Jenis-jenis Mineral Clay dan Manfaatnya Untuk Kulit

Jenis-jenis Mineral Clay dan Manfaatnya Untuk Kulit

AddTHis is disabled because of cookie content

Ketika kecil, kamu mungkin pernah bermain clay atau tanah liat bersama teman-teman sebaya mu. Nah, ternyata clay ini bukan hanya digunakan sebagai mainan lho. Sejak berabad-abad yang lalu, mineral clay sudah digunakan untuk kosmetik. Bahkan, clay juga sering digunakan oleh Cleopatra untuk merawat kecantikan kulitnya. Penasaran kan, seberapa hebat sih manfaat dari penggunaan clay ini? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Clay adalah mineral bumi yang dihasilkan dari adanya degradasi batuan mineral. Mineral clay memang sudah lama digunakan untuk kosmetik terutama untuk masker wajah karena segudang manfaatnya untuk perawatan dan kecantikan kulit. Beberapa manfaatnya yaitu untuk mengangkat kotoran pada kulit, menyerap racun, melancarkan sirkulasi, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan memberikan kesegaran dan kelembutan pada kulit. Manfaat mineral clay sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis clay yang digunakan. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi kamu karena dengan ini clay bisa diterapkan untuk semua jenis kulit.

Berikut adalah 7 jenis mineral clay dan manfaatnya untuk kulitmu:

 

1. Red Clay

Bagi kamu yang ingin menghilangkan komedo yang mengganggu, masker wajah dengan kandungan red clay adalah jawaban terbaik. Masker wajah dengan kandungan red clay berfungsi untuk menghilangkan komedo, mengeksfoliasi kulit, mengecilkan pori-pori, mencerahkan dan meregenerasi kulit wajah.

Red clay memiliki kandungan silika yang lebih tinggi dan memiliki daya serap paling kuat dari semua jenis clay. Karena itu, red clay juga mampu mengangkat kotoran yang membandel di kulit. Selain itu, red clay juga kaya akan oksida besi alami yang bagus untuk kulit sensitif dan cenderung mudah berjerawat.

Sama seperti jenis clay lainnya, red clay juga diterapkan dengan air hangat dan ketika kamu melepas masker, kamu sekaligus membersihkan seluruh racun yang menempel di kulit wajah. Sebagai tambahan, ada beberapa tips dalam menggunakan red clay.

Yang pertama pilihlah red clay yang alami tanpa tambahan bahan-bahan kimia lain di dalamnya. Kedua, siapkan air hangat, dan simpan clay dalam tempat yang rapat dan tertutup agar bisa digunakan kembali di lain waktu, aktivasikan clay dengan menambahkan satu sendok air hangat kemudian aduk merata. Sambil diaduk, tambahkan lagi clay dan air sampai masker clay yang dibuat menjadi lembut. Oleskan  masker pada seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

 

2. Green Clay

Kabar baik bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, masker wajah dengan green clay ini berfungsi untuk mengendalikan minyak berlebih di wajah, meregenerasi serta mendetoks kulit wajah. Kandungan mineral pada green clay sangatlah tinggi, antara lain kalsium, potasium, magnesium, tembaga, dan mangan.

Selain itu, manfaat green clay lainnya yaitu untuk menghapus kotoran pada kulit, menguatkan pori-pori, mencerahkan kulit, mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, dan mengurangi inflamasi. Green clay juga cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit yang rentan berjerawat karena green clay dapat mengurangi inflamasi atau radang pada jerawat di kulit. Sel-sel kulit mati pada kulit wajah pun dapat ikut terangkat. Kulit pun bisa menjadi lebih bersih dan cerah.

Berikut ini detail list manfaat dari green clay yang bisa kamu dapatkan:

●      Mengontrol produksi minyak di kulit

●      Membersihkan dan menguatkan pori-pori

●      Menghapus kotoran atau detoksifikasi pada kulit

●      Meregenerasi kulit

●      Mengurangi inflamasi

●      Membersihkan jerawat

 

3. Yellow Clay

Yellow clay memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi. Clay ini sangat lembut dan bisa digunakan untuk kulit kering dan juga sensitif. Yellow clay juga dianggap sebagai pembersih yang baik karena dapat menghilangkan noda yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Selain itu juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Manfaat lain dari masker yellow clay ini yaitu untuk mencerahkan kulit wajah dan juga untuk memperbaiki kulit. Selanjutnya, karena kandungan vitamin C nya yang tinggi, yellow clay juga sangat baik untuk merangsang pertumbuhan sel kolagen yang akan membuat kulit tampak lebih kenyal dan awet muda. Masker yellow clay ini sangat cocok untuk kamu yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari. Kulit yang menjadi gelap dan kusam bisa teratasi dengan pemakaian masker yellow clay ini.

Sebagai pencegahan agar kulit tidak menjadi kusam dan gelap, gunakanlah sunscreen dengan UVA dan UVB dengan SPF minimal 30 secara teratur. Gunakan di pagi hari sebelum beraktivitas, dan terapkan kembali setelah tiga jam sekali atau setiap kali kamu selesai mencuci muka.

 

4. Black Clay

Sering bergonta-ganti skin care serta terkena debu dan polusi bisa membuat kulit menjadi kotor dan kusam. Untuk menanganinya, kamu bisa memakai masker black clay secara teratur. Masker wajah black clay mengandung zat besi yang tinggi sehingga diyakini sangat ampuh dalam membersihkan bakteri dan kotoran yang menempel pada kulit. Selain itu, black clay juga berfungsi untuk menutrisi kulit, mendetoks kulit, dan menghilangkan racun di kulit.

