Jadi Langganan, Begini Dampak Banjir bagi Kehidupan Lingkungan Kita

Jadi Langganan, Begini Dampak Banjir bagi Kehidupan Lingkungan Kita

AddTHis is disabled because of cookie content

Beberapa daerah di Indonesia sudah menjadi titik banjir yang selalu berulang kali terendam saat musim hujan. Bahkan, bukan hanya di Indonesia, riset Journal of Global Health 2012 juga mencatat Asia Tenggara sebagai salah satu wilayah paling rawan banjir parah. Dampak banjir terhadap lingkungan punya konsekuensi yang cukup rumit, mulai dari kesehatan, sosial ekonomi, hingga pencemaran.

Dampak Banjir bagi Kesehatan di Lingkungan Manusia

Salah satu dampak banjir bagi lingkungan manusia yang paling penting adalah persoalan kesehatan. Banjir memiliki risiko yang mengancam nyawa manusia, dimulai dari penyakit hingga kematian.

Dampak banjir terhadap lingkungan kesehatan manusia memang cukup bervariasi, tergantung dari beberapa faktor, misalnya lokasi, topografi, hingga penanganan medis yang tepat dari berbagai pihak. Beberapa dampak banjir bagi lingkungan kesehatan yang wajib menjadi perhatian antara lain:

-        Bahaya tenggelam atau terluka.

-        Penyakit hipotermia atau penurunan suhu tubuh di bawah 35 derajat Celcius.

-        Gigitan hewan dan kuman bakteri.

-        Infeksi, keracunan, dan beberapa penyakit bawaan akibat air banjir.

-        Risiko kematian atau luka karena kontak listrik.

-        Risiko kesehatan lain yang muncul akibat evakuasi pasien.

Selain itu, dampak banjir bagi lingkungan infrastruktur media yang tersedia juga menjadi pertimbangan, misalnya rumah sakit yang terendam, produk dan suplai medis yang rusak, hingga kesulitan mengakses pelayanan kesehatan akibat banjir. Jika dampak banjir bagi lingkungan tidak segera diatasi, dampak lanjutan pada kesehatan juga bisa berkaitan dengan penurunan kesehatan mental, kesulitan pangan yang berakibat malnutrisi, juga risiko jangka panjang yang tidak boleh disepelekan.

Dampak Banjir bagi Sosio-Ekonomi di Lingkungan Manusia

Beberapa dampak banjir terhadap lingkungan di aspek sosio-ekonomi antara lain:

-        Kerusakan daerah tempat tinggal, termasuk lahan, ternak, dan fasilitas lain yang termasuk di dalamnya.

-        Terganggunya kelancaran komunikasi antar manusia, terutama jika dampak banjir bagi lingkungan cukup serius yang melumpuhkan infrastruktur telekomunikasi atau aktivitas umum manusia.

-        Pengurangan atau hilangnya akses terhadap air bersih, listrik, transportasi, komunikasi, edukasi dan pelayanan kesehatan.

-        Penurunan kemampuan produksi dan produktivitas manusia, yang bisa memiliki dampak lanjutan seperti kekurangan bahan makanan dan obat-obatan.

Kita juga wajib memperhatikan dampak banjir terhadap kondisi lingkungan itu sendiri. Bahan kimia atau substansi berbahaya lain bisa terbawa pada genangan air hujan. Potensi kontaminasi akan semakin tinggi jika pengolahan limbah di sekitar lingkungan tidak sesuai standar. Ini juga bisa diakibatkan kesadaran masyarakat yang rendah tentang tata cara mengelola sampah yang benar.

Mengantisipasi Dampak Banjir bagi Lingkungan

Langkah-langkah antisipasi terhadap dampak banjir bagi lingkungan harus dijadikan sebagai bagian dari pola hidup sehari-hari. Ini demi memastikan dampak banjir tersebut tidak sampai mengganggu rutinitas dan yang terpenting, kesehatan kita, dan anggota keluarga.

Selain dari kinerja pemerintah yang harus giat untuk melakukan tindakan pencegahan, kita juga bisa melakukan beberapa kiat sederhana untuk meminimalkan dampak banjir bagi lingkungan sekitar kita, antara lain:

-        Membuang sampah pada tempatnya, termasuk melakukan pengolahan limbah yang benar untuk industri rumah.

-        Mengupayakan konstruksi penghalang untuk mencegah banjir parah.

-        Berusaha menghindari genangan air hujan.

-        Senantiasa menjaga kesehatan tubuh, seperti memastikan tidak ada luka atau terkena gigitan serangga terutama pada musim hujan.

-        Memastikan kondisi rumah yang aman dari genangan air, misalnya benda-benda berharga, stok obat dan makanan secukupnya, dan sumber listrik.

Meski langganan banjir, kebersihan lingkungan rumah tentu tetap harus dijaga untuk menunjang kesehatan keluarga. Selalu siapkan sabun mandi Lifebuoy yang mengandung antiseptik. Pastikan Anda juga membawa Lifebuoy Hand Sanitizer saat keluar rumah. Jaga kebersihan diri di mana pun sebagai upaya menerapkan gaya hidup sehat.

 

Sumber:

kumparan.com/kumparansains/rentetan-dampak-buruk-akibat-banjir-penyakit-menular-hingga-kematian-1sYzbaU9zoD

etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/77263

tribunnews.com/kesehatan/2020/01/04/akibat-musim-hujan-dan-bencana-banjir-kenali-penyakit-yang-akan-timbul-dan-cara-pencegahanya

ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20586021

 

Diakses pada:

1 April 2020