Jangan Biarkan Sistem Imun Melemah, Kenali Peran Pentingnya

Jangan Biarkan Sistem Imun Melemah, Kenali Peran Pentingnya

AddTHis is disabled because of cookie content

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi sangat sentral dalam pertahanan tubuh manusia. Tanpa sistem imun, tubuh akan rentan terkena serangan kuman, parasit, atau virus. Sistem imun juga lah yang berperan melawan serangan berbagai jenis patogen, sehingga tubuh Anda tetap berada dalam kondisi sehat. Lantas, bagaimana cara kerja sistem kekebalan tubuh manusia dalam menangkal serangan patogen? Apa yang terjadi bila sistem penting tersebut tidak berfungsi dengan baik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Mengenal Sistem Imun Lebih Dekat

Sistem imun pada dasarnya merupakan sistem perlindungan yang ada di dalam tubuh manusia. Dalam istilah lain, sistem imun sering juga disebut sebagai sistem kekebalan tubuh. Fungsi utama sistem ini adalah menangkal radikal bebas yang dapat menyerang dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Bila sistem imun atau sistem kekebalan tubuh berfungsi baik, tubuh Anda tidak akan mendapat proteksi yang semestinya. Sebagai akibatnya, Anda akan mudah jatuh sakit karena rentan terserang berbagai macam patogen, termasuk bakteri dan virus. Dalam tubuh manusia, sistem imun terbagi menjadi beberapa tipe, di antaranya:

  • Sistem imun bawaan: Sistem imun yang terbentuk sejak kita lahir. Merupakan garis pertahanan pertama untuk melawan patogen. Contoh sistem imun bawaan yakni kulit dan selaput lendir pada tenggorokan dan usus.
  • Sistem imun adaptif: Sistem imun ini terbentuk setelah Anda mendapatkan vaksinasi atau saat tubuh terancam penyakit. Sistem imun adaptif membangun berbagai antibodi yang mampu membedakan berbagai jenis patogen.
  • Sistem imun pasif: Sering disebut juga sebagai sistem imun ‘pinjaman’, di mana antibodi seseorang dipindahkan ke individu lainnya. Contohnya sistem imun yang didapatkan bayi dari plasenta ibu sebelum lahir dan dari ASI setelah lahir.

Setiap individu memiliki sistem imun yang berbeda-beda. Namun umumnya, sistem imun akan bertambah kuat seiring dengan pertambahan usia manusia. Sebab, semakin sering tubuh Anda terekspos berbagai jenis patogen, sistem imun dalam tubuh akan secara otomatis berkembang. Sistem kekebalan sendiri menyebar di seluruh bagian tubuh, serta melibatkan banyak sel, organ, protein, dan jaringan. Sistem ini dapat membedakan jaringan yang ada dalam tubuh kita dan jaringan asing. Dengan begitu, sel-sel mati atau unsur asing lain yang tidak dikenali akan secara otomatis dibersihkan dari tubuh.

Fungsi Sistem Imun dalam Tubuh

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki berbagai fungsi dan peran penting dalam tubuh manusia. Berikut ini beberapa yang perlu Anda ketahui:

  • Proteksi tubuh dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh patogen, termasuk jenis penyakit menular.
  • Menjaga keseimbangan homeostatis yang berfungsi memenuhi kebutuhan tubuh melalui interaksi seluruh sistem yang terdapat didalamnya.
  • Mendeteksi jaringan sel abnormal dan mengeliminasinya dari tubuh. Juga menyingkirkan jaringan sel yang rusak atau mati.
  • Mampu menghancurkan sel kanker atau zat asing lain yang ingin menginvasi tubuh.

Sistem imun yang berfungsi baik mampu melindungi tubuh Anda dari berbagai macam serangan, baik karena faktor internal maupun eksternal. Sebaliknya, bila kekebalan tubuh melemah, patogen akan mudah menyerang tubuh dan memperburuk kondisi kesehatan. Bahkan, saat sistem imun melemah, risiko terkena serangan sel kanker menjadi lebih tinggi.

Apa Tanda-tanda Sistem Kekebalan Tubuh Melemah?

Tak banyak orang menyadari apa tanda-tanda yang muncul saat sistem kekebalan tubuh melemah. Padahal, bila terlambat disadari, melemahnya sistem imun bisa berdampak pada memburuknya kondisi kesehatan. Sebaliknya, jika Anda terlebih dulu menyadari bahwa sistem imun sedang tidak baik, Anda bisa melakukan upaya preventif untuk mencegah ancaman penyakit yang mungkin muncul. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di bawah ini, kemungkinan sistem kekebalan tubuh Anda mulai melemah. Mulailah memperhatikan kesehatan dengan banyak istirahat dan menjaga asupan gizi atau nutrisi yang masuk ke tubuh.

1. Warna Urine Tidak Jernih

Periksa kondisi warna urine Anda. Warna urine yang sehat adalah putih jernih atau kuning muda jernih. Jika warna urine keruh bahkan cenderung pekat, bisa jadi hal itu merupakan pertanda sistem kekebalan tubuh Anda sedang tidak berada dalam kondisi baik. Sebab, warna urine keruh merupakan pertanda racun atau patogen dalam tubuh gagal dikeluarkan dengan baik. Untuk mengatasinya, segera perbanyak konsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari.