Black clay kaya akan mineral dan juga silika, zat besi, strontium, kalsium dan magnesium yang secara aktif mampu menghapus jerawat dan bintik-bintik hitam pada kulit. Clay jenis ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan sangat baik untuk menghapus minyak berlebih dari pori-pori. Black clay ini juga memiliki sifat mencerahkan yang membantu meratakan pigmentasi kulit. Manfaat lain dari black clay ini juga yaitu bisa mengeluarkan racun dari kulit dan membantu meremajakan sel-sel baru. Hal ini tentu akan membuat kulit terlihat tampak lebih muda dan segar.

Kandungan kalsium dan magnesium yang ada di dalamnya pun membuat black clay mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat, menghaluskan kulit,  menghilangkan kerutan di wajah . Hal ini sangat cocok untukmu yang ingin memiliki kulit lebih kencang, dan selalu terlihat awet muda.

 

5. Pink Clay

Pink clay sangat populer dalam produk-produk perawatan kulit karena manfaatnya yang bisa menenangkan kulit, anti-aging, dan mampu membersihkan kulit. Pink clay juga cocok untuk semua jenis kulit, terutama untuk kulit kering dan sensitif. Manfaat lain yang bisa kamu dapat yaitu revitalisasi kulit. Selain sebagai anti-aging, pink clay juga bisa merevitalisasi kulitmu.

Pink clay seringkali disebut sebagai rose clay karena warnanya yang berwarna pink seperti bunga mawar. Pink clay merupakan kombinasi dari white dan red clay, sehingga pink clay mengandung manfaat dari keduanya. White clay sangat cocok untuk kulit berminyak, karena dapat mengontrol produksi minyak pada kulit. Sementara red clay berfungsi untuk meregenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Dikutip dari Modern Vintage Ville, berikut ini beberapa manfaat pink clay:

●      Membersihkan pori-pori secara menyeluruh tanpa merusak pertahanan kulit

●      Red clay nya sendiri mengandung mineral silika yang bisa meningkatkan elastisitas kulit dan regenerasi sel

●      Memutihkan dan mencerahkan kulit

●      Red clay mengandung copper yang memproduksi kolagen dan elastin dalam sel

●      Meningkatkan warna kulit

●      Menetralisir produksi sebum

●      Memiliki efek desinfektan

●      Memperbaiki gangguan fungsi jaringan

Segudang manfaat dari pink clay ini bisa diperoleh secara instan dari sejak pemakaian pertama. Karena itu, jika kamu sedang bersiap-siap untuk acara tertentu atau bahkan kencan, masker wajah dengan kandungan pink clay ini bisa memberikanmu yang terbaik dalam jangka waktu yang singkat.

 

6. Blue Clay

Banyak faktor yang membuat kulit tampak lebih kusam, hitam dan tidak terawat, salah satunya karena stress, aktivitas yang padat, pola makan yang tidak teratur, kurang tidur, dan make up yang tebal. Untuk mengembalikan kesegaran kulit, kamu bisa menggunakan produk masker blue clay yang membantu menghidrasi kulit dan menjaga kulit tetap lembab.

Masker blue clay mengandung hyaluronic acid yang efektif untuk menghidrasi kulit dan juga melembabkan. Masker ini juga membantu mencerahkan kulit, sehingga kulit menjadi terlihat lebih segar dan sehat. Manfaat lain yang bisa didapat dari pemakaian masker blue clay yaitu baik untuk menjaga keseimbangan kulit seperti menjaga kulit dari minyak berlebih, dan permasalahan kulit lainnya. Blue clay juga memiliki efek menyembuhkan seperti untuk mengobati jerawat, eksim, psoriasis dan kondisi kulit lain.

Agar kulit tidak menjadi kusam kembali, gunakan masker blue clay secara rutin dan hindari faktor-faktor penyebabnya. Perbanyak minum air putih, konsumsi buah dan sayur, olahraga teratur dan istirahat yang cukup menjadi langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat.

 

7. Purple clay

Faktor usia, paparan sinar matahari dan polusi udara membuat kulit sangat rentan sehingga menjadi kasar dan kusam. Namun tidak usah khawatir, karena kini terdapat juga clay mask untuk mengatasi kulit yang cenderung kasar dan kusam. Purple clay berfungsi membuat kulit yang kasar menjadi lebih halus dan mengembalikan kelembutan kulit.

Beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan purple clay diantaranya memberikan cahaya alami pada kulit, mengatasi tanda-tanda penuaan, menjaga kelembaban kulit, meremajakan kulit serta tidak memiliki efek yang merugikan.

Purple clay merangsang sirkulasi pada kulit, sehingga mampu meratakan warna kulit, dan membantu mengurangi garis dan kerutan di area wajah. Purple clay sangat esensial membuat kulit menjadi lebih kencang. Sementara itu, karena kandungan garam mineralnya yang rendah, purple clay adalah teman yang sempurna untuk kulit kering dan rapuh. Purple clay tidak menarik minyak dari kulit, dan biasanya dapat digunakan pada kulit kering atau sensitif tanpa reaksi yang merugikan. Namun, dapat digunakan pada semua jenis kulit dengan aman, dan tidak ada efek samping yang merugikan.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan beragam manfaat dari mineral clay. Kamu dapat mencoba untuk menggunakan mineral clay untuk perawatan tubuhmu. Produk kesehatan kulit berbahan mineral clay yang bisa kamu gunakan antara lain adalah Lifebuoy Natural Shiso & Mineral Clay. Terinspirasi dari kebaikan daun shiso Jepang dan mineral pink clay, varian terbaru dari Lifebuoy ini ampuh membersihkan tubuh secara menyeluruh dan juga menutrisi kulitmu pada saat yang bersamaan. Aroma khusus dari bahan-bahan alami Jepang akan memberikan sensasi rileks pada saat mandi.

 

packshot lifebuoy japanese shinso & mineral clay