Lifebuoy Jaga Daya Tahan Tubuh saat Pergantian Musim dengan Cara Ini

Jaga Daya Tahan Tubuh saat Pergantian Musim dengan Cara Ini

AddTHis is disabled because of cookie content

Bukan rahasia lagi bila pergantian musim kerap membuat banyak orang rentan sakit. Kelembapan udara tinggi serta perubahan cuaca ekstrem adalah kondisi yang dapat mendukung perkembangbiakan mikroorganisme penyebab penyakit. Itulah sebabnya Anda harus cermat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami supaya tak mudah sakit.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh saat pergantian musim sebenarnya tidak sulit. Anda tak harus mengonsumsi vitamin-vitamin mahal agar tetap bugar. Lakukan beberapa cara sederhana ini untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga Anda senantiasa fit:

Konsumsi Makanan Bergizi dengan Porsi Seimbang

Salah satu cara paling mudah untuk menjaga daya tahan tubuh selama pergantian musim adalah mengonsumsi makanan bergizi. Pastikan tubuh Anda selalu mendapatkan asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat yang cukup. Jangan malas mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan supaya kebutuhan gizi tubuh Anda terpenuhi setiap hari.

Lakukan Aktivitas dengan Teratur

Momen pergantian musim bukanlah halangan bagi Anda untuk melakukan aktivitas fisik. Jadi, sebaiknya Anda tetap melakukan aktivitas fisik secara teratur setiap tiga hingga empat kali seminggu. Lakukan kegiatan olahraga ringan yang Anda sukai, misalnya jogging, berenang, bersepeda, atau olahraga permainan (futsal, bulutangkis, dan basket). Jika cuaca tidak memungkinkan, lakukan aktivitas fisik di rumah atau gym agar tubuh Anda tetap sehat.

Waktu Istirahat yang Cukup

Sesibuk apa pun Anda, tubuh butuh waktu tidur yang cukup untuk mengistirahatkan semua fungsi organ. Usahakan untuk memiliki waktu tidur minimal tujuh jam setiap hari. Kurang tidur bukan hanya berisiko menurunkan daya tahan tubuh, tetapi juga bisa membuat Anda bad mood, kurang konsentrasi, dan meningkatkan nafsu makan secara berlebihan.

Kenakan Pakaian yang Nyaman dan Bertekstur Tebal

Pakaian yang nyaman dan bertekstur tebal akan melindungi tubuh dari hembusan angin kencang dan polusi udara. Hal sederhana ini merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif dan mudah dilakukan. Orang-orang yang menggunakan pakaian tipis selama pergantian musim biasanya lebih rentan sakit akibat kedinginan atau kehujanan.

Mencuci Tangan pada Waktu yang Tepat

Kebiasaan mencuci tangan juga termasuk cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif bagi semua kalangan usia. Ini karena mikroorganisme dan kotoran yang menempel di tangan dapat menjadi media penyebaran penyakit. Anda harus menggunakan sabun cuci tangan yang mengandung antiseptik agar kondisi tangan benar-benar bersih. Lima waktu tepat untuk mencuci tangan, yaitu:

  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Saat mandi.
  • Setelah bersin atau batuk.
  • Setelah menggunakan gadget atau barang elektronik lainnya.

Mandi Dua Kali Sehari

Selain cuci tangan, mandi dua kali sehari juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mandi dengan sabun antiseptik akan membasmi mikroorganisme penyebab penyakit yang menempel pada permukaan kulit. Tak hanya merasa segar usai mandi, tubuh Anda pun akan kembali higienis dan terhindar dari penyakit menular.

Aktivitas mandi kini semakin menyenangkan sejak ada beragam varian sabun cair Lifebuoy. Salah satu jenis sabun cair Lifebuoy yang paling disukai banyak orang adalah Lifebuoy Cool Fresh. Lifebuoy Cool Fresh mengandung mentol organik dari minyak daun peppermint yang memberikan sensasi segar. Kandungan tersebut juga membantu membersihkan kulit hingga ke pori-pori serta dapat membantu mengatasi masalah kulit. Tubuh akan terasa lebih sejuk dan nyaman usai mandi dengan Lifebuoy Cool Fresh.

Kalau bosan dengan Lifebuoy Cool Fresh, masih ada varian sabun cair Lifebuoy lainnya yang bisa menjadi alternatif. Yuk, mandi teratur dua kali sehari untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membuat Anda lebih percaya diri dengan tubuh yang wangi dan higienis.

 

Sumber:

cosmopolitan.co.id/article/read/8/2018/14469/6-tips-penting-menjaga-kesehatan-di-musim-pancaroba

halodoc.com/6-tips-menjaga-daya-tahan-tubuh-di-musim-pancaroba

kompas.com/tren/read/2019/10/08/203146365/musim-pancaroba-lakukan-ini-agar-tetap-sehat-dan-fit?page=all

whatsnewindonesia.com/jakarta/5-ways-to-stay-fit-during-transitional-season-in-jakarta/

 

Diakses pada:

10 Februari 2020