Sebab, tak hanya sekedar faktor kebersihan, cuci tangan pakai sabun juga bisa membawa banyak dampak baik dalam kehidupan. Berikut ini beberapa fakta penting mengenai cuci tangan yang dipaparkan Global Handwashing Partnership dan selalu diedukasikan di setiap peringatan hari cuci tangan sedunia tanggal 15 Oktober:

  • Sebanyak 80% wabah penyakit menular ternyata menyebar ke orang lain melalui sentuhan tangan.

  • Kaum wanita terbukti lebih rajin mencuci tangan daripada pria. Fakta ini membuat pria membutuhkan edukasi lebih banyak tentang manfaat cuci tangan.

  • Mencuci tangan dengan sabun secara benar dan teratur akan meminimalkan risiko infeksi dan mengurangi angka kematian.

  • Semua orang bisa mencegah risiko penyakit dan meningkatkan kualitas kesehatan melalui kebiasaan mencuci tangan.

  • Penggunaan air saja tidak cukup. Karena Anda membutuhkan sabun dengan kandungan antiseptik untuk membersihkan tangan dari berbagai mikroorganisme penyebab penyakit.

Merayakan Hari Cuci Tangan Sedunia Bersama Lifebuoy

Sebagai sabun keluarga yang sudah lama hadir di tengah masyarakat Indonesia, Lifebuoy tak ketinggalan turut ikut merayakan hari cuci tangan sedunia. Setiap tahunnya, Lifebuoy ikut berpartisipasi aktif menyebarkan edukasi pentingnya cuci tangan pakai sabun kepada masyarakat Indonesia. Komitmen yang telah dijalankan sejak tahun 2004 ini bahkan telah sukses menjangkau lebih dari 89 juta tangan sehat di seluruh Indonesia. Di setiap peringatan global handwashing day, Lifebuoy rutin menghadirkan berbagai macam event menarik, salah satunya seperti roadshow ke sekolah-sekolah. Edukasi cuci tangan yang dilakukan Lifebuoy memang difokuskan untuk menyasar tiga pilar utama, yakni pilar sekolah, pilar PKK, dan pilar rumah sakit. Melalui perayaan hari cuci tangan sedunia yang dikemas dalam berbagai event tersebut, Lifebuoy berharap bisa mencapai target meraih 100 juta tangan sehat Indonesia di tahun 2020.  

Memulai kebiasaan cuci tangan pakai sabun bukanlah hal sulit. Anda bisa menerapkannya mulai dari lingkungan keluarga. Ajaklah anak-anak dan anggota keluarga lainnya untuk mencuci tangan secara teratur dengan sabun mulai hari ini. Ketersediaan air bersih yang mengalir dan sabun antiseptik akan mempermudah kebiasaan tersebut. Dengan begitu, kesehatan keluarga pun akan senantiasa terjaga. Jangan lupa, pilih juga sabun cuci tangan berkualitas untuk mendukung kebiasaan cuci tangan. Anda bisa memulai kebiasaan cuci tangan menggunakan varian sabun cuci tangan Lifebuoy, yang dihadirkan dengan beragam manfaat. Selain lembut, sabun cuci tangan Lifebuoy juga mengandung bahan antiseptik yang efektif membasmi kuman penyebab penyakit. Jadi, sudah siap merayakan hari cuci tangan sedunia tahun ini?

 

Sumber:

 

globalhandwashing.org/global-handwashing-day/about-ghd/

globalhandwashing.org/global-handwashing-day-2018-clean-hands-a-recipe-for-health/

promkes.kemkes.go.id/hari-cuci-tangan-pakai-sabun-sedunia

globalhandwashing.org/about-us/our-history/

home.bt.com/lifestyle/health/wellness/15-terrifying-hygiene-facts-you-need-to-know-on-global-handwashing-day-11364010831581



Diakses pada: 11 April 2019