2. Bobot Mudah Bertambah

Apakah akhir-akhir ini Anda merasa tubuh mudah bertambah bobotnya dengan cepat? Jangan diremehkan, hal ini ternyata juga bisa menjadi pertanda sistem imun sedang lemah. Bobot yang bertambah menyebabkan tubuh sulit melawan berbagai infeksi. Selain itu, kelebihan berat badan juga dapat mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan peradangan.

3. Mudah Jatuh Sakit

Jika Anda lebih sering sakit dari biasanya, kemungkinan besar sistem imun Anda mulai melemah. Rata-rata orang dewasa mengalami flu 2-3 kali dalam setahun. Jika dalam 1 tahun Anda terserang flu lebih dari 3 kali, itu tandanya tubuh Anda sedang dalam kondisi kurang baik. Seringnya Anda jatuh sakit juga menunjukkan bahwa tubuh Anda tidak terproteksi secara maksimal dari serangan kuman atau virus.

4. Stres Berkepanjangan

Menurut American Psychological Association, stres jangka panjang dapat mengganggu kekebalan tubuh seseorang. Keadaan yang mudah tertekan dan berangsur-angsur dalam jangka panjang merupakan salah satu tanda melemahnya imunitas seseorang.

Berbagai Penyebab Terganggunya Sistem Imun

Selain mengetahui tanda-tanda melemahnya sistem imun, hal yang tidak kalah penting untuk diketahui tentu adalah penyebab melemahnya sistem imun itu sendiri. Berbagai hal berikut ini sebaiknya segera Anda hindari atau kurangi, agar sistem kekebalan tubuh dapat selalu terjaga dan bisa bekerja secara maksimal.

1. Stres dan Menurunnya Kadar Kortisol Tubuh

Stres memiliki pengaruh besar pada sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang mengalami stres kronis dalam jangka waktu lama, kadar kortisol dalam tubuh akan menurun dan menurunkan produksi prostaglandin ‘baik’. Prostaglandin adalah hormon lokal yang berfungsi membawa pesan seluler untuk mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Jika produksi senyawa ini berkurang, secara otomatis sistem imun ikut melemah.

2. Kurang Olahraga

Saat berolahraga ringan, aliran darah dalam tubuh Anda meningkat dan mendorong proses pengeluaran racun dari tubuh. Sirkulasi darah yang meningkat tersebut juga meningkatkan sirkulasi antibodi dan sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi. Hanya dengan berjalan kaki selama 20 menit tiap hari, sistem kekebalan tubuh Anda dapat bekerja lebih efektif dan maksimal.

3. Pola Makan Buruk

Mengonsumsi gula berlebihan serta sering menyantap olahan makanan yang mengandung bahan pengawet ternyata juga rentan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri terhambat secara signifikan hingga lima jam setelah Anda makan 100 gram gula atau setara dengan tiga kaleng minuman ringan manis.

4. Kurang Tidur

Tanpa tidur yang cukup, sistem kekebalan tubuh tidak mendapat kesempatan untuk membangun kembali pertahanannya. Akibatnya, sistem imun akan melemah. Kurangnya kuantitas tidur juga berkaitan dengan berkurangnya jumlah sel-T yang membantu tubuh melawan penyakit. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak cukup tidur cenderung mudah terserang virus, termasuk flu.

5. Kurang Menjaga Kebersihan

Kurangnya perhatian untuk menjaga kebersihan dan sanitasi juga menjadi salah satu faktor terbesar yang dapat melemahkan sistem imun. Sebab, dengan sanitasi yang buruk, jumlah kuman dan bakteri yang menjangkiti tubuh juga akan semakin bertambah. Serangan kuman berbahaya dalam jumlah banyak secara terus-menerus tersebut pada akhirnya membuat kinerja sistem imun juga terforsir. Dalam jangka waktu lama, sistem imun yang dipaksa bekerja ekstra tersebut bisa melemah.

Itu sebabnya, Anda sangat disarankan selalu memperhatikan kebersihan tubuh dan lingkungan. Salah satunya dengan menggunakan produk pembersih tubuh yang bersifat antibakteri, sehingga mampu membantu kinerja sistem imun dalam memproteksi tubuh Anda. Dalam hal ini, produk Lifebuoy Total 10 bisa dijadikan pilihan. Dilengkapi dengan Formula Activ Silver+ serta antiseptik alami dari timol, Lifebuoy Total 10 bekerja efektif mendukung sistem imun tubuh untuk menghalau kuman dan patogen berbahaya dari luar. Pastikan Anda selalu menjaga sistem imun atau sistem kekebalan tubuh, ya. Karena sistem imun yang kuat berarti pula tubuh yang sehat!

Referensi:

  • delimmune.com/low-immune-system-what-are-the-causes/
  • rediff.com/getahead/slide-show/slide-show-1-health-11-things-that-weaken-immune-system/20110104.htm#12
  • webmd.com/cold-and-flu/immune-system-disorders#3
  • www.medicalnewstoday.com/articles/320101.php
  • betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/immune-system
  • livescience.com/26579-immune-system.html
  • dosenbiologi.com/manusia/sistem-imun